Cara menghilangkan mata panda
deviantart.net

Mata panda atau yang biasa kita kenal dengan kantung mata adalah kondisi mata dimana terdapat lingkaran gelap pada area disekitar kulit mata.

Penyebab dari mata pandabiasanya dapat disebabkan oleh berbagai jenis faktor, baik itu faktor diluar tubuh kita maupun yang ada pada diri kita.

Serta, adapula yang disebabkan karena faktor genetik, yaitu keturunan.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Jessica Wu, seorang ahli kulit, pakar kosmetik kecantikan, dan seorang penulis dari salah satu tulisan rujukan tentang kesehatan, yaitu Feed your Face.

Ia menyatakan, “Ketika kamu merasa lelah, maka pembuluh darah yang ada dalam tubuhmu akan membesar, hal inilah yang menyebabkan mata menjadi sembap, dan menciptakan bayangan gelap pada area disekitar mata”.

Contoh sederhana faktor yang berasal dari luar tubuh adalah seperti kurang tidur, ataupun terlalu banyak begadang. Sedangkan faktor yang berasal dari dalam antara lain adalah stress.

Akibatnya sel-sel yang ada pada kulit menjadi lebih cepat menua dan kulit wajah akan menjadi terlihat lebih  kusam dan berkerut.

Untuk sebagian orang, mungkin hal ini tidak menjadi masalah.

Namun, untuk kamu yang sangat memperhatikan penampilan, terutama para wanita, tentunya hal ini akan sangat menganggu nantinya.

Selain dapat memperburuk penampilan kamu, hal ini juga membuat orang lain cukup tidak nyaman ketika berinteraksi denganmu.

Efek timbal baliknya adalah, kamu akan merasa kurang percaya diri ketika bertemu dengan teman ataupun orang lain.

 

Hal-hal yang Menyebabkan Menyebabkan Mata Panda

e-linzi.ru
e-linzi.ru

Untuk dapat mencegah dan menghilangkan kantung mata, setidaknya kamu harus tau dulu apa saja hal yang dapat menjadi penyebabnya. Berdasarkan penelitian para ahli, ada beberapa penyebab kantung mata diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Akibat dari kurang tidur, ataupun jadwal tidur yang kurang teratur
  • Kurangnya cairan tubuh (dehidrasi)
  • Faktor keturunan atau genetik
  • Terlalu sering menggosok atau menggaruk mata
  • Melakukan program diet yang tidak seimbang
  • Tanda penuaan
  • Akibat merokok
  • Terlalu lama menangis
  • Lama terkena paparan sinar matahari
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Akibat dari halangan
  • Efek dari alergi dan pilek
  • Penggunaan make up yang terlalu tebal
  • Terlalu lama melihat layar monitor
  • Pengaruh dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Itulah beberapa penyebab munculnya lingkaran hitam di sekitar mata atau yang kita kenal dengan mata panda.

Setelah kamu mengetahui semua penyebabnya, ada baiknya untuk kamu yang belum pernah mengalami mata panda ini, mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobatinya.

 

Cara Efektif Menghilangkan Mata Panda Menggunakan Bahan Alami

shireeenz-instagram.com
shireeenz-instagram.com

Nah untuk itu kali ini, Newbiee mau ngasih beberapa tips yang efektif, dan berguna untuk mencegah dan menghilangkan mata panda menggunakan cara yang mudah dan memanfaatkan bahan serta obat-obatan alami.

Udah gak sabar kepingin tau gimana caranya? yuk, langsung simak aja penjelasan berikut ini:

 

#1 – Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tidur berkualitas
popsugar.com

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab munculnya mata panda adalah akibat dari jadwal tidur yang kurang teratur, ataupun kurang tidur.

Karena itulah para ahli menyarankan untuk mencukupi waktu tidur kamu. Walaupun sekirannya masih banyak kerjaan yang masih menumpuk.

Akan menjadi pola hidup yang teratur pula kalau kamu bisa menjadwalkan waktu tidur yang lebih awal.

Waktu tidur yang ideal dan baik bagi kesehatan antara lain sekitar 6 – 8 jam ketika malam.

