Scrapbook merupakan suatu kerajinan tangan yang banyak dibuat oleh remaja masa kini.

Cara membuat scrapbook sendiri, bisa dilakukan dengan menempel foto atau gambar pada media kertas, dan menghiasnya sesuai imajinasi masing-masing hingga menjadi suatu karya kreatif.

Scrapbook juga dapat dijadikan sarana yang bagus untuk menyimpan kenangan indah di dalam hidup kamu.

Tidak hanya menyimpan momen berkesan kamu, dengan membuat scrapbook sendiri, kamu akan merasa lebih berani untuk menciptakan desain media kenangan kamu.

Dalam situasi yang sama, kreatifitas kamu juga terlatih ketika pembuatan scrapbook ini loh!

Persiapan sebelum membuat scrapbook

Di dalam sebuah scrapbook, kamu bisa menyimpan rekaman mengenai waktu-waktu menyenangkan, dan peristiwa tak terlupakan kamu nih.

Misalnya foto waktu kamu pertama kali lihat dia, Pamflet, tiket bioskop saat pertama kali diajak nonton sama doi, sampai kenang-kenagan terakhir darinya. *sedih

Daripada penasaran? Langsung scroll down aja yuks..

Wisata Bogor
Wisata Bogor
Wisata Bogor

 

Alat-alat dan Bahan Untuk Membuat Scrapbook

Cara membuat scrapbook

Jika kamu ingin membuat scrapbook dengan semenarik mungkin. Setidaknya, kamu harus mengetahui langkah-langkah awal yang harus dilakukan untuk membuat scrapbook.

Salah satunya ialah menyiapkan alat-alat dan bahan untuk membuatnya. Berbagai bahan pembuatannya, kamu bisa dapatkan dengan mudah di toko peralatan tulis terdekat.

Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat scrapbook :

 

  • Kertas khusus untuk scrapbook – Kertas hvs/Kertas spektra

Kertas concorde

 

# Karton & Kertas Concorde

# Ketas buku tulis matematika

# Karton Duplex

  • Album atau foto scrapbook
  • Cover scrapbook (Hard-Soft)
  • Kertas untuk desain scrapbook – Kertas warna-warni (Origami)

kertas origami

Kertas kado

Paper Block
pinterest.com

Paper Block

Patron Carton
pinterest.com

Patron Carton

  • Gunting dan Lem Fox-Uhu,
  • Double tape, Tape
  • Pensil warna, Spidol atau Crayon
  • Sampul plastic (Dove-Emboss atau Mika)

 

Tape unik

  • Selotip motif, Pita, pernak-pernik.

 

Langkah-langkah Membuat Scrapbook

Langkah membuat scrapbook

Apabila semua bahannya telah tekumpul, kamu juga harus menyiapkan materi apa yang akan kamu jadikan isi dari scrapbook tersebut.

Misalnya  seperti foto, pin, kartu pos, tiket, dan lain sebagainya.

Supaya scrapbook dapat ditutup dengan semepurna, ada baiknya kamu pastikan dulu nih, agar semua materi yang akan kamu jadikan isi dari scrapbook tadi, setidaknya sudah berbentuk pipih.

Sebelum memulainya ada baiknya kamu menyimak video yang satu ini. 🙂

Setelah kamu siap, yuk langsung ikuti langkah-langkah berikut ini :

 

#1 – Menentukan Tema Untuk Scrapbook Kamu

Menentukan Tema scrapbook
dapfniedesign.wordpress.com

Sebelum menyusun materi untuk scrapbook kamu, langkah awal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menentukan tema scrapbook apa yang ingin kamu buat.

Dengan memilih tema yang tepat, kamu akan lebih mudah dalam menyusun materi seperti foto, layout, dan hiasan menjadi lebih mudah.

Misalnya, kamu ingin membuat scrapbook ulang tahun untuk sahabat kamu, kamu bisa menunjukan kepemilikan buku yang disertai foto-fotonya pada halaman pertama.

Tema Untuk Scrapbook
instagram.com

Kemudian kata-kata pengantar untuk ulang tahunnya, yang dilanjutkan dengan menyusun kartu ulang tahunnya pada halaman berikutnya.

Pasti orang yang akan kamu kasih scrapbook ini akan tambah senang kalau kamu memasukan foto-foto hal favorit sampai kegemarannya.

Jika kamu ingin membuat scrapbook untuk pribadi, kamu bisa bebas memilih tema apa aja nih, dengan sesuka hati kamu merangkum kenangan apa saja ke dalamnya.

Dengan tema yang bebas, kamu bisa mengambil beberapa halaman yang relevan, apabila kamu ingin membuat scrapbook dengan tema khusus di lain waktu.

 

#2 – Mengatur Alur Cerita Scrapbook

Cara mengatur alur cerita scrapbook
ikea.com

Setelah kamu menemukan tema apa yang akan kamu buat, kamu harus menentukan alur cerita dalam scrapbook tersebut. Walaupun sebenernya scrapbook dapat dibuat tanpa alur.

Namun, scrapbook yang memiliki alur cerita yang baik, akan membuat pembacanya lebih terbawa dalam suasana, dan lebih merasakan kehidupan dalam setiap kenangan yang ada di dalamnya.

 

#3 – Membuat Layout dan Hiasan Dasar

Desain layout scrapbook
3birdsdesign.com

Langkah awalnya ialah menyiapkan kertas khusus scrapbook-nya, kemudian kamu bisa memulai membuat hiasan dasar pada kertas bahan yang ingin digunakan tadi.

Hiasan dasar yang bisa kamu buat ialah ornamen, background, ataupun arsiran dan lain sebagainya.

Menentukan layout dasar scrapbook
Decorative template frame design for scrapbook concept.

Supaya terlihat lebih kreatif, kamu bisa menghias setiap halamannya berbeda dari setiap halaman yang lain. Tak masalah juga, apabila kamu ingin membuat halamannya memiliki hiasan yang sama.

Kamu bisa menentukan tata letak materi dalam scrapbook-mu. