Android-Hipster

Sebelum mengetahui aplikasi yang akan kamu gunakan pada sistem android ini.

Ada baiknya kamu mengenal nih, bagaimana operational sistem ini bekerja, sejarah android, hingga fitur utama yang ditawarkan oleh si robot hijau ini.

Operational Sistem Pada Android

Siapa yang tidak tahu Android? Sebuah operational sistem pada perangkat hanphone yang paling  popular di dunia.

Penggunannya merupakan hampir semua mayoritas masyarakat, baik itu anak muda hingga orang dewasa.

Dengan fitur luar biasa, lisensi yang berbasis open source, dan penggunaan operational system yang gratis.

Membuat android jauh lebih cepat meningkatkan penggunanya dari hari ke hari, dibandingkan dengan operational sistem yang lain.

Pada dasarnya, android bekerja pada sistem DVM (Dalvik Virtual Machine – Android Interface) yang dimuat dalam Kernel Linux.  

Android sendiri dikembangkan oleh Google, yang di desain secara khusus untuk handphone yang berbasis touchscreen seperti smartphone dan tablet.

Penggunaan touchscreen pada perangkat android, dimanipulasi langsung menggunakan isyarat sentuhan, seperti menggeser, menyentuh, dan mencubit untuk mengoperasikan layar objek, serta menggunakan virtual keyboard untuk menulis pesan teks.

Selain mengembangkan android pada perangkat layar sentuh, Google juga mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk jam tangan, dengan keunggulan khusus dari setiap perangkat yang diciptakan.

 

Sejarah Si Robot Hijau dan Versi Android-nya

Sebuah aspek yang menarik, bahwa sebagian besar pengguna operational sistem ini, secara keliru berpikir bahwa android dikembangkan oleh google.

Faktanya, android sendiri dikembangkan pada tahun 2003 oleh perusahaan android yang berada di California.

Namun, pada tahun 2005, perusahaan android dibeli oleh google,  dan android mulai dikembangkan dibawah naungan perusahaan raksasa google.inc tersebut.

 

Android Version - Alpha and Beta.
Android Version – Alpha and Beta. (superbwallpapers.com)
  • Android Pertama kali dirilis pada 23 September 2008 dengan versi Android 1.0
  • Versi 1.1 (dirilis pada bulan Februari 2009) dengan beberapa update kecil, yang tidak memiliki perubahan besar dari versi android sebelummnya.

Pada tahap ini, google belum memulai penamaan android yang berdasarkan abjad dari makanan lezat.

Dua versi android ini masih tidak memiliki nama ketika mereka diluncurkan.

Namun, mereka dianggap sebagai Alpha & Beta-nya dari sistem operational si robot hijau ini.

Android Version - Cupcake.
Android Version – Cupcake.
  • Pada bulan April 2009, google meluncurkan Android 1.5.

Ini merupakan pertama kalinya, perbaikan pada versi android yang mendapatkan sebuah nama resmi oleh goole.

Dengan nama Cupcake, perbaikan yang diberikan ialah, fitur integrasi pada home screen widgets yang mendukung folder berada layar, dukungan bluetooth stereo, copy/paste dalam web browser, dan tersedianya rekaman pemutar video dan fitur putar balik.

Android Version - Donut.
Android Version – Donut.
  • Pada bulan September 2009, Donut – Android 1.6 rilis dengan pembaruan utama, pembaruan fitur spot-light pada google maps.

Dan juga dengan beberapa perbaikan operasi sistem pengulangan, serta peningkatan kemampuan foto dan video, dan pembaruan Google Play (Android Market).

Android Version - Eclair
Android Version – Eclair.
  • Versi 2.0 diluncurkan pada bulan Oktober 2009, yang diikuti Versi 2.1 pada bulan Januari 2010 yang keduanya dikenal baik sebagi Éclair.

Android menambahkan fitur multifungsi seperti, penambahan kemampuan pada Bluetooth, dukungan multi-touch dan Live wallpapers, dukungan (User Interface) UI dan HTML 5 pada web pencarian.

Android Version - Frozen Yoghurt.
Android Version – Frozen Yoghurt.
  • Android 2.2 – Froyo merupakan singkatan dari “Frozen Yoghurt”, yang dirilis pada bulan mei 2010.

Pada pembaruannya android menambahkan dukungan konektifitas Wi-Fi hotspot, termasuk meningkatkan kecepatas operational sistem, mendukung hi-definition (HD) pada resolusi layar dan adobe flash 10.1, yang memberikan layanan streaming untuk pengguna lewat web browser mereka.

Android Version - Ginger Bread.
Android Version – Ginger Bread.
  • Ginger-Bread Android 2.3 diperbarui pada bulan Desember 2010.

Dengan fitur kunci yang tersedia, dalam pembaruannya kali ini, android mengeluarkan fitur ‘Near Field Communications’ (NFC), yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran menggunakan handphone mereka.

Dengan melakukan pertukaran data dengan cara meletakan perangkat mereka melewati alat tag yang telah disediakan.

Android juga menambahkan peningkatan keyboard virtual, fungsi Copy/Paste, perbaikan pada kamera depan belakang, dan sensor yang lainnya.

Android Version - Honeycomb.
Android Version – Honey comb.
  • Honey Comb – Android 3.0 diluncurkan pada permulan Februari 2001, dan tidak lama setelah itu, diikuti dengan perbaikan 3.1 dan 3.2 dalam tahun yang sama, android meningkatakan multi-tasking, mendesain ulang keyboard. Khusus versi ini, google mengoptimalkan dukungan untuk tablet.
Android Version - Ice Cream Sandwich
Android Version – Ice Cream Sandwich.
  • Ice-Cream Sandwich 4.0 lebih dikenal dengan ICS yang dirilis pada bulan Oktober 2011.

Pada versi ini, android melakukan perbaikan terbesar, memungkinkan peningkatan menu kontak, fitur pembuka dengan wajah dan kemampuan NFC.

Pada versi ICS dioptimalkan untuk bekerja pada kedua perangkat, yaitu handphone dan tablet. Bisa dibilang merupakan kombinasi sempurna antara Ginger Bread dan Honey Comb.

Android Version - Jelly Bean.
Android Version – Jelly Bean.
  • Jelly Bean – Android 4.1 diluncurkan pada bulan Juli 2012.

Pada tahap pembaruan menuju jelly bean ini, android sudah mengembangkan lebih jauh pada sistem UI-nya.

Lebih besar, banyak, dan lebih diperbaiki notifikasinya, pendiktean suara offline, penempatan widget pintar, sistem terbuka GL ES 3.0, hingga Bluetooth Smart Ready.

Android Version - Kitkat.
Android Version – Kitkat.
  • Pada 31 Oktober 2013, google telah mengeluarkan Android 4.4 dengan menggunakan nama coklat lezat, yaitu Kitkat.

Dalam pembaruan versi ini, android melakukan perbaikan pada fitur google now, pengenalan suara, manajemen penyimpanan, multi-tasking yang lebih cepat, meningkatkan pengenalan ID penelfon pada nomor telefon tidak dikenal yang masuk.

Android Version - Lollipop.
Android Version – Lollipop.

 

  • Banyak orang memiliki beberapa tebakan untuk android ‘L’ sebelum tanggal 3 November 2014.

Ketika google meluncurkan salah satu versi dari operasional sistem yang paling bagus yang dirilis oleh android, ialah Lollipop – Android 5.0. 

Dalam versi lollipop ini, sang developer telah mengembangkan menjadi jauh lebih baik dalam segi Grafis, atau biasa disebut Graphical User Interface (GUI).

Aplication switching di task manager juga telah diperbaharui menjadi lebih mempesona. Bersamaan dengan meningkatkan ketahanan dalam penggunaan batrei.

Perubahan di notifikasi pada layar kunci, penambahan beberapa akun pengguna, dan ditambahkan fitur screen-pinning (berguna apabila perangkat kamu dipinjam seseorang, maka kamu bisa membatasi penggunaan mereka khusus untuk tujuan tersebut, hanya untuk sementara).

Android Version - Marshmallow.
Android Version – Marshmallow.
  • Periode sepertiga permulaan pada tahun 2015, android telah memperbarui operasional sistemnya, ialah Marshmallow – Android 6.0 menjadi salah satu OS terbaik yang telah diluncurkan.

Dari awal permulaan lahirnya si robot hijau sampai titik ini.

Google now yang berada di tombol beranda pun menjadi lebih pintar, yang mana lebih interaktif dan akurat dalam proses penggunaannya.

USB tipe C antar muka, pada fitur ini, kamu dapat menggunakan handphone kamu sebagai charger, dan bisa digunakan  untuk men-charger perangkat lain menggunakan energy yang berada pada perangkat kamu.

Pilihan pembayaran yang semakin aman dengan tidak memberikan bukti pembayaran kamu dengan aplikasinya secara langsung, dan menjaga keamanannya  kedalam server penyimpanan cloud.

Menambahkan keamanan sidik jari, konservasi batre, mode tertidur dan masih banyak lagi.

Fitur Utama Android

Android_Feature
Android_Feature. (pusatgratis.com)

Fakta penting yang juga harus kamu ketahui, 7 dari 10 perangkat handphone sekarang berjalan pada android platform. Karena fitur unik yang ditawarkan oleh OS robot hijau ini, ialah..

  • Berbasis Inbuilt web pencarian, pada sistem terbuka dalam mesin pencari
  • Jelas dan optimalisasi grafis yang didukung oleh Open Graphic Library (OpenGL)
  • Salah satu gesture sentuh terbaik
  • Multi-tasking
  • Dukungan beberapa bahasa
  • teknologi konektifitas layaknya bluetooth, WiFi, Wimax, LTE, tethering.
  • media pendukung untuk gambar, audio, video, live-streaming.
  • perangkat keras yang mendukung sensor accelerator, compass, GPS, camera, sensor proximity 7 beberapa sensor lain.

 

Dengan mengetahui sejarah dan beberapa fitur yang diberikan android, mungkin bisa sedikit membantu kamu untuk memaksimalkan OS android di handphone kamu nih.

Cek juga nih artikel Cara Membuat Scrapbook Unik.

LEAVE A REPLY