Cara ampuh menghemat uang
bonestructure.ca

Menyisihkan sedikit demi sedikit uang adalah salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat keuanganmu kedepannya. Mencoba menaruh sebagian anggaran kedalam tabungan kamu juga menjadi pilihan yang tepat.

Tapi bukan berarti kamu harus menjalani harimu dengan kesengsaraan dengan hemat yang kamu lakukan, dan tanpa menggunakan hal-hal yang kamu sukai.

Walaupun betul dengan hal tersebut kamu bisa lebih cepat mengumpulkan uang, bukan berarti kamu harus mengorbankan rasa nyaman kamu akan kesenangan yang bisa kamu dapatkan.

Jadi, tidak apalah untuk sesekali bisa menikmati hidangan berkelas ketika kamu memiliki waktu luang diluar kelas. Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk menghemat uang yang kamu kelaurkan.

 

#1 – Berfikir Kembali Sebelum Kamu Membeli Pakaian

Cara menghemat uang ketika berbelanja
flipboard.com

Jangan salah yah, tentu setiap orang memiliki hasrat untuk menyukai dan memiliki barang-barang baru, entah itu pakaian, sepatu, sampai halnya gadget baru.

Tapi pastinya kamu punya alasan tertentu untuk membeli suatu hal yang tidak kamu miliki, minimal supaya bisa memenuhi keinginanmu.

Bisa dikatakan, ketika kamu menghabiskan beberapa persen bagian dari uang pokokmu hanya untuk hal-hal yang sedang trend dan keren.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Istilahnya, kamu hanya menghemat dalam bentuk berbeda. Namun perbedaan disini, kamu bisa lebih menghemat dengan sesuatu yang bisa kamu gunakan berulang-ulang.

Contohnya seperti ketika menggunakan celana high-quality yang itu tuh gak bakal ketinggalan zaman.

Biaya yang dihabiskan untuk sesuatu yang bertahan lama akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan sesuatu yang hanya populer sesaat, sebelum akhirnya kamu memustuskan untuk tidak memakainya lagi hanya karena alasan sudah tidak popular lagi.

 

#2 – Rahasia Hemat Dalam Berbelanja

Rahasia menghemat uang
flipboard.com

Ada sebuah alasan mengapa banyak orang lebih mneyukai tempat berbelanja yang menjual grosiran, tentunya karena hal tersebut dapat menghemat sampai 20 persen anggaran yang harus dikeluarkan.

Menghindari membeli barang per-item seperti buku tulis, tisu, dan kebutuhan pokok lainnya jauh lebih efektif dalam menghemat, baik itu dalam segi uang dan waktu daripada langsung menyiapkan stok secara banyak sebagai antisipasi.

 

#3-Menyimpan Uang tuk Diri Sendiri Sebagai Bayaran Hasil Usahamu

tips menghemat uang bulanan
longuevillemanor.com

Ada yang tau kepanjangan DIY gak? Itu loh istilah bahasa inggris, dan singkatan dari “Do It Yourself”

Untukmu para kaum hawa, pastinya suka banget nih ngerawat, ngehias, sampai memperindah diri sendiri.

Melukis kukumu sendiri bisa jauh lebih mengasyikan, serta sebagai sarana yang bagus untuk meningkatkan kreatifitas.

Nilai plus yang kamu dapatkan, kamu bisa menghemat uang yang harusnya kamu keluarkan ketika kamu melakukan pedicure di luar.

 

#4 – Menguasai Seni Perawatan Diri

Cara ampuh menghemat uang bulanan
sharleyclinic.co.uk

Masih dalam hal yang berhubungan dengan kaum hawa. Mempelajari bagaimana memperbaiki alis kamu supaya terlihat simetris diantara make up yang rumit adalah salah satu yang harus kamu pelajari. 😀

Sementara terus berinvestasi dalam sebuah layanan perawatan diri berkualitas tinggi, tentunya sangat penting untuk selalu menjadi dirimu yang lebih baik.

Dengan menguasai hal tersebut, sangat mungkin bagi kamu untuk bisa menikmati hasil tabungan yang kamu sisihkan untuk akhir bulan.

 

#5 – Cerdas Dalam Menggunakan Kode Promo

Tips ampuh dalam menghemat uang
legante.eu

Bukan hanya tentang mencari suatu produk dan membelinya. Kamu juga harus pintar dalam mengatur strategi ketika kamu berbelanja online.

Sebelum kamu melakukan transaksi, carilah kode-kode  promo yang bisa membantu kamu untuk mengurangi biaya yang kamu kelaurkan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini nih.

