Cara mengeringkan buku yang basah

Kehujanan di saat yang nggak tepat, ataupun ketika tidak diinginkan memang suatu hal yang menyebalkan. Apalagi kalau ditambah dengan barang bawaan yang ikut terkena air, kemudian basah dan rusak, buku misalnya.

Apalagi yah, buku itu nggak mudah untuk dikeringkan. Sudah pernah mencobanya bukan?

Ketika kita mencoba untuk mengeringkannya dengan cara menjemur, yang terjadi malah lembaran buku tersebut berubah jadi kusut dan bergelombang.

Kalau sudah begitu mau diapain lagi, mungkin kamu hanya bisa menyesali apa yang sudah terjadi. 😋

Eh tapi tenang dulu, salah seorang seniman yang berasal dari Jepang punya sedikit tips & trik bagaimana caranya mengeringkan buku yang basah loh, ia adalah Jaluka Nohana.

Berikut tips & trik bagaimana cara mengeringkan buku yang basah supaya buku kamu nggak rusak meskipun kebasahan.

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan toilet paper.

Selanjutnya, letakkan setiap selembar toilet paper diantara setiap lembar buku yang basah, dan letakkan benda apa saja yang cukup berat diatasnya. Contoh, tumpukan buku, tas, dan yang lain sebagainya. Atau kamu bisa juga meletakkannya di bawah kasur.

Cara memperbaiki buku yang basah
boredpanda.com
Gimana cara mengeringkan buku yang basah
boredpanda.com

Kemudian, diamkan selama beberapa saat sampai kira-kira toilet paper-nya sudah meresap semua air yang terdapat pada lembaran buku.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Kamu juga bisa mengganti toilet paper-nya setiap beberapa menit sekali untuk mengganti serapan air yang baru hingga kering. Langkah ini bisa kamu lakukan apabila bukunya memang benar-benar basah.

Tadaa, notebook kamu siap digunakan lagi.

Cara keringkan buku yang basah
boredpanda.com

LEAVE A REPLY