Berenang memang merupakan salah satu olahraga yang paling favorit di kalangan masyarakat, oleh karena itu tidak heran lagi saat ini banyak keluarga yang pergi untuk mengisi aktivitas mereka untuk berekreasi.

Fakta yang cukup unik ternyata, olahraga menyehatkan ini juga memiliki banyak sekali manfaat loh untuk tubuh kamu.

Selain itu, ternyata selain menyenangkan juga menjadi salah satu olahraga yang paling bermanfaat loh untuk tubuh kita.

7 Manfaat Utama Olahraga Renang Untuk Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

#1 – Dapat Mengurangi Stres dan Menenangkan Mental

Manfaat berenang untuk kesehatan

Kamu tau gak sih, olahraga renang ternyata mampu meningkatkan energi dalam tubuh yang berhasiat untuk memberikan perasaan rileks dan mengurangi stres loh.

Berdasarkan penelitian yang telah ditemukan, olahraga renang mampu memberikan efek relaksasi layaknya yoga.

Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan endorfin saja, olahraga yang satu ini juga bisa digunakan sebagai media meditasi yang baik untuk kita.

 

#2 – Dapat Meperkuat Otot

Berdasarkan fakta yang ada, berenang memang merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan seluruh otot utama kita untuk bergerak.

Selain itu karena tingkat kepadatan air 12 kali lebih padat dibandingkan udara, hal inilah yang menyebabkan Kenapa olahraga renang menjadi salah satu sarana yang efektif untuk membentuk otot lengan kamu.

Dengan berenang pula kamu bisa melatih kardio dan membentuk otot pada saat yang bersamaan, serta mampu memberikan dampak yang sama seperti ketika latihan di tempat fitnes deh.

Ada sebuah penelitian pula yang menunjukkan bahwa seseorang yang rutin berenang, bisa bermanfaat untuk menguatkan struktur tulangnya, khususnya bagi wanita pasca menopause.

 

#3 – Berenang Menjadi Sarana yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan

Berenang juga telah terbukti mampu memberikan dampak yang cukup signifikan untuk menambah tinggi seseorang.

Mengapa? Karena ketika seseorang berenang, maka seluruh otot utama yang terdapat di tubuhnya akan bergerak secara aktif, sehingga dengan begitu secara otomatis tubuhmu akan menjadi lebih mudah untuk meningkatkan tinggi badan, dan lebih fleksibel.

#4 – Bermanfaat Untuk Jantung

Secara umum seperti olahraga yang lainnya olahraga renang juga termasuk sebagai salah satu latihan aerobik, yang mana bisa memperkuat jantung kita, sehingga dampaknya jantung akan menjadi lebih efisien dalam memompa darah keseluruh tubuh.

Heart Association yang berada di Amerika Serikat telah menemukan bahwa olahraga renang secara teratur selama 30 menit setiap harinya, mampu mengurangi kemungkinan terjangkitnya penyakit jantung koroner hingga 30-40%.

 

#5 – Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena beberapa alasan, masyarakat berpikir bahwa berenang lebih sulit untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga yang lainnya.

Mungkin beberapa ada yang berfikir karena suhu air memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan suhu udara, nah karena hal inilah mengapa lebih sulit untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Tetapi faktanya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa, berenang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk membakar kalori dalam jumlah yang besar.

Yang mau berat badannya ideal Mana suaranya?..

 

#6 – Bisa Memberikan Umur yang Lebih Panjang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of South Carolina, para ilmuwan-nya melakukan sebuah penelitian terhadap 40 ribu orang yang berumur 20-90 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa, orang-orang yang aktif dalam berenang memiliki tingkat kematian 50% dibawah orang-orang yang jarang melakukan olahraga.

Para ilmuwan juga menyebutkan bahwa dampak dari hal ini tidak terbatas pada jenis kelamin, yang mana manfaatnya bisa dirasakan oleh pria maupun wanita.

Yap memang betul, berenang juga banyak sekali olahraga yang juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan olahraga air yang satu ini tapi bukankah berenang akan lebih menyenangkan?

 

#7 – Melatih Pernafasan

Berdasarkan penelitian yang telah ada, para ilmuwan telah membuktikan bahwa berenang secara rutin akan memberikan manfaat yang baik untuk penderita asma, bahkan juga bisa mengurangi gejala-gejalanya, walaupun setelah berhenti melakukan aktivitas tersebut.

Mungkin diantara kamu ada yang bertanya, kok bisa tingkat kelembaban udara yang ada di kolam renang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tempat yang lainnya?

Nah karena Hal inilah, kelembaban pada kolam renang membuat kita lebih mudah untuk bernafas, sehingga akan sangat bagus untuk mereka yang memiliki sakit pernafasan

Oiyah, ada satu lagi nih buat kamu para wanita kalau berenang jangan lupa pakai pakaian yang menutup aurat yaa, supaya lebih berkah dan biar nggak ada yang lihat lah ya 😊

Kamu bisa pakai baju renang muslimah yang keren dan juga nggak kalah trendi, saat ini udah banyak kok yang menyediakan baju renang muslimah.

Semoga bermanfaat dan bikin kamu jadi makin sehat yah

LEAVE A REPLY