Masuk ke halaman web Google ketika kamu ingin mencari kode promonya, kemudian ketikan “promo code”, atau kamu bisa mencoba mencarinya barang yang kamu inginkan di web-web yang sering memberikan kode promo untuk para penggunanya. Contohnya seperti Zalora.

Jika kamu sering menjelajah internet menggunakan Chrome, pastikan kamu menginstal Honey secepatnya. Aplikasi ini secara otomatis mencari kode promo dan langsung memasukannya kedalam program transaksi ketika kamu melakukan pembayaran.

 

#6 – Mendapatkan Cash Back

Tips cara menghemat uang
istockphoto.com

Ebates adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan cash back ketika kamu berbelanja online. Caranya tinggal mendaftar, masuk, mencari toko online yang tepat, dan berbelanja seperti toko online pada umumnya.

Website tersebut secara otomatis mencari kupon cash back yang tersedia dan secara otomastis menambahkannya kedalam akun cash back kamu.

Kalau biasanya ketika kamu berbelanja normal kamu membayar dengan harga standar, dengan trik yang satu ini kamu bisa menghemat uangmu menjadi lebih hemat hingga 1/4 per tahunnya.

 

#7 – Melakukan Penawaran Harga Ketika Melakukan Transaksi

Tawar menawar
fgproperties.com

Jangan hanya ada perasaan untuk membeli saja ketika kamu menemukan adanya penurunan harga, tapi coba pikirkan sejenak lagi apakah hal yang ingin kamu beli memang benar-benar kamu butuhkan.

Kebanyakan dari para penjual memiliki harga yang berbeda kepada setiap pelanggannya. Jadi, jangan sungkan bagimu untuk melakukan penawaran harga.

Kalau kamu punya kebiasaan belanja online, tidak ada salahnya kamu mencoba tool yang satu ini, yaitu Paribus.

Tool yang satu ini adalah salah satu sarana yang bisa kamu gunakan ketika kamu sedang berbelanja online. Aplikasi ini akan men-scan emailmu dan memberikan penawaran harga secara otomatis kedalam akunmu.

 

#8 – Persiapkan Makanan Bekalmu

Tips ampuh cara menghemat uang
fotosearch.com

Mungkin makan bersama dengan teman-temanmu diluar memang menyenangkan. Namun jangan salah, dengan cara membawa bekal makanan dari tempat kos juga bukan ide yang buruk, terlebih inilah salah satu cara termudah untuk menghemat uang bulanan kamu.

Dengan memepersiapkan bekal, kamu juga dapat memilih makanan yang menjadi favorit kamu. Nilai plus lainnya adalah kamu bisa mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan lebih terjaga kualitasnya.

 

#9 – Mempertimbangkan Kembali Ketika Ingin Menggunakan Kartu Kredit

Tips jitu cara menghemat uang
brit.co

Menggunakan kartu kredit sebagai alat pengganti uang untuk melakukan pembayaran adalah salah satu cara yang kurang bagus.

Mengapa? karena kamu tidak bisa memperhitungkan dan mengetahui berapa budget yang telah kamu keluarkan untuk hal-hal yang telah kamu beli.

Terlebih, kamu akan merasa terlalu nyaman dengan penggunaan kartu kreditmu. Maka ketika akhir bulan tiba,tentunya kamu akan terkejut dengan pengeluaran yang telah membengkak dikarenakan sulitnya untuk bisa mengatur keuanganmu.

 

#10 – Membeli Sesuatu yang Benar-benar Sedang Kamu Butuhkan

Tips ampuh cara menghemat uang
clear.co.id

Mungkin hal yang satu ini membutuhkan sedikit praktek yang lebih, apalagi buatmu para kaum hawa.

Tapi beneran deh, kira-kira berapa banyak sih sweater yang dibutuhkan buat kalian para wanita? Kayaknya kalau dilihat dari koleksi sweater-nya tuh kayaknya sampai gak muat di lemarinya 🙂

Nah, untuk mempermudah evaluasi kebutuhanmu, ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu sesuatu yang sudah kamu miliki.

Apakah hal itu masih bisa bermanfaat atau tidak kalau semisal kamu ingin membelinya lagi. Hal yang sama masih berlaku untuk hal apapun yang kamu sukai.

Kalau hal itu gak bener-bener unik, atau kamu gak melihat adanya hal yang akan terjadi kalau kamu gak membeli hal tersebut, lebih baik letakkan hal itu kembali di tempat semula.

Jangan khawatir, kamu akan selalu menemukan sesuatu yang bisa lebih bermanfaat dan lebih kamu sukai untuk kedepannya kok.

Mungkin itu saja beberapa tips yang bisa membantu kamu menghemat keuangan kamu. Cek juga nih beberapa cara supaya kamu terhindar dari kebiasaan buruk.

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY