Niat puasa rajab

Sebagai umat muslim tentunya kita sangat berharap ampunan dan berkah dari yang Maha Kuasa.

Salah satu diantara sekian banyak cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah kepada-Nya, yang mana akan memberikan nilai tambah disisi-Nya.

Karena itu pula, disunnahkan bagi kita umat muslim seluruhnya untuk menunaikan ibadah puasa yang wajib pada bulan Ramadhan.

Tidak salah juga bukan kalau kita melakukan amalan sunnahnya Rasulullah sallallahualaihi wasallam? yakni puasa Rajab.

Adapun untuk lafadz atau bacaan niat puasa sunnah pada bulan rajab, kali ini Newbiee akan sedikit sharing tentang bagaimana doa di bulan rajab, dan niat puasa sunnahnya.

Sebagaimana yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, bulan rajab adalah bulan istimewa, yang mana termasuk salah satu dari bulan haram.

Di dalamnya, juga terdapat beberapa keutamaan dan keistimewaan bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan rajab.

Seperti sabdanya Rasulullah salallahualaihi wasallam yang maknanya,

“Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka Ia laksana berpuasa satu tahun lamanya, jika puasa 7 hari maka akan ditutuplah untuk dia 7 pintu neraka jahanam.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Jika puasa selama 8 hari maka akan dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan jika puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan segala permintaannya.” [HR. AT-Thabrani, dari Sa’id bin Rasyid]

Selain itu, ada masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya dari puasa di bulan rajab loh.

Untuk kali ini Newbiee akan membahas mengenai niat puasa Rajab, let’s do it!

Niat puasa rajab

Niat Puasa Rajab

Nawaitu Shouma Ghodin Fii Syahri Rajabi Sunnatan Lillahi Ta’aalaa

Artinya : Aku berniat puasa untuk esok hari di bulan rajab, sunah karena Allah Ta’ala

Mungkin hanya cukup itu saja bacaan niat puasa Rajab latin dan artinya.

So, kamu bisa mulai untuk mengamalkannya ketika sedang melaksanakan sahur untuk puasa Rajab.

Seperti yang kita ketahui pula, bulan Rajab merupakan urutan bulan ke-tujuh kalau berdasarkan tanggalan hijriyah, diantara jumadil akhir dan sya’ban.

Maka dari itu, ada baiknya kita menunaikan ibadah puasa sunnah Rajab, selain banyak keutamaan yang dapat diperoleh darinya.

Puasa bulan ini juga bisa menjadi bentuk latihan dalam mempersiapkan rohani kita untuk menyambut bulan Ramadhan nantinya.

2 COMMENTS

    • wkwk, bukan mas.. ini web baru dan masih perlu banyak belajar, tapi iya panduanIM jadi salah satu refrensi belajar nulis saya 🙂

LEAVE A REPLY