cara menyuburkan kandungan

Setiap manusia memang berbeda-beda, ada wanita yang jangka waktunya hanya beberapa saat, namun langsung bisa hamil.

Padahal kalau dilihat dari pernikahannya, mereka adalah pengantin baru, yang hanya menikah baru beberapa bulan saja.

Tetapi, ada pula wanita yang sudah bertahun-tahun lamanya menikah, dan sudah siap untuk merencanakan kehamilan, tapi tak kunjung juga memiliki sang pelipur lara.

Kalau kamu berada diantara salah satu yang wanita yang sulit untuk hamil, cobalah untuk mengganti asupan yang kamu konsumsi dengan memakan makanan yang baik untuk kandungan, atau bahasa umumnya penyubur kandungan.

Sebenarnya para pakar ahli makanan masih memperdebatkan tentang adanya kaitan antara makanan, dengan kehamilan sang ibu.

Kenapa? Karena pada kenyataanya, ada pula para kaum hawa yang bisa hamil walaupun tidak mengkonsumsi makanan-makanan penyubur kandungan.

Tetapi, khusus untuk beberapa dari mereka yang masih sulit untuk hamil, mungkin mereka memang membutuhkan asupan gizi baik yang lebih, dan terarah untuk menyuburkan kandungannya.

Nah, beberapa aspek-aspek tersebut, memiliki makna yang searah dengan pemikiran para ahli dan peneliti yang mendukung terhadap hal ini.

Mereka mengatakan, apa yang seseorang makan, akan ikut mepengaruhi pula tubuh orang tersebut.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Diluar faktor makanan, kesimpulannya adalah, kesehatan atau kesuburan seseorang, bergantung pada apa yang ia konsumsi.

Apabila ia mengkonsumsi makanan-makanan yang baik, maka baik pula tubuhnya, tetapi apabila ia mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka dampaknya juga akan searah dengan makanan yang ia makan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mungkin bisa kamu coba untuk membantu menyuburkan kandungan:

 

Ikan

manfaat ikan sebagai penyubur kandungan
500px.com

Unsur protein yang baik untuk mengoptimalkan kinerja atau cara kerja reproduksi kamu salah satunya adalah asam lemak, atau yang biasa yang dikenal dengan omega 3.

Nah, pada umumnya, omega 3 dapat ditemukan dengan mudah pada ikan-ikanan, misalnya seperti ikan sarden, ikan salmon, maupun ikan lele.

Namun ada pula beberapa kekhawatiran pada ikan. Kenapa?  karena pasalnya, ikan bisa memiliki peluang juga untuk terkontaminasi oleh zat merkuri, yang mana zat tersebut dapat berbahaya bagi kandungan seorang ibu maupun janinnya.

Tetapi kamu tak perlu khawatir kalau jenis ikan tertentu memiliki kadar merkuri yang sedikit.

Tapi supaya lebih amannya, sangat kita sarankan untuk tidak mengkonsumsinya lebih dari takaram 12 ons dalam seminggu.

Nah, kalau kamu masih khawatir juga, ataupun karena memang tidak suka dengan ikan, kamu bisa mendapatkan khasiat  omega 3 dari kacang-kacangan.

Misalnya seperti kacang kenari, kacang almond,  ataupun telur yang kandungannya diperkaya akan DHA dan omega 3.

 

Daging

Manfaat daging
500px.com

Kalau untuk daging, kamu bisa mengkonsumsinya hanya beberapa daging saja, tidak seluruhnya. Dan saran kita, kamu hanya boleh mengkonsumsi daging sapi ataupun ayam yang memiliki lemak yang rendah saja.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kaya akan protein, para ibu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi.

Tetapi adapula pantangan untuk mengkonsumsinya tidak terlalu banyak, lebih tepatnya tidak mengkonsumsinya lebih dari 3 porsi setiap harinya.

Kenapa seperti itu? Karena menurut menurut penelitian yang ada, berlebihan dalam mengkonsumsi protein hewani malah justru dapat menurunkan tingkat kesuburan seseorang.

 

Produk Susu

manfaat susu
bellybanish.com

Susu, selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang, juga memiliki khasiat untuk menyuburkan kandungan.

Begitupula dengan produk-produk susu lainnya, contohnya seperti olahan yoghurt, keju, dan beberapa produk lainnya.

Tetapi saran kita, pilihlah produk-produk yang rendah akan lemak, malah kalau bisa carilah produk yang bebas dari lemak.

