cara mengusir tikus

Rumah kamu banyak  tikusnya?? Kalau memang iya, menurut Newbiee sih itu karena kamunya yang malas bersih-bersih. Bener kan?

Terus ya gitu deh akibatnya, jadi banyak makhluk-makhluk kecil tak diundang.

Secara, kan tikus itu memang paling suka tempat-tempat yang kotor.

Apalagi kalau memang kamunya jarang banget nempatin tempat tersebut, wih makin betah deh dia.

Nah, tapi gimana kalau rumah yang kamu tinggalin sudah terlanjur dijadikan sarang dari sebuah aliansi kelompok tikus gitu?

Tenang, di sini Newbie sudah menyiapkan beberapa cara yang bisa membantu kamu menyelesaikan masalahan tentang tikus-pertikusan.

Sebenernya, mengusir tikus itu gampang-gampang susah kok, semuanya sih balik ke kondisinya masing-masing.

Tapi kalau kamu cuma sekedar meremehkan tenteng masalah tikus-pertikusan, maka jangan nyesel nantinya yah kalau suatu saat mereka menggigit barang-barang, ataupun dokumen penting milik kamu.

Langsung aja yuk, daripada kamu malah tambah pusing mikirin dampak kerusakan yang dibuat sama si tikus, mendingan langsung aja simak gimana solusi untuk menanganinya.

 

Menggunakan Racun dan Jebakan

 

Hal pertama yang bisa kamu coba untuk memusnahkan para tikus-tikus pengganggu itu adalah menggunakan cara menebarkan racun-racun dan jebakan tikus. Hahaha 😀

Kira-kira dimana kamu bsia menemptkannya? Nah, kamu bisa menebarkan racun-racun dan jebakan tikus ini pada setiap tempat yang sering kali terjadi penampakan horror para tikus.

Misalnya seperti di gudang, dibawah kasur, di pojok dapur, dan tempat-tempat lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan kalau kamu ingin membuat jebakan untuk para tikus adalah, membuat suatu jebakan yang telah diberi umpan berupa makanan.

Tetapi untuk saat ini, cara-cara seperti menebarkan racun, ataupun menjebak para tikus-tikus nakal tersebut sudah dianggap tak efektif lagi.

Selain karena disebabkan tingkat perkembangbiakannya yang cukup tinggi. Disamping itu, penebaran racun tikus disekitar rumah juga berbahaya bagi kamu, keluarga, maupun lingkungan disekitarmu.

Maka dari itu, lebih baik kamu menggunakan cara lain saja yang lebih aman dan ramah lingkungan. Hihihi J

 

Menggunakan Lem Tikus

 

Buat kamu yang ngga mau ribet nyiapin perangkap-perangkap ampuh untuk mengatasi para mafia-mafia pengganggu, ad acara lain kok untuk mengatasinya, yaitu menggunakan lem tikus.

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling simple apabila dibandingkan dengan yang lainnya.

Selain itu, cara ini juga bisa lebih banyak membuat jera para mafia tersebut supaya tidak bisa menggagu hunian tempat tinggal kamu lagi.

Yap, betul sekali, karena sekalinya mereka tertangkap, merek a tidak mungkin untuk bisa hidup lagi. 😀

 

Memanfaatkan Bunyi-Bunyian

 

Car a lainnya yang bisa kamu gunakan adalah, memanfaatkan benda-benda yang dapat mengeluarkan suara-suara aneh.

Karena kalau dilihat dari psikologi dasarnya, *asiik para tikus itu nggak suka sama yang namanya keramaian, yang ditimbulkan oleh suara-suara aneh tersbeut. *tikus itu makhluk yang ansos

Kamu sekiranya bisa menggunakan mainan-maianan kamu yang sudah tak terpakai, kamu bisa menempatkanya dimana pengerat-pengerat tersebut sering terlihat.

Atau, ada opsi lain nih, kalau kamu ingin lebih etis, praktis dan efektif, kamu juga bisa kok beli alat yang dapat mengeluarkan suara-suara dengan frekuensi khusus yang hanya bisa didengar dan dirasakan oleh pendengaran tikus-tikus tersebut.

Tapi kalau kira-kira merasa boros dengan baterai ataupun listrik yang digunakan untuk menyalakan benda-benda elektronik tersebut, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan cara yang lebih murah dan alamiah tentunya, yakni menggunakan jangkrik.

Selain itu, suara-suara jangkrik tersebut  juga bisa menjadi unsur relaksasi layaknya di pedesaan, dan juga bisa meredakan stres buat kamu yang memang penat dengan suasana perkotaan.

 

Mengunakan Bau-Bauan

 

Selain bunyi-bunyian yang mengganggu para tikus, kamu juga bisa menggunakan bau-bauan yang bikin tikus tuh nggak betah lagi untuk tinggal di rumah kamu.

Contoh bau-bauan ini  bisa kamu temukan dari berbagai macam benda, misalnya seperti minyak mint, buah mengkudu, kulit durian, maupun  kapur barus.

