kreasi kain flanel

Kerajinan tangan yang berbahan dasar dari kain flanel memang merupakan sebuah kerajinan tangan unik yang bahannya terbuat dari bahan kain yang menyerupai wol.

Sampai saat ini, kerajinan tangan dari kain flanel adalah salah satu dari sekian banyak kerajinan tangan yang paling populer dikalangan anak muda Nusantara.

Selain bahan dasar teksturnya yang lembut, kain flanel juga memiliki keunikan lain yang dimilikinya, yaitu warnanya yang bermacam-macam, dan kemudahannya untuk dibentuk sedemikian rupa menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

Karena itulah hasil kreasi dari kain flanel merupakan satu dari sekian banyak bahan yang paling sering digunakan ketika ingin membuat suatu kerajinan tangan.

Apalagi, kain yang satu ini tidak cukup sulit untuk didapatkan, dan cukup banyak tersedia juga di berbagai toko-toko terdekat.

Dari sekian banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain flanel diantaranya adalah, dompet, tas, boneka, tempat handphone, hiasan meja, gantungan kunci, bros, dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Dengan memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai dari limbah tekstil ini, kali ini Newbiee akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat tas dari kain flanel yang cantik nih.

Apalagi kalau kamu memang mempunyai passion di bidang kesenian dan kerajinan tangan.

Udah dijamin deh, selain kamu bakal dapetin keseruan dari passion yang kamu lakukan, kamu juga sudah membuka sebuah peluang usaha baru dengan potensi keuntungan yang menggiurkan juga loh.

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

Daripada udah nggak sabar, langsung aja simak cara-caranya dibawah yuk.. Let’s Rock!

 

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

Cara Membuat Tas Dari Kain Flanel
pinterest.com

Sebenarnya, ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu kreasikan untuk membuat tas dari kain flanel.

Nah, untuk kali ini, Newbiee bakalan ngebuat sebuah tas yang bentuknya besar tapi simpel.

Supaya kamu lebih percaya diri dan nggak mengalami kesulitan ketika membuat tas-nya, ada baiknya kamu lihat video ini dulu yuk..

Terlihat cukup mudah bukan? Walaupun begitu sebenarnya tidak semudah kelihatannya loh.

Nah, udah merasa siap? ✎ Let’s make some craft

 

Memotong Desain Sketsa Tas yang Akan Dibuat

Mendesain Sketsa Tas
instructables.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggambar suatu pola yang akan kamu buat menjadi sebuah tas nantinya.

Disini kita udah ngedesain dan nentuin ukurannya yang tepat untuk tas yang mau kita buat, kurang lebih ukurannya 3mm.

Membuat Desain Tas
instructables.com

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggunting desain atau pola yang sudah kamu buat sebelumnya.

Tas yang mau kita buat, desainnya hanya setebal satu lapis kain flanel, lebih tepatnya seukuran 41 x `19 inch.

Untuk cara penjahitan pada kain flanel bisa dibilang cukup sulit, jadi kali ini Newbiee nggak bakal menggunakan terlalu banyak potongan-potongan kain flanel yang berbeda.

Untuk gambaran tasnya, kurang lebih ukuran tingginya 18 inch, langkah yang harus dilakukan untuk membuatnya adalah dengan cara menyesuaikan panjang kedua sisi bagian, dan depan dan belakang tasnya. *Silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya

Nah, untuk bagian sisi tegak tasnya, kita memotong kain flanelnya dengan tinggi 18 inch.

Tapi untuk kedua sisi depan dan belakangnya, kita tambahin 5 inch lagi di bagian bawahnya, yang mana kedua sisi bagian bawahnya lah yang bakal kita gunakan untuk saling menyatukan dan membuat bagian alas tas tersebut

Langkah selanjutnya adalah memotong kain flanel tersebut.

 Memotong desain kain flanel
instructables.com

Kali ini kita memotong kain flanelnya dengan menggunakan rotary cutter, penggaris, sama alas kain supaya media yang digunakan untuk memotong kain tidak meninggalkan bekas. *Contoh, mejanya jadi tergores

Sebenarnya menggunakan gunting saja sudah cukup sih, tapi berhubung kita bakalan banyak ngelakuin kegiatan motong-memotong, kayaknya kalau menggunakan rotary cutter bakalan lebih rapih di hasil proses potongannya.

Selain itu, disini kita juga punya sedikit potongan kain flanel yang berbeda warna, dan akan digunakan nantinya untuk kantong dari tas yang akan kita buat.

 

Mempersiapkan Tali Untuk Strap Tas-nya

Mempersiapkan tali tas flanel
instructables.com

Nah, sekarang kita udah siapin nih untuk strap tasnya, yaitu dua buah sabuk kulit yang bakalan keren nantinya kalau digunain buat strap tas-nya.

Sebenernya sih sabuk-sabuk ini nih yang ngeinspirasi kita buat ngebuat kerajinan tangan ini.

