cara menghilangkan fobia

Apakah kamu tahu apa itu phobia?

Fobia atau phobia adalah rasa takut yang terlalu berlebihan terhadap sesuatu, ataupun fenomena tertentu.

Contoh fobia yang seringkali kita temukan di lingkungan sekitar kita adalah, fobia terhadap ketinggia, fobia sosial, fobia terhadap ruang sempit, dll.

Bahkan ada loh orang yang fobia terhadap nasi, cukup mengherankan juga bukan?

Nah biasanya, orang- orang yang memiliki suatu phobia aneh, seringkali menjadi sasaran bullies oleh orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, di dalam dunia medis ada banyak sekali jenis dan ragam fobia, yang nggak bakalan habis kalau dibahas disini.

Karena itu pada kesempatan kali ini Newbiee akan membahas sedikit tentang pengertian trypophobia, penyebab trypophobia, dan bagaimana cara menghilangkan penyakit phobia tersebut.

 

Pengertian Penyakit Trypophobia 

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

 

Trypophobia adalah suatu fobia terhadap lubang-lubang kecil yang banyak pada sebuah permukaan.

Dampak orang yang memiliki trypophobia ini ketika mengalaminya adalah merasa gelisah, takut, atau bahkan sampai mual-mual.

Contohnya seperti ketika melihat lubang yang sangat banyak, misal seperti yang terdapat pada sumsum tulang, biji bunga teratai, spons, dan yang lain sebagainya.

Tidak hanya pada benda yang nyata saja, orang yang memiliki penyakit trypophobia juga akan merasa takut dan mual- mual ketika melihat gambar tubuh manusia yang penuh dengan lubang-lubang.

Walaupun sebenarnya gambar tersebut hanya sekedar hasil rekayasa gambar, alias editan.

 

Penyebab Penyakit Trypophobia 

 

Untuk penyebab penyakit trypophobia ini, para ahli masih belum menemukan apa penyebab yang jelas dari fobia yang cukup mengherankan ini.

Beberapa kalangan ada yang berpendapat bahwa trypophobia penyebabnya sama seperti jenis-jenis fobia lainnya, yang sudah dialami sejak masih anak-anak.

Misalnya seperti fobia pada ketinggian, ataupun fobia ketika berada dihadapan banyak orang.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena dampak pengalaman yang kurang menyenangkan. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu, hal tersebut menjadi trauma yang berkelanjutan.

Nah, karena penyebab dari penyakit trypophobia ini belum diketahui, maka saat ini belum ada trypophobia test, lebih tepatnya semacam tes untuk memeriksa gejala fobia yang satu ini.

 

Cara Menghilangkan Penyakit Trypophobia

 

Pada dasarnya, cara menghilangkan fobia itu kurang lebih tidak jauh berbeda, entah apapun itu.

Lebih tepatnya dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit, atau mengahdapi rasa takut tersebut secara keseluruhan.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan penyakit trypophobia, yuk langsung disimak ulasannya.

 

#1 – Reframing

Reframing adalah salah satu teknik yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan trypophobia.

Caranya ialah dengan menyembuhkan trauma di masa lalu terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan membayangkan rasa takut terhadap lubang-lubang tersebut, dan mangganti setiap ingatan tentang fobia tersebut menjadi hal-hal yang menyenangkan.

 

#2 – Abreaksi

Cara menghilangkan trypophobia yang selanjutnya adalah dengan cara pendekatan kepada si penderita trypophobia.

Pendekatan yang dilakukan ialah seperti memperlihatkan gambar, ataupun foto lubang-lubang.

Apabila sudah terbiasa dengan gambar ataupun foto tersebut, baru kemudian mulai lebih diterapi lagi supaya si penderita trypophobia perlahan-lahan menjadi terbiasa.

 

#3 – Desentiasi Sistematis

Cara yang ke-3 ini merupakan salah satu terapi yang cukup bagus untuk penderita penyakit trypophobia, yakni dengan cara membuat si penderita merasa rileks terhadap fobia yang dimilikinya.

Apabila sudah merasa nyaman, maka langkah selanjutnya adalah diperlihatkan gambar lubang-lubang kepada si penderita tersebut.

 

#4 – Flooding

Nah masuk ke cara yang ke-4, teknik flooding yang satu ini bisa dibilang merupakan cara yang cukup keras untuk menghilangkan trypophobia.

Mula-mula, terapi flooding dilakukan dengan cara menempatkan orang yang menderita trypophobia  bersama dengan gambar-gambar lubang tersebut, kira-kira sampai si penderita merasa kuat dan tidak mengalami ketakutan terhadap fobia tersebut.

Namun cara yang satu ini bisa dikatakan cukup memaksa, dan sangat keras.

Pada saat pertama kali proses terapi, kemungkinan besar si penderita bisa saja muntah-muntah, atau bahkan sampai mengalami tak sadarkan diri.

 

#5 – Menggunakan Obat-Obatan

Cara menghilangkan trypophobia yang selanjutnya adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Cara menghilangkan trypophobia  ini merupakan pilihan yang terakhir untuk dilakukan.

Yup, tidak lain karena pemakaian obat-obatan jangka panjang, malah bisa menyebabkan efek samping yang kurang sehat lainnya.

Tetapi apabila memang sudah terpaksa dan tak ada pilihan lain. Maka saran kami  bisa mencoba membarikan kepada si penderita obat antidepresan, beta-blocker, dan obat lainnya yang sejenis.

Kurang lebih seperti itulah sedikit ulasan tentang pengertian, penyebab, dan cara menghilangkan penyakit trypophobia atau fobia lubang.

Apabila kamu memang berniat ingin menghilangkan fobia yang satu ini, tetapi tidak cocok dengan metode yang sudah kami berikan sebelumnya, kamu bisa menghubungi nomor berikut ini.

kontak kami

Kami tidak berniat mempromosikan apapun, hanya sekedar ingin membantu kamu yang memiliki masalah fobia, apapun itu insyaAllah bisa dihilangkan.

Kalau ada dari kamu yang bertanya, ‘kenapa kami tidak menuliskan caranya’, tidak lain karena cara tersebut memang membutuhkan komunikasi 2 arah antara pasien dan konsultan kami.

Kira-kira seperti itu.

Semoga fobia kamu cepat sembuh yah, sekian. 😀

LEAVE A REPLY