cara merajut taplak meja

Taplak meja di zaman sekarang, memang bukan suatu hal yang mudah lagi untuk ditemukan.

Pasalnya, saat ini sudah begitu banyak furniture meja, yang dibuat dengan praktis dan minimalis. Sehingga, fungsi dari taplak meja menjadi tidak berguna.

Walaupun begitu, taplak meja tenyata juga bisa menjadi salah satu aksesoris yang dapat menghias keindahan rumah, maupun ruangn kamu loh.

Terlebih, kalau desain maupun jenis bahannya, kamu sendiri yang memilihnya. Selain itu, cara membuatnya tidak terlalu sulit kok.

Pasa kesempatan kali ini, Newbiee mau memberikan sedikit tutorial bagaimana cara merajut taplak meja yang kreatif dan indah ketika dipandang.

 

Perlengkapan yang Dibutuhkan Dalam Merajut Taplak Meja

perlengkapan merajut
dorcasprovider.com
  • Benang katun ataupun linen
  • Pola – Desain yang akan dibuat
  • Alat merajut dengan jarum ganda yang sesuai dengan ukurang benang yang digunakan
  • Jarum khusus untuk merajut (bentuknya melingkar)
  • Peniti

Setelah semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap, agar lebih mentap, kami sudah siapkan video bagaimana cara merajut yang benar supaya kamu cukup siap dalam memulai kreasi rajutan ini.

Kalau kamu mau menonton silahkan, tapi kalau tidak juga bisa langsung skip aja ke pembahasan.

Bagaimana? Sudah cukup ada gambaran? Yuk langsung saja simak bagaimana cara membuat taplak meja yang indah.

 

Langkah-langkah Bagaimana Cara Merajut Taplak Meja

#1 – Mengukur Ukuran Meja

cara membuat taplak meja
Image Credit: youtube.com @IKEA

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum semuanya dimulai adalah, mengukur luas dan lebar meja.

Nah, untuk merajut taplak meja yang sesuai dan tepat, pastinya kamu akan membuthkan ukuran yang tepay pula.

Kenapa? Karena kalau ukuran meja dan kainnya saja sudah tidak sesuai, nantinya taplak meja yang dibuat malah menjadi tidak bagus.

Nah supaya lebih maksimal, kamu juga perlu mengetahui berapa lebar dan luar dimensi dari meja tersebut yang akan tertutupi oleh taplak meja.

Kalau sekiranya kamu ingin taplak meja dengan rumabi-rumbai disekitarnya, maka kamu tinggal menambahkan 6 inci di setiap sisi dari meja yang sedang diukur.

 

#2  – Merajut Taplak Meja

merajut-taplak-meja
Image Credit: youtube.com @bella coco

Setelah semua ukuran telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah merajut taplak mejanya.

Nah merajut taplak meja juga tak boleh sembarangan, sebelum memulai merajut, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu seberapa banyak pola jahitan yang akan dimasukkan ke dalam pola pada rajutan tersebut.

 

#3 – Memodifikasi Pola Rajutan

merajut
1dogwoof.com

Memodifikasi pola rajutan adalah sebagai langkah antisipasi kalau semisal taplak meja yang sedang dirajut ternyata terlalu besar dibandingkan mejanya.

Solusinya, kamu bisa menambahkan beberapa pola yang berulang pada beberapa bagian rajutan, kira-kira sampai bahan dari benang rajutan sudah dirasa tepat dengan ukuran meja yang digunakan.

Nah untuk hal ini, semuanya kembali lagi kepada langkah awal, bagaimana kamu mengukur dan menentukan pola pada langkah sebelumnya.

 

#4 – Teknis Merajut

cara merajut
Image Credit: youtube.com @bella coco

Untuk teknis dalam merajut, kamu bisa menyilangkan kedua benang rajut yang sudah disiapkan dengan jarum ganda.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengaitkan kedua benag tersebut dengan benang ke-3, dan langsung di buat pola, kurang lebih seperti itu seterusnya.

Nah untuk proses akhirnya, kamu bisa mengunci mati pola yang telah dibuat, tujuannya tidak lain supaya pola tersebut tidak terlepas kembali setelah disatukan.

Untuk mengunci mati pola rajutan, kamu bisa menggunakan teknik mengikat sperti biasanya. Atau, kamu juga bisa menggunakan teknik rajut 2 jahitan secara bersama-sama. Atau, kamu bisa mengikuti tutorial mengunci pola pada akhir rajutan pada video yang satu ini.

Kalau kamu masih merasa bingung bagaimana step by step-nya, kamu bisa menyimak sejenak video berikut ini.

Mudah bukan? Selain itu, merajut ternyata juga bisa diterapkan di berbagai media, kreasi, ataupun kerajinan tangan yang lainnya loh, contohnya seperti tas rajut, rajutan gelang dari benang, syal rajutan, dan berbagai kreasi lainnya.

 

#5 – Menambahkan Aksesoris

Aksesoris taplak meja
pinterest.com

Supaya kreasi dari taplak meja yang sudah dibuat menjadi lebih indah. Kamu bisa menambahkan berbagai macam aksesoris yang kamu suka.

Misalnya seperti hiasan pola-pola bunga, menambahkan gigi-gigi atau renda-renda pada bagian tepinya, dan yang lainnya.

Akan lebih bagus kalau warna yang kamu gunakan adalah warna kontras dengan warna dari bahan rajutan yang digunakan.

Sehingga nantinya, kreasi taplak meja yang kamu buat, akan terlihat lebih indah, dan bisa menjadi aksesoris mengagumkan untuk melengkapi interior, maupun keindahan ruanganmu.

LEAVE A REPLY