Alternatif lainnya kalau kamu nggak punya sabuk yang udah nggak kepakai, kamu bisa gunain kain flanel juga kok buat strap tas-nya. Tinggal ikutin aja deh langkah-langkahnya. 🙂

Memotong strap tas
instructables.com

Kalau kamu jadi menggunakan sabuk, kamu bisa potong bagian locking sabuknya menggunakan gunting ataupun cutter. Supaya lurus, kamu bisa pakai penggaris kok supaya hasilnya lebih sempurna.

Nah, kalau kamu menggunakan kain flanel juga untuk strap tas-nya, kamu bisa memotongnya secara vertikal sesuai dengan bentuk sabuk.

Memotong strap tas secara vertikal
instructables.com

Untuk ukurannya, kamu bisa mengira-ngira seberapa panjang atau pendek strap-nya, intinya yang paling tepat sama tangan kamu.

 

Menjahit Kantung dan Strap Pada Tas Kain Flanel

Menjahit kantung tas kain flanel
instructables.com

Untuk bentuk dari kantung tas kain flanel, kali ini kita akan menggunakan bentuk melingkar yang tidak memiliki sudut.

Nah, alat yang kita gunakan disini adalah sisi lingkaran yang ada pada selotip.

Memotong sudut kantong pada tas
instructables.com

Langkah melakukannya, kamu bisa mengulanginya dua kali, sampai mendapatkan kedua sisi melingkar yang akan digunakan untuk bagian bawah pada kantung tas tersebut.

Membuat kedua sisi lingkaran pada kantung
instructables.com

Selanjutnya adalah, menjahit bagian potongan kantung tersebut ke bagian depan tas kain flanel, untuk menentukan penempatan yang terbaik dari kantungnya, kita sarankan untuk menempatkan kantungnya agak sedikit ke atas.

Menjahit kantung ke tas kain flanel
instructables.com

Nah, untuk bagian strap dari tas-nya, kali ini Newbiee menentukan untuk memperlihtkan bagian titik-titik dari sabuk yang akan digunakan sebagai strap dari tas tersebut.

Kemudian langkah selanjutnya adalah, menjahit satu sisi dari sabuk tersebut di bagian atas tas.

 Menjahit strap di bagian atas tas
instructables.com

Untuk sisi sabuk yang memiliki titik, kita menjahitnya di bagian agak kebawah dari satu sisi yang sebelumnya, dan di arah berlawanan dari yang sebelumnya.

Jadi hasil akhir dari strap tas-nya, satu bagian dijahit berlawanan dari yang lainnya, dan agak sedikit kebawah dari jahitan strap yang pertama.

Menjahit strap tas
instructables.com

Untuk bagaimana cara menjahitnya, kita menjahit beberapa baris untuk menyatukan sabuk ke tas kain flanel yang akan dibuat.

Kenapa sih kira-kira butuh beberapa baris jahitan? Karena bagian inilah yang nantinya akan menopang paling banyak beban, jadi bagian ini pula lah yang paling banyak membutuhkan jahitan.

 Jahitan pada tas kain flanel
instructables.com

Disamping karena bagian tersebut yang paling banyak membutuhkan jahitan, bagian ini pula yang sering terlihat ketika tas tersebut digunakan.

So, kita udah mutusin untuk nggak membuat terlalu banyak jahitan supaya terlihat lebih rapih, dan hanya menjahitnya seukuran kotak kecil saja.

Saran, gunakanlah benang yang memiliki warna yang tepat dan samar dengan tas kain flanel yang akan kamu buat.

 

Menjahit Cover Strap Tas Kain Flanel

Menjahit cover strap tas
instructables.com

Langkah pertama, rapihkanlah jahitan-jahitan yang berlebih pada strap tas.

Kemudian, dengan menggunakan warna benang dan kain flanel yang sama dengan yang kamu gunakan sebelumnya, buatlah dua buah potongan kain flanel kecil untuk digunakan sebagai penutup dari jahitan sebelumnya.

Satu bagian untuk sisi strap yang ada di bawah, sebagian lagi untuk jahitan bagian atas pada tas kain flanel, untuk jahitan ini cukup penting dan harus rapih.

Karena selain fungsinya untuk menutupi sisi jahitan yang kurang bagus, potongan patch ini juga bisa membuat sambungan strap kamu menjadi lebih kuat.

 

Membentuk dan Memperkuat Bagian Bawah Tas Dengan Jahitan

Membentuk bagian alas tas kain flanel
instructables.com

Masih inget dua bagian yang sudah dipotong lebih panjang sebelumnya?

Nah, kedua bagian yang dilebihkan itulah yang akan menjadi bagian alas yang saling menutupi dari tas yang akan dibuat, lebih tepatnya dengan ukuran 1 inch.

Kemudian, kamu ukur 1 inch kain flanel yang telah dipotong sebelumnya, dan tandai menggunakan kapur tenun. *khusus untuk kain

Selanjutnya, lipat kain flanel yang telah ditandai sampai kedua sisinya bertemu, lipat secara hati-hati, dan mulai menjahit pada bagian kecil di samping dari bagian yang bertemu tersebut.

Kalau sekiranya perlu dan merasa masih ragu, kamu bisa melebihkannya sedikit dibagian pertemuan 1 inch alasnya.