Bukankan akan lebih baik kalau kamu bisa bangun lebih pagi dari biasanya, daripada harus begadang semalaman.

Usahakan waktu tidur tidak lebih dari jam 9 malam, atau paling lambatnya sekitar jam 10-an.

Selain itu, dalam beberapa waktu yang lalu para ilmuwan melakukan suatu penelitian yang dilakukan di Thailand.

Mereka menyebutkan bahwa, efek dari terlalu banyak begadang juga dapat menyebabkan kanker hati.

Bisa kebayang gak dampak buruk dari begadang? Serem banget bukan? Maka dari itu, mulai saat ini cobalah untuk mengatur waktu istirahat kita.

Selain harus mengurangi kebiasaan begadang, biasakan lah untuk berhenti tidur terlalu malam.

Mengapa? Karena orang yang sering tidur terlalu malam, biasanya pada kesehariannya akan mudah mengantuk dan lelah.

 

#2 – Menghilangkan Kantung Mata Menggunakann Es Batu

Menggunakan es batu untuk menghilangkan mata panda
clinicaottoboni.com.br

Tips efektif selanjutnya yaitu dengan menggunakan es batu. Gimana caranya? caranya ialah dengan mengompres mata dengan es batu tersebut.

Untuk kamu yang pernah nonton film ‘wanted’, pada film itu sang tokoh utama juga menggunakan es batu sebagai sarana untuk mengobati luka-luka yang ada pada tubuhnya.

Nah, solusinya jika kamu sudah terlanjur tidur terlalu malam, cara untuk mencegah munculnya mata panda ialah dengan mengompresnya dengan menggunakan es batu, tujuannya supaya kantung mata bisa sedikit tersamarkan.

Kamu bisa melakukannya selama kurang lebih 10 menit. Oh iya, dengan cara ini pula yang biasanya dilakukan oleh tim petinju ketika jeda antar pertandingan,tujuannya tidak lain ialah untuk mengurangi luka lebam yang ada pada wajah.

So, penasaran bagaimana cara mencobanya di rumah? Ikuti langkah berikut ini:

  • Bungkus es batu menggunakan kain atau handuk, untuk menghindari radang dingin pada kulit. Disarankan pula untuk menggunakan kain yang bertekstur lembut.
  • Kemudian tempelkan pada bagian kantung mata.

Kamu juga bisa melakukannya dengan cara:

  • Memasukan es batu dan air kedalam suatu wadah.
  • Kemudian memasukan kain kedalam wadah  yang berisikan air dan es tersebut.
  • Selanjutnya, kompreskan kain tersebut pada area dimana kantung mata berada.
  • lakukan langkah ini kurang lebih selama 10 menit.

 

#3 – Gunakan Bekas Teh Celup Untuk Menghilangkan Mata Panda

Menggunakan Bekas Teh Celup Untuk mata panda
marketium.ru

Menggunakan bekas teh celup sebagai sarana untuk mengompres mata yang menghitam, sudah lama dilakukan dan dipercaya dapat mengatasi masalah kotoran pada wajah, seperti jerawat dan komedo.

Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat dari bekas teh celup tersebut, juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda, serta mengurangi pembekakan pada mata.

Kok bisa sih? Iya, karena kandungan yang ada di dalam teh terdapat suatu zat yang bernama tannin.

Zat ini adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, senyawa ini pula yang menyebabkan rasa pahit pada beberapa bahan makanan, salah satunya adalah teh.

Berdasarkan penelitian, senyawa tanin dapat bermanfaat untuk membentuk kelenturan dan kepadatan. Serta, dapat menjaga kulit dari serangan bakteri-bakteri yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

Cara mengompres mata meggunakan bekas teh celup:

  • Sediakan 2 buah kantung bekas teh celup.
  • Kemudian rendam dengan menggunakan air dingin.
  • Setelah itu, kompreskan pada mata yang terkena meta panda selama 10-15 menit.
  • Lakukan langkah-kangkah ini secara rutin setiap sebelum dan sesudah tidur.

 

#4 – Cara Menghilangkan Mata panda Menggunakan Mentimun

cara-mengatasi-mata-bengkak
caraterbarumengatasi.files.wordpress.com

Selain dengan menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga dapat menyembuhkan mata panda dengan cara mengompres mata tersebut menggunakan buah ataupun jus mentimun.