# Kamfer atau Kapur Barus

Nah, tetapi kalau untuk kamfer ataupun kapur barus, kamu harus menghancurkannya menjadi beberapa pecahan  terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengusir tikus, baru kemudian bisa diguankan di tempat-tempat yang sering dikunjungi sama si tikus.

# Buah Mengkudu

Untuk buah mengkudu, kamu bisa memotong-motongnya menjadi beberapa bagian, kemudian baru bisa di letakkan.

Saran kita sih jangan pakai mengkudu, karena cara ini cukup ribet untuk digunakan ketika mengusir para tikus tersebut.

Kenapa? Karena kamu bakalan ribet nantinya untuk mengganti buah-buah mengkudu yang sudah membusuk.

# Kulit Durian

Untuk kulit durian kurang lebih sama juga, kamu tinggal meletakkan potongan-potongan kulit durian di sudut-sudut ruangan.

# Daun Mint

Untuk cara yang menggunakan minyak mint ini cukup seru dan agak sedikit tricky nih.

Karena kamu tinggal nyari daun mint, kemudian mengoleskannya ke media kertas maupun karton.

Alhasil nantinya, bau tajam dari daun mint inilah yang akan mengusir para tikus- tikus tersebut dari hunian kamu.

Selain itu, cara yang satu ini cukup efektif loh, karena kamu nggak perlu deh tu ribet-ribet ganti pengusir tikusnya, seperti kalau kamu menggunakan buah mengkudu.

 

Menggunakan Ammonia

 

Yap, masih muter-muter dibidang tentang bau-bauan, bau selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan utnuk mengusir tikus tetapi nggak terlalu mainstream adalah, mengguankan bau ammonia. *Hahaha (ketawa jahat)

Ada yang tau ammonia? Kalau ada yang nggak tau, kamu bisa googling dulu. Kalau ngga lihat penjelasan dibawah juga nggapapah.

Ammonia itu adalah salah satu zat yang terdapat di dalam pipis kamu.

Jadi simpelnya, kamu tinggal nyemprotin aja deh tu ammonia di sudut-sudut ruangan dan rumah kamu.

Yang terpenting dan harus diIngat adalah, nyemprot ammonianya jangan terlalu banyak. Iya sih nanti tikusnya pada ilang, tapi malah nanti rumah kamu yang jadi bau pesing.

Fungsi dari ammonia ini adalah untuk menghilangkan wilayah kekuasaan yang dimiliki sang tikus.

Karena pada umumnya, para tikus-tikus tersebut menandai daerah-daerah  kekuasaan yang dimilikinya menggunakan air seninya.

Kesimpulannya, kalau bau dari air kencing tikus tersebut hilang karena terkena bau ammonia kamu, alhasil tikus tersebut akan tersesat tanpa arah dan mencari teritori kekuasaannya yang baru.

Iabaratnya, mindahin teritori kekuasaan si tikus, jadi teritori kekuasaan kamu. *Peace

 

Memanfaatkan Teman

 

Sub judulnya ekstrim banget yah? 😀 Yaa, kurang lebih begitulah. Mau gimana lagi.

Kalau katanya kamu anak hispter, alias gaul. Kamu bisa menggunakan cara unik dan ajaib yang satu ini loh untuk mengusir tikus.

Caranya adalah, menangkep satu tikus, kemudian menecat tubuh tikus tersebut mengguanakn warna-warna yang terang dan mencolok.

Untuk catnya, kamu bisa menggunakan cat besi ataupun cat kayu. Terus kamu lepasin lagi deh itu tikus supaya dia kembali ke doi dan teman-temannya.

Nah, setelah dia balik dari perjalanan mencari jati diri dan kembali ke sarangnya, otomatis tikus-tikus lain ketika melihat tikus warna-warni yang satu ini akan merasa takut, doi bakal mutusin dan pergi dari rumah kamu.

Emang sih, cara yang satu ini masih belum terbukti efektif untuk mengusirnya, tapi sangat layak kok kalau kamu ingin mencobanya.

Katanya kamu katanya anaknya gaul, masa nangkep tikus satu aja ketakutan.

Nah, kalau kamu sudah melakukan semua cara yang sudah disebutkan di atas, tapi tikusnya masih tetap balik lagi. Coba di cek lagi deh, mungkin di rumah yang kamu tempati masih banyak makanan ditempatkan secara sembarangan.

Karena, salah satu penyebab datangnya para mafia pengerat di rumah kamu, selain karena kotor yang membuat mereka nyaman, tentunya juga karena adanya makanan-makanan yang bisa dijarah oleh mereka.

Saran kitas sih, setiap setelah makan, segera bersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin terjatuh ataupun tercecer, serta buanglah sampah di rumah kamu secara rutin setiap harinya.

Mungkin cukup sekian cara mengusir tikus yang efektif.

Kalau sekiranya kamu punya cara yang lebih gokil dan lebih mainstream untuk mengusir para mafia tikus, kamu bisa menambahkannya di kolom komen di bawah yah.  Good Luck!

LEAVE A REPLY