cara diet alami

Memiliki berat badan ideal dengan bentuk yang proporsional, pastinya sudah menjadi impian setiap orang, baik itu kaum adam maupun kaum hawa.

Sebagian darinya ada yang cukup beruntung karena mereka sudah mempunyai bakat untuk memiliki tubuh langsing dan ideal, alhasil orang tersebut memang sulit untuk menjadi gemuk.

Begitupun sebaliknya, ada juga orang yang memang dari sananya sudah memiliki bakat gemuk. Nah, orang seperti ini nih yang susah kalau mereka ingin mempunyai badan yang ideal.

Namun diantara kita semua, yang paling banyak adalah mereka yang berada diantara 2 jenis orang yang telah disebutkan sebelumnya.

Nah, orang jenis inilah yang bisa dibilang ideal, bisa gemuk dan juga bisa kurus sesuai dengan pola hidup yang mereka jalankan.

Terlebih, pada zaman kita saat ini kecenderungan seseorang untuk memiliki badan gemuk itu sangatlah besar.

Hal tersebut pastinya tak terlepas dari pola hidup tidak sehat yang dijalankan, serta tuntutan zaman yang keinginannya selalu serba cepat dan instan.

Maka sudah tidak heran lagi jika saat ini makanan cepat saji semakin nge-tren dan banyak digemari.

Padahal, menurut penelitian para ahli, makanan cepat saji merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat menyenyebabkan berat badan berlebih.

Selain itu, belum lagi ditambah jajanan ataupun cemilan yang ada saat ini cenderung mendukung kita untuk menjadi lebih gemuk.

Pastinya berbeda sekali dengan zaman dahulu, yang mana bila dibandingkan dengan saat ini cemilannya hanya berupa ubi dan singkong.

Bukan itu saja, ternyata stres juga menjadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan pada seseorang.

Nah, terlepas dari semua itu semua, tentunya semua orang ingin memiliki penampilan yang ideal dengan tubuh yang indah.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan yang sehat dan ideal.

Contohnya seperti tips diet sehat, mulai dari yang berat sampai yang ringan, dari yang berdampak besar sampai yang hanya memberikan dampak kecil saja.

Nah, terlepas dari itu semua, kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan sebenarnya terletak pada niat masing-masing setiap individu.

Maka dari itu, dukungan sosial dari orang-orang terdekat kita juga sangat berperan penting. didalamnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan di rumah, langsung simak aja yuk..

 

Cara Menurunkan Berat Badan

#1. Jangan Tinggalkan Sarapan di Pagi Hari

Sarapan pagi
500px.com

Kebanyakan dari kita salah dalam memahami makna dari kata diet, yang mana apabila kita tidak menjalankan program diet ini secara benar, maka akan ada dampak yang besar pula pada keberhasilan program diet yang kamu jalankan.

Hampir sebagian besar orang awam yang belum mengerti tentang diet dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, maka mereka akan cenderung untuk tidak melakukan sarapan di pagi hari.

Padahal sarapan itu merupakan salah satu penyebab yang cukup berdampak pada program diet yang kamu lakukan.

Dampak yang didapatkan dari tidak sarapan adalah melambatnya metabolisme dalam tubuh yang mana akan berdampak pula pada kesuksesan diet kamu nantinya.

Maka dari itu, apabila kamu ingin diet tetaplah melakukan sarapan pagi, namun cobalah dengan makanan-makanan yang kaya akan serat, protein, dan gizi, putih telur, seperti sayuran, serta susu.

 

#2. Mengawali dengan Air Putih

Manfaat minum air putih
dailymom.com

Cara menurunkan berat badan dengan memanfaatkan air putih, atau biasa disebut juga dengan diet air putih.

Dengan meminum air putih dengan porsi yang pas di waktu yang tepat, maka akan sangat membantu suksesnya proses penurunan berat badan yang kamu lakukan.

Selain itu, dengan banyak mengkonsumsi air putih juga akan meningkatkan hidrasi pada sel-sel tubuhmu yang akan menunjang proses metabolisme menjadi lebih baik.

Nah, untuk menjalankan diet air putih yang baik, setidaknya kamu harus mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.

Tidak hanya itu, air putih juga bisa kamu jadikan sebagai opsi tambahan untuk membantu suksesnya program kamu, yaitu dengan mengawali minum segelas air putih setiap sebelum makan.

Hal inilah yang akan membantu kamu untuk mengurangi porsi makan yang berlebihan.

 

#3. Banyak Bergerak ataupun Berolahraga

Banyak bergerak dan berolahraga
pexels.com

Bagi kamu yang memiliki banyak waktu luang tentunya kamu bisa memulai program penurunan badanmu dengan melakukan olahraga secara teratur, baik itu joging, senam, maupun jalan santai.

Namun, untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga, jangan khawatir karena ada cara lain nih yang bisa ditempuh, caranya adalah dengan banyak bergerak,

Hal itulah akan membantu tubuhmu untuk membakar kalori yang ada.

Overall, intinya kamu harus banyak bergerak dan beraktifitas yang mengharuskan tubuh kamu untuk bergerak.

 

#4. Menambah Asupan Konsumsi Protein

Makanan kaya protein
500px.com

Protein merupakan salah satu zat penunjang diet yang sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan dan dokter.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata protein memiliki fungsi yang luar biasa di dalam tubuh, yaitu dapat membakar lemak jahat dan unsur yang tepat sebagai penunjang diet sehat kamu.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, kamu bisa mendapatkannya dari putih telur. Selain itu, protein juga sering dijumpai dari oat meal gandum maupun sereal.

Ada baiknya, untuk konsumsi protein pada makanan, akan sangat dianjurkan sebagai sarapan di pagi hari kamu.

 

#5. Perbanyak Makanan yang Kaya akan Serat

Makanan kaya akan serat
newmoney.gr

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makan makanan yang berserat termasuk salah satu kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan kamu.

Apabila kamu ingin mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, sebaiknya kamu mengkonsumsinya di siang hari ataupun malam hari.

Nah, untuk mendapatkan makanan yang berserat tinggi, kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Mislanya buah pisang, pepaya, dan jambu biji.

Untuk sayuran contohnya brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, dan sayur-sayuran hijau lainnya.

 

#6. Mengganti Konsumsi Harian Dengan Makanan Berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat tinggi
pexels.com

Karbohidrat merupakan unsur yang tercipta dari sumber energi dan gula.

Namun, jenis karbohidrat yang sederhana akan lebih sulit untuk diserap oleh tubuh, sehingga malah cenderung untuk ditimbun dalam bentuk lemak.

Contoh makanan yang berkarbohidrat sederhana ini biasanya bersumber dari nasi, pasta, mie, dan yang lainnya.

Maka dari itu ada baiknya kamu mengganti makananmu dengan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks.

Selain dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat kamu, dengan mengkonsumsi makanan tersebut juga dapat meminimalisir makan kamu yang berlebihan.

Nah, contoh dari makanan berkabohidrat kompleks diantaranya adalah beras merah, oat meal, gandum, sereal, jenis kacang-kacangan, dan yang lain sebagainya.

 

#7. Perhatikan Waktu Makan Malam Kamu

Memperhatikan waktu makan malam
picdn.net

Pada malam hari, tubuh kita cenderung lebih sedikit dalam beraktifitas, sehingga asupan akan karbohidrat tidak terlalu dibutuhkan.

Maka dari itu, supaya penurunan berat badan kamu sukses maksimal, sebaiknya hindari makan malam dengan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat.

Disamping itu, ada anjuran yang mengatakan untuk mengganti makan malam dengan menu berupa sayur-sayuran yang direbus, bukan yang ditumis dengan minyak.

Ditambah lagi, kalau asal sayurannya yang di budidayakan menggunakan metode hidroponik, sudah pasti lebih sehat tentunya.

Nah, bagusnya lagi kamu tambahkan deh buah-buahan sebagai asupan gizi untuk mengganti menu makan malammu.