Karena kandungan yang ada di dalam mentimun memiliki banyak sekali unsur vitamin C, asam askorbat, dan caffeic acids.

Salah satu manfaatnya tidak lain adalah, dapat mengobati iritasi dan pembengkakan yang terjadi pada area kulit, termasuk kulit yang membengkak akibat kantung mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun :

  • Pertama-tama, sediakan mentimun yang telah dicuci bersih.
  • Kemudian iris menjadi beberapa bagian-bagian tipis.
  • Selanjutnya, tempelkan pada bagian kulit wajah yang bengkak di area sekitar mata.

Kamu juga bisa melakukannya dengan cara:

  • Menghaluskan mentimun menggunakan blender, kemudian bungkus menggunakan kain yang tipis.
  • Setelah itu, pejamkan mata dan kompreskan mentimun pada area kulit mata yang sudah dihaluskan sebelumnya.
  • Terakhir, lakukan cara ini selama 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih.

 

#5 – Kompres Mata Dengan Buah Kentang

Kompres Mata Buah Kentang
zeri.info

Buah kentang ini biasanya dianjurkan oleh para dokter untuk dikonsumsi karena kaya akan manfaat, serta unsur-unsurnya yang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk kamu yang punya penyakit diabetes.

Karena kandungan yang dimiliki oleh buah ketang ini merupakan salah satu jenis makanan yang rendah gula.

Selain itu, kentang juga mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Untuk cara-cara pemakaiannya, hampir sama dengan yang sebelumnya. Perbedaannya hanyalah bahan yang digunakan dan sedikit cara yang berbeda dari kompres matasebelumnya.

Cara menghilangkan mata panda dengan kentang :

  • Kupas buah kentang, dan cucilah sampai benar-benar bersih.
  • Kemudian, haluskan dengan menggunakan alat parut, ataupun blender.
  • Selanjutnya, bungkus dengan kain yang bertekstur halus dan tipis.
  • Setelah itu, kompreskan pada kedua mata yang bengkak, dan diamkan selama 25-30 menit.
  • Langkah terakhir, bilas bekas kompresan tersebut dengan air sampai benar-benar bersih.

 

#6 – Menghilangkan Mata Panda dengan bengkuang

masker bengkuang
salonomorfia.nl

Di dalam dunia kecantikan, buah bekoang yang satu ini sejak zaman dulu sudah dipercaya dapat memutihkan dan menjaga kesehatan kulit.

Bahkan, ada pula perusahaan kecantikan yang menjadikannya sebagai bahan dasar dari pembuatan produk-produk kecantikan mereka.

Alasannya ialah karena manfaatnya yang terdapat didalamnya.

Kandungan manfaat yang ada didalam buah bengkuang sangat berguna untuk kesehatan, unsur yang da diantaranya antara lain adalah Vitamin B1 & C yang dapat mengurangi, bahkan sampai menghilangkan kantung mata.

Untuk bagaimana cara pemakaiannya, tidak berbeda jauh dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara menghilangkan mata panda dengan bengkoang :

  • Kupas bengkuang, kemudian cuci hingga bersih.
  • Selanjutnya, haluskan dengan menggunakan blender atau parutan.
  • Kamu dapat menjadijadikannya masker ataupun hanya di kompreskan saja pada area kantung mata.
  • Diamkan sekitar 10-15 menit.
  • Terakhir, bilas menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

 

#7 – Menggunakan Sendok Untuk Sarana Menghilangkan Mata Panda

Menggunakan sendok untuk menghilangkan mata panda
kenh14.vn

Mungkin cara yang satu ini sangat lucu dan tak pernah terfikirkan olehmu sebelumnya, yaitu melakukan kompres mata panda dengan menggunakan sendok.

Yaa..tapi inilah faktanya, 😀 ternyata alat yang biasa kita gunakan untuk makan, yaitu sendok, juga ampuh untuk menghilangkan kantung mata.

Ah, yang bener? betul kok, kamu bisa mengurangi lingkaran hitam yang ada di mata dengan menggunakan sendok.