 

Makanan yang Memiliki Karbohidrat Kompleks

makanan berkarbohidrat kompleks
mnn.com

Mungkin selama ini, beberapa makanan karbohidrat yang kamu konsumsi hanya berupa produk-produk yang berasal dari padi-padian, ataupun makanan olahan berkarbohidrat, contohnya seperti roti tawar dan nasi putih.

Padahal dilura sana, makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi masih sangat banyak, misalnya seperti biji-bijian, roti tawar gandum, beras merah, ataupun sereal yang di dalamnya terdapat biji-bijian.

Nah, beberapa makanan-makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh tersebut, memiliki nutrisi yang baik dan sangat dibutuhkan untuk kesuburan.

Misalnya seperti antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Yang mana nutrisi-nutrisi tersebut telah hilang pada makanan-makanan yang berkarbohidrat olahan.

Lagi pula, ada juga sebuah penelitian yang mengatakan bahwa, mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat olahan malah bisa meningkatkan insulin dan kadar gula darah dalam tubuh .

Yang mana peningkatan tersebut, bisa mengganggu hormon reproduksi seseorang, dan mengacaukan siklus menstruasi pada wanita.

Padahal, kedua hal tersebut harus berjalan secara baik dan normal apabila kamu ingin hamil.

Namun sebaliknya, kalau kamu mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat kompleks, alhasil kemungkinan kamu hamil juga akan lebih besar setelahnya.

 

Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan dengan kandungan zinc
500px.com

Unsur zinc akan menjadi salah satu faktor yang sangat penting kalau kamu menginginkan supaya cepat hamil.

Selain karena zinc dapat melancarkan siklus menstruasi, zat yang satu ini juga dapat meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas.

Nah, sumber zinc yang paling baik, kamu bisa menemukannya pada tiram.

Namun, kalau kamu sulit untuk mendapatkan tiram, ataupun memang karena tidak menyukainya, kamu bisa mendapatkan khasiat dari zinc melalui produk susu, telur, biji-bijian utuh, daging ayam, maupun daging sapi.

Yaa, walaupun kadar kandungan zinc yang tekandung di dalamnya lebih sedikit apabila dibandingkan dengan tiram.

 

Makanan dan Sayuran yang Kaya Akan Protein

makanan penyubur kandungan
greatist.com

Kalau kamu seorang vegetarian, atau memang sedang ingin mencari alternatif makanan lain yang juga berprotein, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi kacang polong, dan kacang tanah. Atau, kamu juga bisa mencoba produk-produk dari kedelai, misalnya seperti tempe dan tahu.

Selain makanan tersebut lebih murah, makanan yang berasal dari produk-produk kedelai juga lebih rendah lemak dan kalori, apabila dibandingkan dengan daging, sehingga bobot tubuh pun juga bisa tetap terjaga.

Menurut para peneliti dari riset yang pernah dilakukan, mengkonsumsi protein nabati dan hewani, dapat meningkatkan tingkat kesuburan seseorang. Tapi dengan catatan, selama dalam mengkonsumsinya tidak berlebihan.

Sebagai asupan gizi tambahan, kamu bisa mengkonsumsi vitamin-vitamin khusus, ataupun multivitamin yang bisa menutupi kekurangan nutrisi, yang mungkin tak bisa kamu dapatkan seluruhnya kalau hanya dari makanan-makanan penyubur kandungan saja.

Untuk hal ini, kamu bisa mengkonsultasikannya kepada dokter kandungan kamu, supaya bisa mendapatkan vitamin yang tepat.

Atau, kamu juga bisa menggunakan madu penyubur kandungan. Selain karena madu memiliki khasiat luar biasa yang baik untuk tubuh, madu itu sendiri juga sudah digunakan dari ribuan tahun yang lalu  sebagai pengobatan alami.

Nah, tetapi untuk harga madu penyubur kandungannya sih berbeda-beda, balik lagi kepada bagaimana kualitas madu penyubur kandungan tersebut.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan selama kurang lebih 3 sampai 12 bulan, hal tersebut dapat membantu kamu untuk menyuburkan kandungan yang kamu miliki.

Selama proses tersebut, ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan yang kurang baik.

Misalnya seperti mengkonsumsi ikan yang tinggi merkuri [tuna dan kembung], makanan mentah, makanan yang mengandung lemak jenuh, produk-produk susu sapi yang belum di pasteurisasi, dan kafein. *Untuk kamu pecinta kopi, sabar dulu yah 😀

Walau belum dibuktikan secara pasti apakah ada makanan yang bisa secara signifikan meningkatkan tingkat kesuburan.

Tetapi setiap wanita juga harus bisa untuk mengatur pola makannya supaya lebih sehat untuk dirinya, maupun untuk kandungannya.

LEAVE A REPLY