wisata bandung tangkuban perahu

Kawah Tangkuban Perahu memang merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya .

Tempat wisata yang berada di Jawa Barat ini memang sudah  lama menjadi wisata primadona di Propinsi Jawa Barat.

Yup, sudah tak diragukan lagi memang, tangkuban perahu menawarkan keindahan alam pegunungan dengan udaranya yang menyejukan di atas ketinggian 2000 mdpl.

Selain itu, para pengunujung juga akan dimanjakan dengan segala jenis pemandangan yang indah sejauh mata memandang.

Mulai dari hijaunya barisan pepohonan, pemandangan alam nan menakjubkan, hamparan barisan gunung yang menjulang, sampai eksotisnya pemandangan kawah di puncak gunung yang satu ini, akan sangat disayangkan kalau kamu lewatkan.

Sudah nggak herankan kalau wisata Tangkuban Perahu menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan? Baik itu wisatawan lokal, maupun yang mancanegara.

 

Legenda Tangkuban Perahu

misteri gunung tangkuban perahu
blogspot.com

Tempat wisata Tangkuban Perahu memang dikenal di dalam legenda Jawa barat, yakni legenda yang meceritakan Sangkuriang dan Dayang sumbi.

Kenapa Gunung yang satu ini disebut sebagai tangkuban perahu? Atau lebih tepatnya perahu terbalik.

Yaa, karena memang kalau diperhatikan dari kejauhan, akan terlihat seperti perahu yang terbalik.

Nah, kalau kamu memang berniat untuk melihat bentuknya lebih jelas, kamu bisa melihatnya dari daerah Cibodas, Lembang.

Cerita rakyat tangkuban perahu ini, cukup banyak diketahui oleh masyarakat di Jawa barat kok, atau lebih dikenal juga dengan sejarah gunung tangkuban perahu bandung.

Kisahnya menceritakan tentang Sangkuriang, yakni seorang anak yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri, yaitu Dayang Sumbi.

Supaya keinginan anaknya tidak terlaksana, sang ibu memberikan syarat untuk dibuatkan perahu dan sebuah telaga, tetapi hanya dalam satu malam.

Singkat cerita, akhirnya Sangkuriang gagal untuk memenuhi syarat tersebut. Kemudian ia melampiaskan kekesalannya dengan menendang perahu yang baru setengah jadi tersebut.

Menurut kisahnya, perahu yang ditendang oleh Sangkuriang tadi jatuh dengan posisi terbalik, yang mana menjadi gunung Tangkuban Perahu. *Yaa, walaupun begitu, tetap saja hanya sebuah legenda 😀

 

Lokasi Wisata Tangkuban Perahu

tangkuban perahu bandung
vcedc.com

Daerah wisata Tangkuban Perahu ini, mudah sekali kok untuk di akses, baik itu menggunakan kendaraan pribadi, maupun menggunakan kendaraan umum

Wisata kawah Gunung Tangkuban perahu, letaknya berada di perbatasan antara Bandung Barat dengan Subang, lebih tepatnya setelah daerah Cikole, Lembang.

Cara menuju lokasi Wisata

Kalau ada yang bertanya tentang bagaimana perjalanan dari bandung ke daerah lokasi wisata. Tenang, jalan akses menuju lokasi wisatanya sudah bagus kok.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

#1   –   Kalau kamu berniat untuk pergi bersama keluarga menggunakan kendaraan pribadi dari Bandung, kamu bisa menggunakan rute #BandungLembangCiater.

Mudah kok, kamu tinggal mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke daerah Lembang, kemudian ketika sudah sampai di dari bunderan Lembang, kamu ambil belokan ke kanan, menuju arah Subang.

Kalau kamu khawatir tersesat, insyaallah nggak kok, karena sudah banyak rambu-rambu yang akan memberikan arahan disepanjang perjalanan.

Untuk jarak tempuhnya, kurang lebih sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Nah, waktu perjalanan ini yang akan berbeda-beda, karena sangat tergantung dengan keadaan cuaca.

