Thawb - Gamis

Kalau berbicara tentang fashion memang tidak pernah akan ada habisnya, apalagi kalau tentang pakaian kaum hawa wkwk #ups 🙊

Belum lagi kalau berbicara tentang pakaian setiap negara, wah udah dipastiin deh bakalan beragam banget.

Eits, tapi yang mau kita omongin kali ini tentang gamis guys, atau yang lebih umum dikenal dengan jubah di kalangan masyarakat Nusantara.

Pastinya kamu sudah mengetahuinya bukan?

Yup, pakaian yang satu ini seringkali digunakan oleh para laki-laki muslim di Timur Tengah sana. Tapi di sini sendiri juga ngga sedikit kok dari mereka yang menggunakan jubah sebagai dress code mereka, baik itu ketika sholat ataupun kegaiatan agamis lainnya.

Jubah muslim putih
vemale.com

Untuk istilahnya, Gamis putih panjang yang seringkali digunakan para pria muslim disebutnya adalah Thawb atau Thobe, yang merupakan pakaian tradisional di berbagai Negara Timur Tengah, mulai dari Saudi, Maroko, sampai dengan Oman.

Disetiap negeranya sendiri oenyebutan Thawb berbeda-beda guys.

Misalnya di Oman, thawb ini disebut dengan nama dishdasha, di UAE disebut dengan Kandoorah, sedangkan kalau masayarakat Mesir sering menyebutnya dengan Galabeyya. Bervariasi banget kan?

Sedangkan busana yang sering menjadi outfit of the day pria di Saudi ini pasangannya ialah sirwal, alias celana panjang putih. Tapi ngga skinny loh ya, longgar kok wkwk 😝

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Nah, pakaian mereka ini ngga cuma sekedar fashion-nya mereka aja loh, Ternyata ada makna tersembunyi juga di balik pakaian yang mereka gunakan, yakni tentang kesederhanaaan.

Dengan mengenakan pakaian thawb, mereka warga Timur Tengah diajarkan untuk berpakaian secara sederhana.

Semua kalangan loh, mulai dari golongan mampu, ataupun tidak mampu.

Yang paling menakjubkan lagi, orang nomor satunya di Saudi juga selalu mengenakan pakaian thawb ini, plus ditambah dengan jubah lengkap dan penutup kepala yang disebut dengan keffiyeh.

Kefiyyeh
keponews.com

Pada setiap negara, thawb memiliki ciri khas-nya masing-masing. Di Saudi, thawb yang digunakan memiliki 2-3 kancing sampai kerah baju. Berbedea dengan baju panjang di negara timur tengah lainnya, yang mana terkadang tidak memiliki kerah, ataupun dikancing.

Umumnya, thawb yang akan digunakan oleh para lelaki di Arab ialah yang berwarna putih, dan akan dikenakan pada satu musim saja, yakni musim panas.

Tetapi kalau musim dingin sudah menghampiri, warna thawb sendiri biasanya akan mulai berganti menjadi warna-warna yang lebih gelap seperti hitam, biru donker, cokelat tua, hijau gelap, dan berbgai warna lainnya.

Diantaranya ada 2 jenis bahan yang digunakan untuk membuat thawb ini, tergantung dari musimnya.

Ketika musim panas, pria disana sering menggunakan thawb yang berbahan tipis dari katun yang bisa menyerap keringat. Sebaliknya, ketika musim dingin datang, mereke akan menggunakan thawb dengan bahan yang tebal seperti wol.

Untuk saat ini thawb sudah banyak dijual di beberapa tempat di Nusantara kok, misalnya seperti di Tanah Abang, Thamrin City, dan berbagai tempat lainnya. Apalagi kalau menjelang lebaran, wih bisa laris manis loh wkwk 😆

Banyak juga loh cowo di Indo yang pakai thawb ini untuk sholat Ied, ataupun sekedar untuk menunaikan sholat Jum’at.

Nih saran dari Newbie yah, kalau kamu ingin beli Jubah Muslim, beli-nya di Jubah.ID aja guys.. Mulai dari bahan, model, dan harganya Dijamin keren dan ekonomis deh.

Gimana, tertarik pakai thawb biar kayak pangeran Saudi? 😋

Pangeran arab saudi
avas.mv

 

LEAVE A REPLY