Cara mengobati kantung mata dengan menggunakan sendok:

  • Masukan sendok kedalam lemari es selama  5-10 menit.
  • Kemudian, tunggu sampai sendok benar-benar dingin.
  • Setelah itu, tempelkan bagian sendok yang melengkung tersebut pada area kantung mata.
  • Lakukan langkah ini selama kurang lebih 10-15 menit.

 

#8 – Kompres Mata Dengan Air dan Garam

Cara menhilangkan kantung mata pakai air garam
giacongmyphamtrongoi.com

Cara selanjutnya yang efektif untuk menghilangkan mata panda ialah dengan menggunakan campuran garam dan air hangat.

Untuk tahap tata cara pengkompresannya, kamu dapat menggunakan bola kapas, karena bola kapas adalah salah satu sarana yang mudah untuk ditemukan.

Cara mengkompres mata dengan menggunakan garam dan air hangat:

  • Campurkan 1/2 sendok teh garam, dengan satu liter air hangat.
  • Kemdian, aduk sampai garam benar-benar larut bersama air hangat tersebut.
  • Selanjutnya, celupkan bola kapas tadi kedalam campuran air garam.
  • Setelah itu tempelkan bola kapas tersebut pada area kantung mata.
  • Terakhir, runggu sejenak sekitar 10-15 menit.

#9 – Menggunakan Krim Mata yang Mengandung Unsur Kolagen

Cara menghilangkan kantung mata
sehatdanfit.com

Cobalah untuk menggunakan krim kesehatan mata yang mengandung unsur-unsur seperti vitamin C, kolagen dan retinol. Unsur tersebutlah yang dapat menghilangkan bengkak pada mata yang diakibatkan oleh mata panda.

Vitamin C dan kolagen yang terdapat didalamnya, juga bisa kamu dapatkan pula di dalam buah-buahan lain seperti tomat, bluebarry, strawberry dan yang lain sebagainya.

So, jika kamu memiliki kesulitan untuk mendapatkan krim yang mengandung unsur kolagen, kamu dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitarmu, seperti jenis buah-buahan yang sudah disebutkan sebelumnya.

 

Cara Mencegah Mata Panda

helminursifah - instagram.com
helminursifah – instagram.com

Nah, walaupun kamu sudah mengetahui penyebab dan bagaimana cara menghilangkannya, ada baiknya kamu untuk mengetahui cara mencegahnya.

Bukannya tidak mungkin, siapa tahu nantinya cara ini akan lebih bermanfaat untukmu ataupun orang-orang terdekatmu.

Untuk itu, cara untuk mencegahnya kembali lagi, kamu perlu melakukannya secara rutin, berikut cara-caranya:

 

#1 – Tidur Dengan Kepala yang Sedikit Terangkat

cara tidur sehat
expertbeacon.com

Cobalah untuk tidurlah dengan posisi kepala yang sedikit terangkat. Kok gitu sih? Nanti bukannya pegel malahan? Tenang insyaallah enggak kok.

Tujuannya itu memanfaatkan prinsip dari gravitasi, yaitu untuk mencegah cairan di dalam tubuh kita untuk terakumulasi di sekitar mata ketika kamu tidur.

Solusinya kamu bisa menggunakan bantal yang lebih tinggi, ataupun menggunakan dua bantal sekaligus.

#2 – Cobalah Untuk Menghindari Dehidrasi

Konsumsi air putih
performancemedphysio.com.au

Cara untuk menghindari dehidrasi sangat mudah kok. Kamu bisa memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Tujuannya supaya tubuh kamu tidak kekurangan cairan, dan dapat terhindar dari dehidrasi, serta munculnya si mata panda.

Untuk menambah sedikit pemahaman, nonton video yang satu ini dulu yuk..

Mungkin sekian saja semoga dengan artikel ini kami berharap kamu sudah bisa menemukan solusi untuk masalah yang sedang kamu alami saat ini yah.

Khususnya mengenai masalah seperti mata panda, penyebab-penyebabnya, cara menghilangkan mata panda, dan bagaimana cara mencegahnya ketika datang kembali.

Walaupun singkat, mudah-mudahan dapat bermanfaat yah. Good Luck 😀

LEAVE A REPLY