Kenapa? Karena jalur perjalanan kesana, medannya cukup berliku-liku, belum lagi naik-turunnya, sehingga akan cukup licin ketika dilewati ketika hujan sedang turun.

#2   –   Kalau kamu dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menuju kesana menggunakan Tol.

Selain lebih cepat, kamu juga bisa sampai kesana lebih mudah. Ketika sudah sampai keluar pintu tol Pasteur, kamu tinggal menuju kea rah Lembang.

Mudah bukan? 😀

#3   –   Atau, misalnya lokasi tempat kamu berangkat, mulai dari Tol Padalarang.

Nah, setelah melewati jalan tol tersebut, kamu bisa keluar ketikas sudah sampai di pintu keluar tol Padalarang, yang menuju ke arah Cimahi.

Setelah itu, kamu tingga melanjutkan deh perjalanan menuju jalan raya Lembang.

*Inget, bukan ke barat loh yaa, apalgi buat nyari kitab suci

Menggunakan Kendaraan Umum

Berbeda kalau kamu perginya menggunakan kendaraan umum, kurang lebih perjalanan yang kamu tempuh agak sedikit lebih lama. Tapi secara keseluruhan sama kok.

#1   –   Misalnya kamu berangkat dari Bandung.

Nah, kamu bisa menaiki bus umum jurusan Indramayu, mulai dari Terminal Leuwi Panjang dan langsung turun di depan pintu gerbang Tangkuban perahu.

#2   –   Masih dari kota Bandung, kalau ternyata kamu lebih dekat dengan Stasiun Hall, kamu bisa menggunakan angkutan perkotaan yang jurusan Lembang, dan turun di daerah perempatan Maribaya-Tangkuban Perahu.

Dari sana, kamu masih harus melanjutkan perjalanan lagi menggunakan angkot jurusan Cikole, langsung menuju ke tujuan wisata Tangkuban Perahu.

Dari jalan utama menuju lokasi kita akan menemukan pintu gerbang utama.

Jarak dari pintu gerbang utama ini menuju area Gunung Tangkuban Perahu kurang lebih 1 kilometer dengan jalan yang cukup berkelok dan curam.

Cukup sulit juga memang, tapi dijamin deh. Perjalanan yang kamu tempuh itu, nggak akan ada apa-apanya ketika kamu sudah sampai, dan menikmati keindahan alam luar biasa yang terdapat di Tangkuban Perahu.

Malah, kamu bisa lupa dengan semua kelelahan yang kamu sudah lewati. Hihi

 

Peta Lokasi Tangkuban Perahu

Letak lokasi wisata Tangkuban Perahu sebenarnya sangat mudah untuk diakses.

Tetapi kebanyakan masyarakat mengira, karena tempatnya cukup pedalaman, hampir semuanya berpikiran kalau pastinya akan sulit untuk mencapainya.

Nah, untuk memudahkan kamu menuju lokasi wisatanya, kamu bisa melihat petunjuk lewat peta Google Map dibawah ini..

Untuk alamat gunung Tangkuban Perahu, letak gunungnya berada di daerah Sukajaya, Lembang – Kabupaten – Bandung – Jawa Barat (40391).

 

Akomodasi Selama Perjalanan

akomodasi wisata tangkuban perahu
staticflickr.com

Nah, kalau kamu berharapnya ada hotel atau penginapan, kamu bakalan kecewa.

Yup, karena tidak ada hotel atau tempat yang bisa digunakan untuk menginap di dalam lokasi wisata gunung Tangkuban Perahu.

Eh tapi jangan sedih dulu, kamu bisa dengan mudah kok menemukan tempat  penginapan, ataupun hotel yang tidak jauh dari lokasi tempat wisata.

Nah, kalau untuk konsumsi, kamu nggak perlu khawatir. Kalau kamu merasa lapar, di daerah wisata ini banyak kok pedagang- pedagang  ataupun kantin yang menyediakan makanan dan minuman.

