Chocolate
Chocolate

Siapa yang tidak tahu cokelat? Makanan manis dengan rasa khas yang dimilikinya, membuat cokelat popular dan disenangi oleh hampir disetiap  kalangan masyarakat.

Disamping reputasinya yang buruk karena menyebabkan berat badan, ada sejumlah manfaat kesehatan yang dimiliki makanan lezat ini loh!

Cokelat terbuat dari bibit pohon kakao theobroma tropis, yang pada awalnya penggunaan cokelat sendiri, kembali ke masa peradaban Olmec di Mesoamerica.

Setelah amerika menemukan bahan inti konsentrat yang terdapat didalamnya, cokelat menjadi sangat popular di Eropa, dan mendapatkan permintaan besar-besaran dari seluruh dunia.

Sejak saat itu cokelat menjadi produk makanan yang sangat popular dikalangan masyarakat, dan peminatnya pun terus-menerus bertambah karena rasa manis, renyah, dan keunikannya.

Tapi kira-kira apa sih, efeknya makan cokelat untuk kesehatan?

Nah, Newbiee udah siapin nih, daftar rangkuman manfaat cokelat, resiko yang ditimbulkan, dan pencegahan yang harus kamu hindari, berdasarkan penelitian dan refrensi artikel yang terkait. Here we are

Fakta Penelitian Cokelat

Chocolate Research Facility. (sergetheconcierge.typepad.com)
Chocolate Research Facility. (sergetheconcierge.typepad.com)

Inilah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui tentang cokelat.

  • Mengkonsumsi cokelat tentu telah dikaitkan dengan kondisi-kondisi seperti diabetes, penyakit jantung coroner, dan hipertensi.
  • Beberapa ahli juga memuji cokelat karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.
  • Sejumlah studi telah menyebutkan bahwa, mengkonsumsi cokelat bisa menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penurunan memori.
  • Cokelat juga memiliki kandungan kalori yang besar.
  • Karena mengandung kadar gula yang tinggi, cokelat dapat menyebabkan kerusakan gigi apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.
  • Pada kandungannya, cokelat memiliki kandungan senyawa antioksidan flavonoids and flavanols, seperti anthocyanin dan epicatechins.
  • Semakin gelap warna cokelat, semakin banyak pula flavonoids dan flavanols yang dimilikinya.

 

Manfaat Cokelat yang Berguna Bagi Kesehatan

Health Benefits of Dark Chocolate. (encrypted-tbn3.gstatic.com)
Health Benefits of Dark Chocolate. (encrypted-tbn3.gstatic.com)

Setelah melewati beberapa waktu, cokelat memiliki banyak laporan buruk karena kandungan lemak yang dimilikinya.

Bagi para konsumsinya, cokelat dikaitkan langsung dengan jerawat, obesitas, tekanan darah tinggi, jantung coroner, dan diabetes.

Namun, dari penemuan terbaru saat ini telah ditemukan senyawa biologis, yaitu fenolik aktif yang terdapat didalam cokelat.

Penemuan ini telah merubah persepsi buruk tentang cokelat, dan menindak lanjuti penelitian dalam efek penuaan, stress oksidatif, tekanan darah, aterosklerosis, dan manfaat lain yang bisa dimiliki makanan lezat ini.

Saat ini, cokelat dipuji-puji karena potensi antioksidan-nya yang luar biasa, potensi yang dimilikinya ialah :

  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah penurunan kesadaran
  • Mengurangi risiko masalah jantung

Penting nih untuk kamu menggaris bawahi manfaat yang disebutkan sebelumnya.

Para peneliti masih memerlukan studi lebih lanjut, dan lebih banyak bukti yang diperlukan supaya poin-poin berikut bisa dibilang meyakinkan.

 

#1 – Menurunkan Kadar Kolesterol

Chocolate Cholesterol Reduction. (jbanews.com)
Chocolate Cholesterol Reduction. (jbanews.com)

Dengan mengkonsumsi cokelat dengan takaran yang tidak berlebihan. Makan cokelat akan membantu kamu menurunkan kadar kolesterol jahat, serta meningkatkan tingkat kolesterol baiknya.

 

#2 – Mencenggah Kemunduran Daya Ingat

Preventing Memory Decline. (thespiritscience.net)
Preventing Memory Decline. (thespiritscience.net)

Para peneliti di Harvard Medical School menyarankan, dengan meminum dua cangkir cokelat panas setiap harinya, dapat membantu menjaga otakmu tetap sehat dalam kondisi prima, serta mencegah penurunan daya ingat pada orang lanjut usia.