Setelah itu, lipat sisa 3mm kain flanel yang tersisa sebelumnya, untuk caranya bisa diatur untuk saling melapisi.

Supaya lebih kuat, kita buat lagi nih dua lapisan kain flanel yang akan dijadikan sebagai alas dari tas tersebut.

Siapkanlah 2 sheet kain flanel dengan ukuran yang tepat dengan alas dari tas yang telah dibuat, kemudian dijahit saling melapisi, dan dirapihkan sisi-sisi pinggir yang tersisa.

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk memastikan ukuran yang tepat, supaya lapisan yang digunakan dapat cocok  sempurna dengan garis yang telah dibentuk.

Sesudah itu, tempatkan sheet tersebut di bagian alas tas, alhasil bagian alas yang telah dibuat telah diperkuat dengan 3 lapis kain flanel dengan tebal 3mm.

So, udah nggak diragukan lagi bukan kekuatannya?

 

Menyatukan Bagian Alas Tas

Menyatukan bagian alas tas
instructables.com

Karena sekarang sebagian alas dari tas kain flanel telah dijahit dan diperkuat, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melanjutkannya ke sisi yang kedua, yaitu dengan cara menjahitnya.

Mungkin awalnya kamu berfikir sudah mengukur semuanya dengan tepat, tapi mungkin setelah dijahit, akan ada tuh sisi pinggiran yang tersisa pada bagian alasnya, langsung aja deh dirapihin.

 

Menambahkan Kancing Pada Sisi Tas

Menambahkan kancing pada sisi tas
instructables.com

Tinggal satu hal lagi nih yang belum, yaitu menyatukan kedua bagian yang belum disatukan. Iya juga sih ya? 😀

Sebenarnya ada dua pilihan yang bisa diaplikasikan untuk menyatukan kedua bagian tersebut, yaitu dengan cara menjahit kedua sisinya.

Sebetulnya sih udah dicoba sebelumnya, tapi hasil yang didapatkan kurang memuaskan, dan malah ngebuat sisi bagian yang disatukan jadi tidak terlalu rapih.

Nah, daripada hasilnya jelek dan kurang memuaskan, kayaknya kita pikir akan lebih bagus dari segi seni dan estetika-nya kalau kita menambahkan material tambahan, yang mana akan digunakan untuk membantu menutup bagian terakhir ini.

Kamu bisa menggunakan jenis material apa saja yang bisa digunakan untuk menyatukan kedua sisi tersebut.

Kalau kasusnya disini kita akan menggunakan kancing untuk menyatukan kedua sisinya, lebih tepatnya kancing klik.

Sekarang, waktunya mengukur ketinggian dari tas yang telah dibuat, ukuran tepatnya adalah 18 inch.

Nah, untuk ukuran jarak antara kancing-nya, kita memberikan jarak sejauh 2 inch per kancing, jadi total kancing yang akan digunakan yaitu 9 kancing.

Langsung aja deh dimulai dengan cara menyatukan kedua bagian kancing ke masing-masing sisi yang akan disatukan.

Saran kita supaya lebih mudah, yaitu menyatukan bagian paling bawah dan bagian paling atas terlebih dahulu, minimal supaya tas tersebut sudah cukup kokoh untuk di tegakkan.

Sisa dari desain kancingnya bisa kamu kreasikan sendiri sesuai keinginan kamu, tapi kita tetap menyarankan untuk memberikan jarak pada masing-masing kancing.

 

Enjoy as..

Kerajinan dari kain flanel
instructables.com

Setelah semuanya selesai, jadilah sebuah tas unik handmade yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, misalnya sebagai tempat belanjaan, ataupun sebagai tempat majalah-majalah yang tidak tertata, ataupun untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Tidak hanya itu, kalau kamu memang mempunyai passion di bidang kesenian dan kerajinan tangan, usaha tas kain flanel bisa jadi bisnis yang menggiurkan juga loh.

kerajinan tangan dari kain flanel
instructables.com

Apalagi kalau kamu sampai bisa membuka usaha grosir tas wanita, khusus untuk yang berbahan kain flanel, wiih itu peluangnya masih besar banget.

Selain bisa memuaskan keinginan passion kamu, kamu juga bisa dapat penghasilan dari usaha yang kamu senangi.

Gimana udah berhasil belum tas handmade buatan kamu? Untuk bagaimana cara membuat tas yang lebih simpel dari yang sebelumnya, kamu bisa tonton video berikut ini.

 

Karya Kerajinan Tangan Tas Kain Flanel Terbaik

 

tas gajah kain flanel unik

Tas laptop kain flanel

Tas laptop kain flanel keren

Tas modis kain flanel masa kini

Model tas terbaru

kreasi unik tas kain flanel

Model tas terbaru dari kain flanel

Tas trendy kain flanel terbaru

tas wanita dari kain flanel

kerajinan kain flanel

Kerajinan tangan tas unik dari bahan kain flanel

kreasi dari kain flanel

tas wanita

1 COMMENT

LEAVE A REPLY