Seorang seniman sejati, ialah seorang yang tidak hanya mendapatkan inspirasi dari pikirannya. Tetapi juga dari lingkungan, dan orang-orang disekitarnya.

Layaknya seorang pengembara, seniman juga perlu memepelajari, serta menemukan hal-hal baru untuk dijadikan suatu karya untuk bisa dinikmati semua khalayak.

Untuk itu, jika kamu merasa seorang seniman, entah itu pemula atau seorang professional. Kamu perlu nih! Setidaknya kamu siap, dengan membawa perlengkapan seni kamu.

Untuk menciptakan karya-karya inspirasi dunia, untuk dipindahkan menjadi sebuah portofolio kreatif kedalam media seni kamu.

 

Peralatan Seni Menggambar

Cara menggambar
art.uga.edu

Seperti yang sudah kita ketahui, menggambar adalah suatu kegiatan seni yang membentuk sebuah image menggunakan banyak pilihan teknik, bahan, dan alat.

Maknanya juga bisa berarti, membuat suatu tanda tertentu pada permukaan sebuah media dengan mengolah goresan-goresan dari alat gambar tersebut.

Para senimannya populer dengan sebutan penggambar ataupun juru gambar, kalau untuk dalam english-nya tuh draftsman atau artist. 

Kebanyakan dari kita tahu kalau artis itu orang yang terkenal. Tapi jangan salah ya, ternyata artis itu orang yang berkarya pada bidangnya masing-masing.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Nah daripada bingung, lansung aja yuk ke topik pembahasan..

 

#1 – Kertas

Color Paper
Color Paper. (pixabay.com)

Satu media yang wajib ada ketika kamu ingin menggambar, yang tidak lain dan tidak bukan, ialah kertas.

Sebenarnya semua kertas bisa dijadikan media untuk menggambar, tapi ada bagusnya jika kamu menggunakan sketchbook, karena terdiri dari kertas Plain (polos).

Salah satu kelebihannya, kamu bisa dengan mudah membawa banyak kertas, dalam bentuk sebuah sketchbook tadi. Untuk kekurangannya, sketchbook memiliki tekstur kertas yang kasar.

So, untuk hasil gambar sketch (arsiran), hasil yang didapatkan tidak akan halus seperti yang kamu banyangkan yah.

Setelah mencari diberbagai sumber, Ada nih sebuah kertas yang cocok , dan bagus untuk digunakan menggambar. Nama kertas tersebut ialah Canson.

Keberadaan kertas ini juga cukup sulit ditemukan. Mungkin kamu bisa mencarinya di salah satu toko buku besar, kalaupun kamu tidak menemukannya.

Kamu bisa lihat di toko yang menjual Artmedia, atau toko yang menyediakan alat-alat lukis dan lainnya.

Canson Sketchbook
Canson Sketchbook. (cdn.dick-blick.com)

Kelebihan yang dimiliki kertas Canson ini, ialah tekstur kertasnya yang lembut. Sehingga mempermudah kamu untuk menggambar sketch. Cocok nih, buat kamu yang suka sketching.

Kekurangannya, karena memiliki tekstur yang lembut tadi, kertas ini jadi lebih mudah kotor. Untuk penggunaannya kamu bisa lebih berhati-hati.

Sebisa mungkin, hindari tangan agar tidak menyentuh permukaan kertas, supaya tidak terkena minyak dari permukaan kulit.

Semua nya punya kelebihan dan kekurangannya sih, itu semua pilihan kamu untuk menentukan kamu ingin menggunakan kertas jenis apa.

 

#2 – Pensil

Pencil. (pixabay.com)
Pencil. (pixabay.com)

Pensil merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan dengan kertas, dalam dunia seni menggambar. Nah, untuk itu kamu perlu tau nih, pensil mana yang harus kamu gunakan ketika menggambar. Langsung yuk..

Dalam seni menggambar, setidaknya kamu butuh 2 jenis pensil, yaitu Pencil Clutch atau lebih dikenal dengan pensil kayu dan pensil mekanik.

Jika kamu ingin manjadikan karyamu lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan pensil warna kedalam perlengkapanmu.

Pencil value scale.
Pencil value scale.

Untuk ukuran pensil kayunya, kamu tidak harus memiliki semua jenis pensil, semua kembali pada pilihan kamu yah.

Kamu cukup memiliki pensil dengan range F, H, HB, 2B, 7B. Itupun sudah cukup kok, apalagi untuk kamu yang merasa masih pemula. Untuk mereknya saya rekomendasikan, kamu bisa menggunakan Faber-castel atau Lyra.

Penting nih, untuk kamu agar tidak menggunakan stau jenis pensil saja. Minimal dua jenis pensil yah, satu yang tebal dan yang satunya yang lebih tipis.

Kalau jenis pensil yang lain, kamu bisa menggunakan pensil mekanik nih, entah itu yang 0.5 ataupun 0.7 semua kembali kepada kamu.

 

#3 – Penghapus

Molla space rubber barber eraser.(ilovehandles.com)
Molla space rubber barber eraser. (ilovehandles.com)

Karena kita adalah seorang manusia, tentunya kita memiliki banyak kesalahan, Begitupun dalam hal menggambar.

Kamu akan butuh penghapus nih, untuk jaga-jaga apabila ada sesuatu yang salah atau yang tidak diinginkan terjadi.

Eraser mix.
Eraser mix.

Penghapus sendiri, memiliki beberapa jenis. Penghapus standar yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Kneaded eraser, penghapus ini unik, karena memiliki tekstur layaknya lilin, shingga penghapus ini bisa dibentuk sedemikian rupa.

Dengan teksturnya yang bisa dibentuk. Penghapus ini tidak mengurangi daya hapusnya yang tinggi, dan juga, tidak merusak atau mengotori permukaan kertas.

Eraser pen, utnuk kamu yang biasanya males bawa penghapus, pasti udah pada tau nih. Sebuah penghapus panjang layaknya sebuah pensil, sangat berguna untuk menghapus daerah kecil dan *kenangan indah bersamanya. #eh

 

#4 – Blending Tool

Paper-Blending-Stump. (g02.a.alicdn.com)
Paper-Blending-Stump. (g02.a.alicdn.com)

Apa’an tuh? Alat blending itu digunakan untuk meratakan arsiran, biasa digunakan juga untuk membuat bayangan pada suatu gambar.

Karena cukup sulit untuk ditemukan, selain di took-toko yang menjual alat seni. Kamu bisa menggunaka Tissue facial, karena teksturnya yang lebih lembut ataupun Cotton bud.

LEAVE A REPLY