5 Tips Bermain Game agar Anak Tidak Kecanduan

  • Whatsapp

5 Tips Bermain Game agar Anak Tidak Kecanduan – Game merupakan salah satu media yang cukup baik untuk membentuk karakter anak. Meskipun sering dipandang negatif, game nyatanya bisa mendukung perkembangan otak anak secara optimal.

Ada banyak jenis permainan di Solitaire Games yang ternyata memiliki beragam manfaat untuk kecerdasan juga perkembangan mental si kecil.

Tips Bermain Game

Aktivitas bermain game sering dipandang buruk karena bisa menyebabkan anak kecanduan. Memang benar jika anak bisa kecanduan bermain game. Namun, orang tua bisa mencoba mencegah kondisi ini dengan menerapkan kebiasaan bermain yang tepat. Berikut ini adalah 5 tips bermain game agar anak tidak kecanduan:

1.  Tetapkan Aturan Waktu

Cobalah untuk menetapkan aturan waktu dalam bermain game. Biasakan anak bermain game sesuai aturan waktu tersebut. Tentukan kapan saja anak boleh bermain game dan berapa lama waktu anak boleh mengakses game tersebut. Aturan waktu ini sangat penting karena akan membuat anak lebih disiplin dan sadar diri.

Sebagian besar kasus anak kecanduan game terjadi karena anak tidak punya aturan waktu bermain yang tepat. Anak terbiasa dibebaskan begitu saja untuk bermain game. Akhirnya anak malah jadi kesulitan sendiri membedakan waktu bermain dan waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.

Read More :  √ Bunga Deposito BRI Syariah 2020 : Syarat, Cara Hitung

2. Pastikan Tugas Sudah Selesai

Sebelum bermain game, orang tua harus memastikan bahwa anak sudah menyelesaikan tugas atau kewajibannya dengan benar. Terutama untuk tugas-tugas sekolah, pastikan anak sudah menyelesaikan semua tugas sekolah sebelum bermain games. Orang tua juga bisa mencoba memberikan game sebagai bentuk reward karena anak telah menyelesaikan tugas atau kewajibannya dengan baik.

3. Pilih Jenis Game yang Tepat

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah pilih jenis game yang tepat. Ada banyak sekali jenis game yang bisa dimainkan oleh si kecil. Orang tua harus selektif dalam pemilihan game ini agar bisa menemukan game yang memang seru dimainkan tapi juga bermanfaat. Jangan asal membiarkan anak memainkan game apapun padahal tidak ada manfaatnya.

Misalnya, arahkan anak untuk bermain game yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Contohnya seperti Solitaire Games puzzle, mahjong, dan lain sebagainya. Hindari jenis game yang tidak menggunakan pemikiran strategi dan jangan berikan game yang mengandung unsur kekerasan.

4. Selalu Dampingi Anak

Hal berikutnya yang juga penting untuk dilakukan orang tua demi menghindari kecanduan game pada anak adalah memberikan pendampingan. Temani anak untuk bermain game dan ajak berkomunikasi agar anak tidak terus terpaku pada game. Dengan memberi pendampingan langsung, orang tua juga jadi tahu game apa yang dimainkan anak dan apakah ada manfaatnya atau tidak.

Read More :  25 Makanan Khas Sunda Dengan Rasa Yang Lezat

5. Luangkan Waktu Bersama

Cobalah untuk lebih banyak meluangkan waktu bersama anak. Hal ini penting untuk dilakukan terutama pada orang tua yang anak-anaknya memang sudah kecanduan game. Cobalah untuk melakukan kegiatan bersama seperti bermain di rumah atau jalan-jalan keluar. Anda juga bisa sekadar mengajak anak mengobrol bersama saat ada waktu luang.

Aktivitas bersama orang tua bisa membuat anak tidak terus terpaku pada game. Sesekali tidak mengapa ajak anak untuk bermain game online. Namun, buatlah menjadi seimbang dengan mengajak anak melakukan aktivitas langsung bersama-sama tanpa pengaruh gadget atau gema.

Itulah tadi 5 tips bermain game agar anak tidak kecanduan. Jika ingin memberikan game kepada anak, maka cobalah untuk memilih salah satu game Garden Secrets Hidden Objects dari Solitaire Games. Ada banyak game seru dan bermanfaat yang cocok untuk diakses oleh anak-anak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *