Sony PlayStation VR

Seorang senior eksekutif di perusahaan Sony telah mengakui, Oculus Rift menawarkan pengalaman bermain yang lebih baik daripada PlayStation VR.

Berdasarkan riset yang dilakukan Polygon, Masayasu Ito, Seorang eksekutif PlayStation VR, menjelaskan bagaimana Oculus Rift Headset bisa memenangkan poin penting dalam hal kualitas.

Ito menyatakan, “jika hanya berbicara tentang kualitas terbarunya, saya mengakui bahwa oculus mungkin lebih baik dari playstation dalam segi virtual reality-nya”.

“Bagaimanapun, untuk menggunakan oculus membutuhkan pc yang sangat cepat dan dengan harga yang tidak sedikit pula.” lanjutnya. “Keunggulan terbesar yang dimiliki sony ialah, karena perangkat headset-nya dapat bekerja dengan baik bersama ps4.”

“[Playstation VR] lebih di desain untuk pemakaian sehari-hari. Jadi, kami memastikannya supaya mudah untuk digunakan dan terjangkau,” Tambahnya. “Kami menciptakannya tidak hanya untuk orang-orang yang menggunakan pc dengan spesifikasi yang tinggi, tetapi lebih kepada pemasaran dalam jumlah besar.”

The Oculus Rift
The Oculus Rift. (wearableinrealife.com)

Produk yang kami ciptakan tentu berbeda dengan saingannya, seperti Oculus Rift dan HTC Vive. PlayStation VR tidak membutuhkan pc dengan spesifikasi yang tinggi untuk memprosesnya.

Efek samping yang diberikan, PlayStation VR menawarkan tampilan yang lebih kecil, serta satu level dibawah Rift dan Vive dalam menampilkan resolusi.

Tapi dalam masalah keuntungan biaya sudah bisa dipastikan dengan jelas, headset yang cocok dengan fitur Rift dan Vive sampai menghabisakan sekitar 1000 Pound Sterling atau setara  dengan 1.437 USD hanya untuk pc-nya saja, bahkan belum lagi biaya tambahan untuk headset-nya.  Sementara, harga untuk sebuah unit PS4 keluaran terbaru, sudah bisa dibeli hanya dengan harga 269 pound sterling yang setara dengan 380 USD.

HTC Vive
HTC Vive. (presse-citron.net)

Sayangnya, sony masih belum bisa menurunkan harga ataupun ketersediaan  untuk playstation VR, pihak sony sendiri menyatakan, “sulit dikatakan secara tepat seberapa besar badget yang dapat dihemat oleh pengguna untuk bisa mendapatkannya”.

 

Fitur Kunci yang Diberikan Sony PlayStation VR

Sony Playstation VR
Sony Playstation VR
  • OLED display

Produk terbaru yang dikeluarkan perusahaan sony ialah PlayStation VR headset, dilengkapi layar 5.7 inci dengan tampilan resolusi layar OLED 1920 x 1080 RGB. Pada keluaran layar terbarunya ini, sony memperluas tampilan pandangan dan memungkinkan kemudahan dalam mengaksesnya, serta menghilangkan adanya gerakan-gerakan yang kabur (blur).

Refresh Rate high Capacity
Refresh Rate high Capacity. (cdn0.vox-cdn.com)
  • 120hz Refresh Rate

Playstation Vr dapat memberikan pengalaman bemain game yang menyenangkan, dengan kualitas video 120fps (frame per second). Ketika dimombinasikan dengan fitur tampilan OLED, akan memberikan kecepatan refresh dengan tingkat  tinggi dan kapabilitas kekuatan ps4, yang pastinya akan memberikan output visual yang luar biasa halus.

Super Low Latency Feature
Super Low Latency Feature. (cdn-static.gamekult.com)
  • Super Low Latency

Latency (jumlah kecepatan waktu penundaan) atau lebih dikenal dengan delay. Latency rendah sangat penting nih untuk pengalaman VR yang menyenangkan, pihak sony sendiri menyampaikan, “kami telah mengurangi latensi yang lebih rendah dari 18ms, sekitar setengah dari prototipe PlayStation VR generasi pertama. Hal inilah yang membantu untuk memberikan rasa kehadiran, dan kenyamanan bagi para penggunannya”.

Tampilan pengalaman yang diberikan Sony PlayStation VR dalam game Robinson : The Journey.

 

Keunggulan Fitur yang Diberikan Oculus Rift

The Oculus Rift - Oculus Touch
The Oculus Rift – Oculus Touch. (one-egg5.rssing.com)
  • Seeing is Believing

Rift menggunakan tampilan seni dan optic yang di desain khusus untuk virtual reality (VR). Tingginya kecepatan refresh dan resistensi rendah yang bekerja sempurna bersama dengan sistem optik dasar, memberikan kamu pengalaman VR yang luar biasa.

The magic of presence
The Feeling as Though You’re Actually There. (cdn.zmescience.com)
  • The Presence Magic

Perusahaan oculus ini  menindak lanjuti rift menggunakan  teknologi yang dikombinasikan dengan ketelitian. Tingkat latency sistem pelacakan yang rendah, memungkinkan sensasi kehadiran yang sesungguhnya, sensasi layaknya kamu benar-benar berada disana.

Oculus Touch
Oculus Touch. (oculus.com)
  • Oculus Touch

Dengan fitur natural gesture, movement, dan direct control pada perangkat pengendalinya, oculus rift akan membawa dirimu kedalam duni vr dan meningkatkannya ke level yang lebih tinggi.

Visual display yang ditwarkan Oculus Rift pada game EVE : Valkyrie.

Apakah kamu masih bingung ingin menentukan yang mana? Tulis jawaban kamu di kolom komentar dibawah ya.. Bagi kamu para pengguna android yang masih kebingungan kalau mau jalan keluar karena masalah cuaca, ini nih solusi kamu biar bisa hangout bareng-bareng sama temen kamu, lihat disini.

LEAVE A REPLY