Selain itu, tempat wisata ini juga lengkap kok, mulai dari kamar mandinya yang bersih, sampai tersedia juga Masjid untuk tempat kamu mengembalikan semangat setelah penat dengan segala urusan dunia kamu. wkwk

Apalagi sarana parkir yang tersedia di daerah wisata ini juga cukup luas.

Jadi kalau kamu membawa kendaraan pribadi, kamu bisa langsung parkir di lokasi yang dekat dengan kawah Tangkuban Perahu-nya.

So, ngga ada tuh yang namanya butuh berjalan cukup jauh untuk menuju lokasi tempat wisatanya.

Tapi kalau kamu berwisatanya bawa satu kampung menggunakan kendaraan besar, area parkirannya juga khusus untuk mobil besar, kurang lebih letaknya 200 m sebelum kawah ratu.

 

Daftar Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

daftar harga tiket masuk tangkuban perahu 2016

Untuk harga tiket masuknya, area kawah Tangkuban Perahu bisa dibilang relatif mahal.

Harganya mulai dari 20 k pada hari biasa, kalau untuk hari libur ataupun weekend, harganya bisa mencapai 30 k untuk pengunjung Nusantara.

Sedangkan untuk pengunjung Mancanegara, harganya lebih gokil lagi, mulai dari 200 k pada hari biasa,  sampai dengan 300 k kalau hari libur ataupun weekend.

Berikut daftar lengkap harga tiket masuk wisata Tangkuban Perahu yang berhasil kami kumpulkan datanya.

 

Tempat Wisata di Lokasi Tangkuban Perahu

Wisata jawa barat tangkuban perahu
500px.com

Di lokasi wisatanya, kamu bisa mulai untuk menikmati pemandangan alam di area kawah maupun sekitarnya.

Atau, kamu juga bisa melakukan kegiatan hiking ringan dengan mengitari daerah sekitar kawah. Serta, bisa juga berendam lumpur belerang di kawah domas.

Nah, berikut beberapa lokasi wisata yang menarik di area tempat wisata Tangkuban Perahu:

 

Kawah Ratu

kawah ratu tangkuban perahu
staticflick.com

Mungkin ada yang bertanya, wisata utamanya yang mana?

Kawah Ratu merupakan wisata utama di destinasi yang satu ini.

Selain karena ekurannya yang sangat luas, pemandangan yang disajikan di daerah kawah ratu juga menjadi salah satu tempat terbaik utnuk mengabdikan momen kamu.

Terlebih, kamu juga bisa langsung memarkirkan kendaraan pada bagian bibir kawah, jadi nggak perlu tuh yang namana berjalan jauh untuk mendapatkan selfie spot yang bagus. wkwk

Nah, kalau kamu ingin menikmati suasana yang lebih tenang, ataupun ingin sekedar ngopi dan bersantai, sambil menikmati pemandangan menakjubkan kawah ratu.

Kamu bisa tuh berjalan sedikit, menuju ke sebuah area di bagian sebelah kanan parkiran Kawah Ratu.

Buat kamu yang suka main Instagram, disana ada sebuah jalan yang cukup unik loh, bisa laah buat foto narsis-narsis.

Lebih tepatnya, sebuah jalan dengan pepohonan yang rindang berwarna hitam di bagian kiri dan kanan.

Tempat foto bagus di tangkuban perahu
500px.com

 

Kawah Upas

kawah upas tangkuban perahu
blogspot.com

Di tempat wisata yang satu ini, ngga cuma ada satu kawah loh, ada lagi kawah lainnya yang nggak kalah bagus.

Kawah Upas merupakan sebuah kawah kecil yang lokasinya berada di bagian atas dari Kawah Ratu.

Lokasinya terletak di ujung jalan sebelah kanan area kawah ratu, kalau dari area parkir.

Sayangnya, akses jalan menuju Kawah Upas sudah ditutup oleh pengelola, karena relatif berbahaya untuk para pengunjung. *Jangan sedih yaa, tenang masih banyak kok temat asiik lainnya yang bisa kamu jelajahi

Nah, buat pengganti spot wisata kawah upas, gimana kalau pindah aja, jangan ke kawahnya, tapi ke bukit upas-nya aja.

Begini kira-kira penampakan spot wisata Bukit Upas di Tangkuban Perahu.

Bukit upas tangkuban perahu
staticflickr.com

Biar lebih yakin, kamu bisa lihat-lihat galeri wisata tangkuban perahu di bagian bawah.

 

Kawah Domas

kawah domas tangkuban perahu bandung 2016
500pxcom

Masih di lokasi wisata Tangkuban Perahu, tempat selanjutnya yang bisa kamu jelajahi adalah kawah domas.

Di area kawah yang satu ini, kamu bisa berendam lumpur belerang, yup karena memang daerah kawahnya bisa didatangi langsung oleh para pengunjung.

Tapi ada tantangannya kalau kamu ingin sampai disana.

Minimal kamu perlu hiking terlebih dahulu sebelum bisa menikmati keindahan lokasinya. *Lokasinya cocok banget buat kamu yang suka eksplrasi wkwk

Kalau kamu memang berminat untuk mengunjungi kawah yang satu ini, supaya lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu.

Kita sarankan untuk menuju lokasinya melalui gerbang khusus saja, lebih tepatnya gerbang kawah domas.

Kurang lebih sekitar 21 km setelah gerbang masuk kompleks wisata Tangkuban Perahu, letaknya di sebelah kanan jalan.

Kalau tetap ingin lewat kawah ratu, kamu harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk mencapai lokasinya, belum ketika baliknya, kurang lebih 1km naik turun tangga.

Yaa, kalau kamu memang suka adventure sih ngga papa, buat kamu yang ngga suka, mending naik mobil aja. 😀

 

Cikahuripan

Lokasi favorit selanjutnya adalah cikahuripan.

Lokasi wisata yang satu ini memang salah satu lokasi yang wajib kamu kunjungi ketika sudah sampai di tempat wisata Tangkuban Perahu.

Walaupun memang letaknya agak sedikit masuk ke hutan, dan harus hiking sejanak mengikuti jalan setapak untuk sampai di lokasinya.

Tapi setelah sampai disana, kamu bakalan lupa dengan semuanya karena segala keindahan alam yang tersedia.

Sedikit catatan tambahan, kami kurang merekomendasikan untuk mengunjungi lokasi wisata kawah domas, karena untuk mencapai lokasinya, kamu akan diwajibkan oleh pengelola untuk menggunakan jasa guide.

Baik itu wisatawan local, maupun wisatawan luar, apalagi jasa guide-nya cukup mahal, sekitar 100-200 k lebih per trip-nya.

Padahal, untuk mencapai lokasinya sendiri, sebenarnya jalannya sudah bagus, dan menurut pengamatan kami, medannya tidak memerlukan yang namanya tour guide.

So, kalau kamu mau cari yang murah meriah, mending langsung cekidot ke tempat wisatanya aja.  🙂

 

Galeri Foto Tempat Wisata Tangkuban Perahu

Pemandangan Sore Hari Ketika Tangkuban Perahu Berkabut

Pemandangan Tangkuban Perahu di Siang Hari

Pemandangan Sunrise Upas Hill

Pemandangan Sunrise Pagi Hari Upas Hill

Pemandangan Sunrise Berkabut di Upas Hill

Perjalanan Menuju Lokasi Wisata Tangkuban Perahu

Up Hill - Side View Ratu Crater Tangkuban Perahu

hotel dan penginapan di tangkuban perahu

Tempat Penginapan di Tangkuban Perahu

Penginapan Tangkuban Perahu

Kira-kira begitu sedikit gambaran kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata Tangkuban Perahu, kalau ada spot wisata lain yang kira-kira seru dan belum kami bahas, kamu cantumin aja di kolom komentar yah, sekian.

LEAVE A REPLY