Pondok pesantren tahfidz quran terbaik

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pondok pesantren, memang merupakan sarana pendidikan islam yang memiliki sistem pengajaran, dan kurikulum yang terbaik.

Tidak hanya dibekali dengan ilmu yang bersangkutan dengan hal duniawi, tetapi pesantren juga mengajarkan murid-muridnya tentang ilmu ukhrawi.

Selain itu, karena di pondok pesantren semua santrinya tinggal di dalam satu atap dan lingkungan yang sama. Maka tentunya, kekuatan akan persaudaraannya juga jauh lebih kuat apabila dibandingkan dengan tempat-tempat pendidikan yang lainnya.

Bukan hanya di didik dengan keilmuan-keilmuan dari pengetahuan para gurunya saja, tetapi mereka juga di didik dengan segala pengalaman yang ada, dan terjadi di lingkungan sekitarnya.

Sehingga nantinya, para santri yang sudah lulus, diharapkan akan benar-benar siap untuk terjun di masyarakat yang sesungguhnya.

Tetapi sebaliknya, fakta yang ada dan terjadi di lapangan, justru tidak seperti apa yang diharapkan.

Mayoritas dari masyarakat beranggapan bahwa, pesantren itu adalah suatu sarana pendidikan yang terbelakang, fanatik, dan yang lain sebagainya.

Namun realita yang terjadi pada para alumni-alumninya yang sudah berkiprah di masyarakat, justru tidak seperti anggapan-anggapan mereka yang sinis terhadap lembaga, maupun para santri-santrinya.

Karena itulah sarana pendidikan yang satu ini tak boleh dipandang hanya dengan sebelah mata.

Toh nyatanya mayoritas dari lulusannya lah yang banyak ikut berperan, dan membantu mayarakat dalam membentuk suatu lingkungan yang memiliki nilai keagamaan, dan keislaman.

Disamping itu, lingkungan pondok pesantren memang menjadi satu-satunya lingkungan yang kondusif untuk belajar ilmu agama.

Jadi tak perlu heran lagi kalau banyak dari orang tua, yang menitipkan anaknya kepada lembaga, yang harapan ke depannya adalah, agar ia bisa menjadi seorang pemimpin dalam keluarga, maupun orang-orang disekitarnya.

Kalau tidak bisa, minimal ia bisa menuntun dirinya maupun keluarganya, agar dijauhi dari api neraka.


Nah, karena semakin berkembangnya zaman, begitupula yang terjadi dengan pesantren.

Umumnya, pesantren adalah tempat yang mengajarkan tentang ilmu-ilmu keagamaan.

Tapi kalau dilihat sekarang, sudah tidak sedikit juga pesantren-pesantren yang mangajarkan ilmu duniawi. Misalnya pesantren bisnis, pesantren internet marketing, dan pesantren menghafal qur’an.

Bahkan ada loh ternyata pesantren yang mengajarkan programing, unik bukan?

So, kali ini Newbiee akan menjelaskan sedikit tentang 5 Pondok Pesantren tahfidz terbaik yang ada di Indonesia.

Penasaran pesantren apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Pesantren Tahfidz Terbaik di Indonesia

#1 – Daarul Qur’an

Daarul Qur'an

Pesantren Daarul Qur’an memang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat sebagai salah satu lembaga tahfidz qur’an yang terbaik se-Indonesia.

Selain itu, pada pesantren yang dikenal juga dengan nama DQ ini, juga sudah mendapatkan penghargaan Tahfidz Award sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik yang ada di dunia.

Seperti yang sudah dilansir di republika, Yusuf Mansur ketika itu diundang oleh imam Masjidil Haram, dan imam Masjid Nabawi untuk datang ke Makkah, sekaligus melaksanakan ibadah umrah.

“Saya sekalian umrah, diundang oleh Khoodimul Haroomain asy-Syariifain, ke kota suci Makkah untuk menghadiri penghargaan Daarul Qur’an untuk mewakili Indonesia.” tuturnya.

Beliau juga menambahkan, Penghargaan tersebut juga menyisihkan 65 negara lain, dan alhamdulillah dipilih oleh Allah swt sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik sedunia,” jelasnya.

Nah, pesantren yang merupakan terbaik dalam tahfidz-nya ini, sekarang masih terus melakukan perkembangan agar menjadi semakin baik, dan semoga bisa terus membuat kita maupun umat Islam seluruhnya, terutama di Indonesia, agar semakin berkhidmat kepada Al-Qur’an.

 

#2 – Wadi Mubarok

Wadi Mubarok

Wadi mubarok merupakan sebuah lembaga yang memiliki tujuan, mengkader para santrinya untuk bisa menjadi iman dan da’i di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Selain itu, pondok pesantren tahfidz yang satu ini juga dikenal dengan nama LKID, yang merupakan singkatan dari lembaga kaderisasi imam dan da’i, tepat seperti orientasinya.

Pesantren  yang satu ini, adalah pesantren menghafal qur’an ke-2 terbaik loh se-Indonesia.

Kok bisa? Iya, karena syaratnya untuk bisa wisuda disana, kamu harus bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur’anmu, hanya dalam 1 tahun saja. Menantang bukan?

Buat kamu yang bertanya tentang biaya, pastinya sudah terfikir bukan, kalau biaya yang diperlukan tentunya akan sangat besar untuk bisa menjadi salah satu santrinya.

Tapi tenang, ternyata pesantren yang satu ini tidak memerlukan biaya kok untuk bisa menjadi salah satu santrinya, alias gratis.

Syaratya, kamu harus bisa lulus ujian seleksi pendaftarannya, yakni bisa menghafal Al-Qur’an 11/2 lembar per hari, tepatnya 3 halaman.

Nih yang paling keren lagi, disana juga ada ikhwan-akwat. Jadi selesai ngehafal qur’an dan lulus. Buat kamu yang mau nikah, langsung bisa ngajuin deh ke pemimpin pondoknya buat ngelamar hafidz, ataupun hafidzoh-nya. Impian banget bukan? 😀

 

#3 – Darul Qur’an Mulia

Darul Quran Mulia

Buat kamu yang lagi mencari pondok pesantren buat meghafal Al-Qur’an, kamu bisa nih coba cari tahu tentang Darul Quran Mulia.

Darul Quran Mulia tenyata masuk juga loh kedalam daftar pondok pesantren yang menjadi favorit dan paling dicari, khususnya dalam kategori pondok yang baik dari sisi kualitas agama, dan hal pendidikannya.

Lokasi pondok pesantrennya, terletak di perbatasan antara kota Serpong dan Bogor.

Selain memiliki target menghafal Al-Qur’an, pondok pesantren ini juga tidak bisa diremehkan dalam segi akademik-nya.

Sehingga bisa dipastikan, para alumni-alumninyanya akan mendapatkan ilmu yang tinggi dari sisi agama, namun juga bagus dalam kualitas akademisnya.

Karena keterbatasan informasi dan sumber, mohon maaf apabila ada pondok pesantren lainnya yang belum disebutkan.

Kalau kamu berniat membantu kami, kamu bisa memberikan informasi lainnya seputar pondok pesantren tahfidz , kamu bisa memberikan info, saran, ataupun komentar di kolom komentar dibawah. Atau bisa juga ke email berikut ini – queen@inewbiee.com

LEAVE A REPLY