Jangan lupa juga nih, untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, supaya program menurunkan berat badanmu berhasil dan memberikan hasil yang maksimal.

Nih guys, kalo kamu ngerasa kamu udah ngelakuin dengan benar tapi masih gagal juga, mungkin ada beberapa faktor lain yang menyebabkan gagalnya program diet kamu.

Daripada penasaran, langsung simak aja yuk hal-hal yang sering menjadi penyebab kegagalan program diet sehat yang sering tidak kita sadari.

 

Penyebab Kegagalan Dalam Menurunkan Berat Badan

#1. Kurang Tidur

Kurang tidur
coolerlifestyle.com

Berdasarkan sisi kesehatan, pola hidup sehat menjadi faktor yang berhubungan langsung dengan pola tidur kita.

Pada umumnya, manusia normal tidur sekitar 8 jam sehari, atau minimal 7 jam dalam satu hari.

Padahal, menurut hasil penelitian para ahli, orang yang tidurnya kurang dari 7 jam maka akan membuat produksi hormon kortisol, produksi insulin, dan gula darah menjadi lebih tinggi.

Nah, hal itulah yang memicu tubuh menjadi lebih cepat lapar, serta menjadikan resistensi insulin dalam tubuh yang mana resistensi tersebut akan membuat tubuh jadi menyimpan banyak lemak.

 

#2. Balas Dendam Setelah Olahraga

Makan setelah berolahraga
pexels.com

Kesalahan fatal yang paling sering menjadi faktor kegagalan diet namun tidak disadari adalah “balas dendam” setelah berolahraga, yakni dengan makan makanan berlebihan.

Setelah berolahraga pada umumnya tubuh memang merasa lebih lapar karena kalori yang ada si dalam tubuh telah dibakar ketika kamu olahraga.

Nah, sekarang anggap saja kamu telah membakar kalori sebanyak 500 cal- setelah kamu kelelahan berolaraga dan tubuh akan merasa kelaparan.

Karena kamu merasa sangat kelaparan setelah olahraga, maka kamu melampiaskan kelelahanmu itu dengan makan tanpa memperhitungkan makanan yang kamu makan.

Alhasil, yang terjadi yakni jumlah kalori yang dibakar selama berolahraga hanya sebesar 500 cal-, namun yang kamu konsumsi setelahnya malah mungkin bisa saja 600 cal-

Alih-alih bukannya malah berkurang, eh malah semakin bertambah berat badannya. 😀

 

#3. Telat Makan

Telat makan
livestrong.com

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya, hal inilah yang paling sering dianggap sepele oleh mereka-mereka yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Sebagian dari mereka ada juga yang berfikir jika telat makan itu lebih baik. Bahkan ada pula yang sengaja menunda jam makannya.

Padahal hal ini justru akan berdampak buruk bagi diet yang kamu lakukan.

Mengapa? Karena kebanyakan dari mereka yang telat makannya, otomatis akan merasa lebih lapar saat makan, sehingga akan lebih sulit untuk menahan diri dan hasilnya malah makan dalam porsi lebih banyak dari yang seharusnya.

Demikian beberapa tips mudah cara menurunkan berat badan yang bisa kamu lakukan dirumah.

Berhasil atau tidaknya program diet yang kamu lakukan tentu tergantung niat masing-masing individu yang melakukannya.

Faktor paling penting yaitu membangun motivasi dan kesadaran diri bahwa setiap dari kita mampu melakukannya.

Satu lagi nih, jangan lupa kalau semangat juga merupakan faktor paling menentukan dalam menjalankan tips diet sehat jenis apapun. Selamat mencoba 🙂

1 COMMENT

  1. banyak sekali ya mas tahap untuk menurunkan berat badan, saya setuju tuh untuk minum air putih, mengurangi makanaan berkalori tinggi juga, kalo saya makan selalu dengan nasi, kalo belum makan nasi kaya belum makan 😀

LEAVE A REPLY