 

#3 – Lebih Rendah Terkena Resiko Penyakit Jantung dan Kanker

Drinking Hot Chocolate. (telegraph.co.uk)
Drinking Hot Chocolate. (telegraph.co.uk)

Cacao atau cokelat memiliki antioksidan tinggi, yang mempengaruhi protein dalam tubuhmu untuk menonaktifkan sel-sel kanker.

Seorang peneliti bernama John Hopkins mengatakan, “Dark chocolate bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung hingga 50 persen”.

Diane M. Becker, seorang profesor dalam bidang obat-obatan yang bekerja bersama hopkins menambahkan, “pembekuan trombosit dalam darah, menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan mereka yang tidak”.

Hal ini menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan, karena ketika trombosit mengalami pembekuan, sel darah yang membeku tadi akan menyumbat aliran di dalam pembuluh darah, dan menyebabkan serangan jantung.

 

#4 – Mengurangi Risiko Terkena Stroke

Reduce the risk of stoke. (lemerg.com)
Reduce the risk of stoke. (lemerg.com)

Penelitian British Medical Journal (BMJ) menyarankan, mengkonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko pengembangan penyakit jantung.

Berdasarkan bukti pengamatan, tingkat konsumsi cokelat tampaknya terkait langsung dengan penurunan substansi pada gangguan cardiometabolic. 

Para ahli pun masih terus melakukan percobaan, untuk memastikan potensi yang dimiliki dengan mengkonsumsi cokelat.

 

#5 – Bagus Untuk Hati dan Meningkatkan Sirkulasi Darah 

Chocolate Benefit. (bulgariasega.com)
Chocolate Benefit. (bulgariasega.com)

Senyawa flavanoid yang bertindak sebagai antioksidan alami di dalam makanan lezat ini, dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang berada di otak, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah 2-3 jam setelah  mengkonsumsinya.

Berdasarkan penelitian yang disebutkan sebelumnya, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik yang lebih rendah pada kelompok yang mengkonsumsi dark chocolate.

 

#6 – Kaya akan mineral

Mineral Rich. (newmoney.gr)
Mineral Rich. (newmoney.gr)

Dark chocolate dikemas dengan nutrisi-nutrisi yang bermanfaat seperti potasium, zinc, dan selenium. Setiap 100 gram dark chocolate memiliki kandungan 67 persen zat besi yang direkomendasikan langsung oleh Recommended Dietary Allowance (RDA).

 

#7 – Bagus Untuk Kulit Kamu dan Melindungi Dari Sinar Matahari

Daily sun protection. (cdn.skim.gs)
Daily sun protection. (cdn.skim.gs)

Menurut penelitian para ahli, senyawa flavanol yang terkandung didalam dark chocolate, dapat melindungi kulit kamu terhadap sinar UV matahari, mempertahankan elastisitas kulit, menjaga dan memperbarui sel-sel kulit yang telah mati.

 

#8 – Bisa Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan

Chocolate help you to lose weight. (rd.com)
Chocolate helps you to lose weight. (rd.com)

Makan cokelat selalu dikaitkan dengan obesitas dan kegemukan.

Tapi perlu kamu ketahui juga nih, karena kaya akan serat layaknya roti gandum dan buah, cokelat juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan, selama takarannya tidak berlebihan.

 

#9 – Mengatasi Diare

diarchea
Diarchea. (youtube.com)

Mayoritas dari kita hanya mengetahui beberapa tanaman saja yang bisa memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti daun jambu biji.

Padahal, sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sendiri, sudah melakukan pengobatan diare menggunakan cacao sejak abad 16.

Hal ini, diperkuat oleh ilmu pengetahuan modern, para ilmuwan di Children’s Hospital Oakland Research Institute menemukan bahwa, flavonoid dalam cacao dapat mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil, dan memiliki potensi untuk menghentikan diare.

 

#10 – Baik Untuk Kamu yang Punya Gejala Kelelahan Kronis

Chronic fatigue syndrome. (sweet cures.com)
Chronic fatigue syndrome. (sweet cures.com)

Jika ada beberapa dari kamu yang memiliki sindrom kelelahan kronis, ada baiknya nih, kamu mengkonsumsi setidaknya 50 gram coklelat setiap harinya.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, ada sekelompok orang dewasa yang memiliki sindrom kelelahan kronis.

Kemudian, 11/2 ons cokelat yang memiliki 85 persen kadar dark chocolate-nya, diberikan kepada mereka setiap hari selama delapan minggu.

Dalam studinya yang telah dipublikasikan, para peserta yang diberikan pengobatan tersebut, tidak terlalu merasakan sakit seperti biasanya setelah mereka menkonsumsi cokelat dibandingkan dengan sebelumnya.

Hal yang aneh adalah, tidak ada kenaikan berat badan pada kelompok tersebut.

