30 Cara Belanja di Shopee COD 2020 : Syarat & Cara Mengaktifkan COD

  • Whatsapp

Cara Belanja di Shopee COD – Di zaman yang sudah semakin modern ini, belanja kebutuhan sehari-hari sudah dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah. Pasalnya sekarang ini sudah banyak situs belanja online yang siap memenuhi kebutuhan anda sehari-hari tanpa harus keluar rumah.

Bacaan Lainnya

Salah satu toko online yang sudah sangat populer di Indonesia yaitu Shopee. Shopee merupakan marketplace yang menyediakan berbagai produk seperti peralatan rumah tangga, elektronik, fashion, produk kecantikan, peralatan bayi, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Shopee menjadi salah satu situs belanja online yang cuku banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut tak terlepas dari berbagai fitur dan diskon menarik yang ditawarkan Shoppe. Salah satu fitur yang disediakan oleh Shopee yaitu COD (Cash On Delyvery).

Belanja dengan fitur COD, dirasa lebih menguntungkan pasalnya kita dapat melakukan pembayaran saat barang sudah sampai. Dengan begitu, Cash On Delivery bisa mengurangi resiko penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Belanja di Shopee COD Terbaru dan Terlengkap

Cara Belanja di Shopee COD Terbaru dan Terlengkap

Nah, bagi pemula pastinya anda masih kebingungan caranya belanja di Shopee COD. Namun, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, pasalnya pada kesempatan kali ini inspired2write akan menyajikan informasi tentang cara belanja di Shopee COD.

Read More :  15 Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke BCA : Biaya & Limit Transfer

Cash On Delivery (COD) menjadi salah satu metode pembayaran yang paling banyak dipilih oleh pengguna Shopee. Hal ini dikarenakan kemanan dari metode pembayaran COD itu sendiri. Lantas bagaimana caranya COD? Adapun caranya, simak ulasan di bawah ini.

Syarat Belanja COD di Shopee

Sebelum mengetahui caranya belanja COD di Shopee, ada beberapa syarat COD yang wajib anda ketahui. Syarat ini wajib dipenuhi agar COD dapat dilakukan. Adapun syaratnya, silahkan simak di bawah ini.

1. Penjual Harus Mendukung Metode Pembayaran COD

Syarat yang pertama yaitu penjual harus mengaktifkan metode pembayaran COD. Jika penjual tidak mengaktifkan metode pembayaran COD, maka belanja di Shopee tidak bisa dilakukan secara Cash On Delivery.

2. Minimal Belanja COD

Pembayaran COD hanya berlaku untuk minimal belanja Rp. 50.000 dan maksimal hanya Rp. 3.000.000, nantinya pembayaran diserahkan ke kurir dengan nominal sesuai total pembayaran. Jika nominal belanjaan tidak bulat misalnya Rp. 100.125, maka harus dibulatkan sesuai kesepakatan dengan kurir. Hal ini bertujuan agar pembayaran lebih mudah antara kurir dan pembeli.

3. Daerah Jangkauan COD

Syarat lainnya yaitu jangkauan wilayah COD. Shopee sendiri telah melakukan kerjasama dengan berbagai penyedia layanan jasa antar barang seperti J&T, TNE dan lain sebagainya, sehingga COD bisa dilakukan hingga keseluruh wilayah di Indonesia.

4. Biaya Belanja COD

Metode pembayaran COD akan dikenai biaya belanja yang akan keluar saat proses checkout barang. Tarif biaya COD yaitu kurang lebih sekitar 0% untuk pengguna baru Shopee dan hanya berlaku untuk pertaman kali checkout. Sedangkan untuk pengguna biasa sebesar 2% dan 8% untuk dropshipper.

Read More :  9 Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Terbaru 2020

Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Nah, sesuai syarat di atas, anda terlebih dahulu harus mengaktifkan COD terlebih dahulu. Pasalnya jika anda tidak mengaktifkanya, maka jasa kirim belum mendukung metode pembayaran COD. Adapun caranya mengaktifkan COD, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Melalui Aplikasi

Melalui Aplikasi
  1. Buka aplikasi Shopee di HP anda.
  2. Kemudian, silahkan klik “Saya“.
  3. Selanjutnya, klik “Toko Saya“.
  4. Lalu, silahkan aktifkan jasa kirim yang mendukung COD, silahkan klik ikon tanda (i) yang dilingkari untuk melihat opsi COD.
  5. Terakhir tinggal “aktifkan COD“. Kemudian, klik “Simpan“.

Melalui Seller Center

Melalui Seller Center
  1. Setelah masuk ke akun Shopee anda.
  2. Silahkan klik “Pengaturan Toko” pada menu utama Seller Center.
  3. Kemudian, silahkan klik “Jasa Kirim Saya“.
  4. Terakhir tinggal klik tombol panah ke bawah.
  5. Maka silahkan aktifkan COD.

Cara Mencari Toko Yang Mendukung Metode Pembayaran COD

Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua toko yang ada di Shopee mengaktifkan metode pembayaran COD. Nah, untuk menentukan toko yang mendukung atau mengaktifkan metode pembayaran COD, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Silahkan ketik “COD” pada kolom pencarian.
  2. Kemudian, silahkan pilih “COD Bayar di Tempat“.
  3. Selain itu, anda juga dapat mengetik nama produk di kolom pencarian. Lalu, klik “COD“. Untuk lebih jelasnya, simak gambar di bawah ini.
Cara Mencari Toko Yang Mendukung Metode Pembayaran COD

Cara Belanja COD di Shopee

Nah, bagi yang sudah melakukan cara-cara seperti di atas, barulah anda bisa melakukan belanja di Shopee COD. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Shopee di HP anda.
  2. Kemudian, silahkan carai barang atau produk yang ingin anda beli. Anda bisa mengetik nama barang yang ingin dibeli di kolom pencarian.
  3. Setelah muncul silahkan pilih salah satu produk yang ingin dibeli, dengan cara klik produk yang ingin anda beli.
  4. Setelah mengeklik gambar produk yang ingin dibeli, maka akan muncul tampilan detail produk mulai dari spesifikasi dan lain sebagainya. Silahkan klik “Beli Sekarang” untuk melanjutkan.
  5. Maka, anda akan langsung diarahkan ke menu “keranjang Saya“. Jika sudah benar-benar ingin membeli barang tersebut, silahkan klik “Checkout“.
  6. Selanjutnya, silahkan pilih metode pembayaran.
  7. Kemudian, akan muncul berbagai pilihan metode pembayaran. Silahkan pilih metode pembayaran “Bayar di Tempat (COD)“. lalu, klik “Konfirmasi“.
  8. Setelah itu, silahkan pilih jasa pengiriman yang mendukung COD, biasanya J&T Express.
  9. Terakhir, tinggal tunggu hingga barang sampat di rumah dan bayar sesuai harga barang yang anda beli kepada kurir.
Read More :  Kode Bank Sinarmas dan Cara Transfer Antar Bank 2020

Itulah beberapa cara belanja di Shopee COD yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan kemudahan belanja COD, membuat banyak pengguna Shopee lebih memilih metode pembayaran COD, dibandingkan PEMBAYARAN LEWAT ATM BRI, meskikup sama-sama mudah. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *