manfaat bawang hitam

Black garlic atau yang biasa disebut juga dengan bawang hitam awal mulanya juga berasal dari bawang putih biasa.

Namun setelah diolah dengan cara fermentasi dan pemanggangan, alhasil membuat bawang yang mulanya berwarna putih menjadi berwarna hitam.

Tapi jangan salah juga loh ya, bawang hitam juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, malah bisa dibilang manfaatnya lebih besar dibandingkan bawang putih.

Kenapa bisa seperti itu?

Karena dengan cara diolah dari bawang putih menjadi bawang hitam, maka secara tidak langsung proses tersebut meningkatkan kandungan yang terdapat pada bawang putih, lebih tepatnya unsur polivenol 23 persen dan flavonoid 37 persen.

Nah melalui proses fermentasi tersebut, bawang putih tidak berubah sama sekali bentuk fisiknya, hanya saja merubah tekstur dari bawangnya, yang pada awalnya cukup keras menjadi agak kekenyalan & warnanya yang juga menjadi hitam.

Manfaat mengagumkan yang bisa didapatkan dari bawang hitam ini adalah, sebagai obat yang bisa mengobati hampir berbagai jenis penyakit.

Manfaat dari black garlic juga sudah dirasakan oleh masyarakat di belahan dunia yang lain, lebih tepatnya korea.

Black garlic adalah makanan khas korea yang digunakan sebagai makanan kesehatan yang dibuat melalui cara fermentasi.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Terlebih, masyarakat disana juga sudah menganggap bawang hitam sebagai salah satu rempahan yang memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

 

Bgaimana Cara Fermentasi Bawang Hitam?

cara fermentasi black garlic
madfeed.co

Bawang hitam awalnya merupakan bawang putih, tetapi yang sudah difermentasikan dengan cara menyimpannya secara utuh di suatu tempat yang memiliki tingkat kelembaban khusus.

Karena sudah di atur sedemikian rupa pada suhu tersebut, tepatnya dengan suhu 60-70oC.

Maka selama proses fermentasi nya, bawang tersebut tidak boleh sama sekali dicampurkan dengan bahan bahan yang lain.

Kenapa? Karena bawang putih akan menjadi sangat sensitif dan akan teroksidasi, sehingga bisa mempengaruhi pula hasil akhirnya, baik itu dari warnanya yang menjadi semakin hitam, bergitupula dengan teksturnya yang juga menjadi lebih lunak.

Untuk rasanya, bawang hitam memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan dengan bawang putih.

 

Manfaat Bawang Hitam Dalam Segi Medis

cara membuat bawang hitam
ajonegro.tv
  • Sebagai Unsur yang Bisa Melawan Sel Kanker

Kandungan alami yang terdapat di dalam bawang hitam dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit, dan juga bisa melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Alhasil akan sangat tepat untuk digunakan sebagi makanan kesehatan.

Kalau kamu ingin mengkonsumsi bawang hitam sebagai makanan kesehatan, caranya mudah kok, kamu cukup mencampurkan bawang hitamnya pada masakan yang akan kamu konsumsi.

  • Bisa Menurunkan Kadar Gula

Penyebab dari penyakit diabetes tidak lain adalah karena kadar gula darah yang tinggi.

Nah, dengan mengkonsumsi bawang hitam, maka secara tidak langsung kamu juga ikut mengontrol gula darah tinggi yang ada di dalam tubuhmu.

Hal tersebut juga sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan kepada penderita penyakit diabetes.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan jantung ada banyak sekali caranya, salah satunya adalah dengan cara berolahraga secara teratur.

Cara lainnya adalah dengan menjaga pola makan yang baik, salah satu caranya adalah dengan menyeimbangkan asupan yang kurang baik tadi dengan bawang hitam.

Kalau kamu memang tidak terlalu suka dengan rasanya, kamu bisa menyiasatinya dengan mencampurkan bawang hitam ke dalam makanan lainnya yang akan kamu konsumsi.

Sehingga rasa yang dimiliki bawang hitam, tidak akan terlalu terasa di mulut kamu.

  • Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Kolesterol ada 2 jenis, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Untuk menyeimbangkan tubuh, sebenarnya kolesterol jahat juga baik. Namun jika kadarnya terlalu tinggi, malah akan membahayakan kesehatan seluruh tubuh, dan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Nah, salah satu cara paling mudah untuk mengontrol kadar kolestrol yang tinggi adalah dengan cara mengkonsumsi black garlic, karena kandungan di dalamnya dapat menurunkan kadar kolestrol kamu yang tinggi.

  • Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan hipertensi sangat tidak baik untuk kesehatan di dalam tubuh. Selain karena bisa menyebabkan penyakit stroke, hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit-penyakit kronis lainnya.

Supaya kamu bisa terhindar dari kemungkinan-kemungkinan tersebut, kamu bisa mengkonsumsi bawang hitam sebagi penawarnya.

Karena kandungan yang ada pada bawang hitam dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kronis, dan menurunkan tekanan darah tinggi seseorang.

  • Bisa Mencegah Penuaan Dini

Di zaman sekarang penuaan tak hanya terjadi oleh orang lanjut usia saja.

Tetapi, seseorang yang masih muda pun juga bisa mengalami yang namanya penuaan, atau yang biasa dikenal dengan penuaan dini, faktornya adalah karena lingkungan yang sudah kurang kondusif.

Mulai dari seringnya terkena paparan sinar matahari secara langsung, banyaknya radikal bebas yang ada disekitar kita, maupun dari pola hidup yang tidak baik.

Supaya terhindar dari penuaan dini, selain harus menjaga pola hidup sehat, kamu juga bisa melawan faktor tersebut dengan cara mengkonsumsi bawang hitam sebagai suplemen alami agar terhindar dari proses penuaan yang lebih awal.

  • Memiliki Unsur Baik yang Dapat Melawan Sel-sel Tumor

Di negara sakura, yakni Jepang, pernah melakukan penelitian manfaat bawang hitam yang dilakukan pada tikus.

Dan dari hasil yang telah didapatkan dari sebuah penelitian tersebut disebutkan bahwa, kandungan yang dimiliki bawang hitam dapat menyembuhkan penyakit tumor.

Walaupun tidak bisa dibenarkan sepenuhnya karena hanya menggunakan tikus, tetapi hasil penelitian tersebut sudah bisa dijadikan gambaran bagaimana bawang hitam dapat melawan sel-sel tumor.

  • Membersihkan Kandungan Logam Dalam Tubuh

Untuk kamu para kaum hawa yang suka membeli produk-produk kecantikan untuk memutihkan, ada baiknya kmau harus lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi.

Kenapa? Karena saat ini, tidak sedikit oknum-oknum yang akan memalsukan produk-produk kecantikan menggunakan tambahan zat-zat yang berbahaya, contohnya seperti merkuri.

Akan tetapi kalau kamu sudah terlanjur menggunakannya, kamu bisa mencoba untuk menghilangkan zat-zat logam berbahaya tersebut dengan cara mengkonsumsi bawang hitam.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Faktor utama supaya ngga mudah terkena penyakit adalah memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Karena daya tahan tubuh yang kuat akan sangat berperan penting untuk melawan kuman dan bakteri jahat yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Nah, salah satu keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh bawang hitam adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena itu kamu harus sesekali mencobanya.

Meskipun bawang hitam memiliki manfaat luar biasa yang baik untuk kesehatan, namun kalau kamu memiliki alergi pada bawang, maka ada baiknya kalau kamu menghindarinya saja.

Untuk catatan juga nih, kalau sekiranya kamu sedang mengalami sakit kepala (migrain), ataupun akan menejalani operasi dalam waktu-waktu dekat, ada baiknya kamu menunda terlebih dahulu untuk mengkonsumsi bawang hitam.

 

Cara Menyimpan Bawang Hitam Supaya Lebih Tahan Lama

cara menyimpan black garlic
handimania.com
  • Menyimpan bawang hitam di dalam tempat yang tertutup tanpa udara
  • Simpanlah bawang di tempat yang memiliki suhu ruangan stabil dan tidak panas
  • Sangat disarankan untuk menghindari tempat penyimpanan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung

Manfaat dari bawang hitam tak hanya berkhasiat untuk kesehatan saja, tetapi juga bisa bermanfaat untuk kecantikan juga loh.

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kecantikan

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kecantikan
vidayestilo.terra.com.mx
  • Membersihkan Komedeo

Noda komedo paling sering muncul dan paling banyak terdapat pada bagian hidung.

Pastinya komedo sangat menganggu penampilan kamu bukan, apalagi kalau ada komedo yang sudah menghitam.

Untuk menghilangkannya, kamu cukup menghaluskan bawang hitam, kamu bisa mengoleskannya pada bagian wajah yang terdapat komedo tersebut.

  • Menghilangkan Bekas Luka

Jika memiliki kamu memiliki luka yang besar, biasanya setelah sembuh akan meninggalkan bekas pada kulit.

Untuk kamu para kaum hawa, pastinya menginginkan sekali bukan untuk menghilangkannya? mungkin kalau cowok sih bodo amat. *malah bisa kelihatan tambah jantan malah 😀

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba menghilangkannya, kamu bisa menggunakan bawang hitam yang sudah di haluskan pada bekas luka kamu, insyaallah bekas luka kamu akan menghilang.

Semenjak banyak orang yang tahu akan manfaat dari bawang hitam, sudah banyak negara yang mengkonsumsi bawang hitam, baik itu sebagai obat, atau hanya sekedar untuk bumbu penyedap pada masakannya.

Bisa dibilang bahkan di benua-benua Eropa, bawang hitam banyak dicari karena sudah tau khasiatnya, dan juga karena ingin merasakan manfaat darinya.

Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara membuatnya, kamu bisa lihat video berikut..

Kurang lebih itu kelebihan-kelebihan yang dimiliki bawang hitam, tertarik untuk mencobanya?

Kalau memang tertarik, kamu bisa mendapatkannya di tempat-tempat khusus. Kalau tidak, kita juga menjual bawang hitam dengan kualitas yang terjamin pula kok.

LEAVE A REPLY