Berdasarkan pendapat Steve Adkin, para peneliti percaya bahwa cokelat meningkatkan aktifitas kerja neutotransmitter, seperti serotonin yang dapat membantu mengatur suasana hati dan kualitas istirahat.

 

#11 – Menghambat penuaan

Hinder aging. (ucg.org)
Hinder aging. (ucg.org)

Ada banyak sekali kalangan masyarakat yang menjadikan makanan lezat ini sebagai perawatan kecantikan.

Namun, hanya dengan menkonsumsi cokelat, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat yang ditawarkan olehnya.

Salah satunya ialah, menghilangkan kerutan pada wajah dengan kandungan antioksidan alami yang dimilikinya.

 

#12 – Meningkatkan kesehatan mata

Improving Eyes Health
Improving Eyes Health. (newsgaze.com)

Dengan mengkonsumsi dark chocolate, aliran darah yang menuju ke retina meningkat menjadi lebih baik, sehingga meningkatkan pengelihatan dan kesadaran walaupun hanya bersifat sementara.

Menambah kepekaan pengelihatan, dan kemampuan melihat dalam kondisi gelap hingga 2 jam setelah mengkonsumsinya.

 

#13 – Menambah produksi insulin

Chocolate Lego. (thisiscolossal.com)
Chocolate Lego. (thisiscolossal.com)

Cokelat dapat meningkatkan produksi insulin secara alami, dalam hal ini, kamu juga bisa menurunkan resiko terkena diabetes.

Penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan Italia, mencoba melakukan penelitian kepada 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons dark chocolate, dan cokelat biasa yang tidak memiliki kadar phytochemical flavonoid selama 15 hari.

Hasil penelitian memberikan hasil, resistensi insulin (faktor risiko diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang mengkonsumsi dark chocolate.

 

#14 – The last one and the most important thing ialah.. Chocolate makes you feel better

Chocolate makes you feel better. (thisiscolossal.com)
Chocolate makes you feel better.

Nah, ini nih yang paling penting, setiap kamu merasa lagi gak mood..cokelat selalu bikin kamu semangat dan berenergi lagi.

 

Penelitian Tambahan Tentang Cokelat

Chocolate 2.0
Chocolate Research 2.0 (mindthehorizon.com)

Dark Chocolate dapat meningkatkan kemampuan berjalan pada pasien Peripheral Artery Disease (PAD)

Sejumlah penelitian mengklaim, bahwa menkonsumsi Dark Chocolate secara tidak berlebihan, dapat meningkatkan dampak baik pada kesehatan tubuh.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan oleh American Heart Assosiation.

Sebuah studi baru menambahkan, bahwa cokelat dapat membantu meningkatkan kekuatan berjalan, untuk orang-orang yang memiliki penyakit arteri prifer.

 

Kira-kira bisa gak sih, cokelat membantu pasien ginjal?

Berdasarkan jurnal klinik American Society of Nephrology, dengan mengkonsumsi produk-produk cokelat, dapat membantu pasien gagal ginjal untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah mereka.

 

Manfaat Cokelat untuk para ibu hamil

Kabar bagus nih untuk ibu hamil, kesimpulan para peneliti, dengan mengkonsumsi 30 gram cokelat setiap hari selama kehamilan, dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan sang janin.

 

Untuk kamu yang suka gak konsen nih

Sebuah studi baru dalam Jurnal Appetite menunjukan, makan cokelat setidaknya satu kali dalam sepekan, bisa meningkatkan kesadaran kamu.

 

Resiko dan Tindakan Pencegahan Dalam Mengkonsumsi Cokelat

Brushing Teeth
Risk and Prevention. (preventingcavaties.com)

Cokelat memiliki tingkat kalori yang tinggi, yang mengandung sebagian besar gula.

Ada baiknya, kalau kamu ingin tetap menjaga berat badan kamu, kamu harus membatasi dalam mengkonsumsi makanan lezat ini.

Banyaknya gula dalam kandungan cokelat juga dapat merusak gigi kamu. Selain itu, ada penelitian yang menunjukan bahwa cokelat dapat menyebabkan struktur tulang kamu menjadi keropos dan osteoporosis.

Dalam studi yang dipubliaksikan dalam jurnal klinik nutrisi, melakukukan identifikasi antara mengkonsumsi cokelat, dan tingkat kepadatan tulang pada masa remaja.

Kesimpulannya ialah, wanita yang mengkonsumsi cokelat setiap hari, memiliki tingkat kepadatan tulang dan kekuatan yang lebih rendah.

Jika kamu menyukai seni, cek juga nih artikel cara membuat doodle kreatif..

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY