Meningkatkan skill bahasa inggris. (source : pixabay.com)

Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah lama belajar bahasa inggris, namun masih belum bisa berbicara secara fasih dalam bahasa tersebut.

Adapula yang mungkin masih bertanya-tanya, kok bisa lancar berbicara bahasa inggris tanpa grammar yang membingungkan, dengan bahasa slang mereka yang terlihat sulit, dan idiom-idiom yang tak pernah terdengar oleh telinga kita.

Terlebih kalau mereka menggunakan accent, seperti Posh, Manchester, British dan yang lain sebagainya.

Trus emang grammar penting yah? Lebih penting speaking atau grammar, gimana sih cara belajar bahasa bahasa inggris yang paling efektif, disini Newbiee akan menjelaskannya secara detail.

Let’s check this out!

 

Apakah kamu salah satu dari mereka yang telah lama belajar bahasa inggris dari tingkat SSD, SMP, sampai SMA?

Apa yang kamu dapatkan selama waktu tersebut ketika belajar bahasa inggris, atau hanya terpikir “How are you doing? I’m fine, thank you and you?” 😀

Kamu tidak merasa perubahan yang cukup, selama masa pembelajaran tersebut, kenapa, mungkin salah satunya adalah mindset kamu yang tidak menyukai bahasa inggris.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Entah itu karena mempunyai salah satu pengalaman yang tidak menyenangkan dalam bahasa inggris, apakah itu mungkin gurunya yang menyebalkan, ataupun buku bahasa inggris tebal yang membosankan ataupun suasana dikelas yang membuat kamu ngantuk.

Mungkin alasan-alasan itulah yang menyebabkan sulitnya menangkap pelajaran yang diberikan.

Langkah pertama ubah mindset kamu mengenai bahasa inggris menjadi menyenangkan.

Explore your immagination and open up your mind about english, English is Breeze.  asiik ^-^

Disini mungkin sudah banyak yang tahu tentang grammar, tapi biar lebih jelas lagi, saya akan menjelaskannya. 😀

 

Grammar Itu Apaan Sih?

Grammar thing source : pixabay.com)
Grammar thing. (source : pixabay.com)

 

Grammar itu suatu aturan dalam bahasa inggris yang menyusun suatu kata menjadi kalimat.

Kalau dalam bahasa Indonesia kita biasa dengan “SPOK” gitu, Sebernernya kalau ada yang bertanya, lebih penting mana sih speaking sama grammar.

keduanya penting, tapi kamu ingin fokus ke yang mana, kalau kamu ingin fokus ke speaking lebih baik, kamu jangan belajar mengenai grammar dulu, karena grammar akan menghambat speaking kamu mejadi lebih banyak berfikir sebelum berbicara.

Kalau untuk grammar sih bagus juga, misalnya  untuk mendapatkan scholarship, job hire, ataupun teaching, semua balik ke kamu sendiri, ingin belajar yang mana terlebih dahulu.

 

Apa itu Slang?

meaning of slang in english
instagram.com

Kalau untuk bahasa slang Dalam bahasa inggris, itu seperti bahasa gaul yang memudahkan dan lebih sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya bahasa formalnya “I am not a doctor”, Sedangkan dalam bahasa slang akan menjadi “I ain’t a doctor” yaa kira-kira seperti itulah.

Untuk bahasa slang kamu bisa mempelajari banyak hal bahasa inggris di youtube channel Philochko

Kalau masalah accent belajarnya bisa sering lihat video-video yang kita pingin aksennya, misalkan kamu ingin bisa accent british.

Wih, kayaknya keren nih british, yaa nonton video yang accentnya britih aja, setiap hari kamu akan terbentuk menjadi accent tersebut, sedikit-dikit lama lama menjadi bukit.

 

Pengertian Idioms

IMG_20160214_135217

Bicara soal Idioms, pasti udah pada tau kan, orang luar yang ngomong bahasa inggris tuh sering banget make kalimat-kalimat idiom, atau bisa disebut juga kalimat kiasan.

Idiom-idiom yang keluar itu biasanya sulit banget dipahamin bagi kita, untuk memahaminya secara tepat, kita perlu jam terbang yang cukup, dan untuk melatih skill tersebut kita bisa sering melihat film-film inggris, talkshow, dan stand up comedy dan lain sebagainya.

Untuk Idiom, misalnya yang common digunakan seperti “Piece of Cake” Artinya, Sangat mudah atau gampang.

Atau seperti “Shake it off” yang artinya, Santai aja bro, atau easy.

 

Bagaimana Kamu Belajar Tentang “Real english”

Real reality

Nah untuk cara belajar bahasa inggris, jangan sekedar belajar aja, tapi kamu pelajari Real English, bagaimana mereka merespon, berbicara, maupun cara berfikir mereka.

Apakah kamu perhatikan, dari semua film yang saya lihat, dan dari orang-orang yang kita lihat secara langsung.

Newbiee belum pernah tuh mendengar mereka menyebut “What’s your name?” tetapi mereka akan langsung menyebutkan nama mereka ketika bertemu orang baru ataupun berkenalan.

Kita juga bisa mendapakan banyak kosa kata, idiom, dan slang-slang dari film. Jadi bahasa inggris kamu tidak sekedar bahasa inggris terjemahan.

 

Talk to Yourself

enterpreneur

Untuk latihan berbicara, biasanya ketika kita disuruh berbicara didepan umum dalam bahasa Indonesia aja masih suka bingung apa yang akan disampaikan, apalagi dalam bahasa inggris yah.

Nah, kalau yang ini kita bisa praktek aja langsung didepan cermin selama 5-10 menit, bicara apa saja yang terlintas dipikiran kamu. Let it fly *halah

Nah misalnya kamu mau mendalami bagian speaking dulu nih, grammarnya mah nnti aja ah, nah kamu bisa latihan berbicara sendiri seperti diatas, atau kamu bisa ajak orang didekatmu bicara.

Nah, biar grammarnya langsung masuk ke speaking kamu tanpa kamu belajar grammar gimana, kamu sering-sering denger deh file listening yang dia tema nya asking question, jadi setiap dia bertanya kamu yang jawab.

 

Belajar Grammar Tanpa Grammar

Memaksimalkan Skill dalam belajar (source : pixabay.com)
Memaksimalkan Skill dalam belajar (source : pixabay.com)

Kok bisa, belajar grammar tanpa grammar, giaman cara nya.

Ada lagi nih, namanya point of view story, jadi sebuah cerita yang sama, tetapi disampaikan dalam tenses yang berbeda atau dalam waktu yang berbeda.

Disitu kamu akan dibentuk skill, tenses-tenses grammar yang dibilang ribetlah, atau yang katanya banyak banget dan bikin pusing, aktif, passive.

Ah, pokoknya disitu kamu akan belajar dengan santai, tetapi memberikan hasil yang wah iyaya.

Kalau ingin writing kamu bagus, kamu harus banyak reading, nah kalau speaking kamu bagus kamu harus sering-sering listening.

Karena dalam bahasa inggris yang penting tuh listening kamu, kalau listening kamu sudah bagus, insyaallah semuanya bagus juga, amiin.

Ya mungkin cukup dan bisa membantu meningkatkan skill teman-teman.

See you next time guys 😀

LEAVE A REPLY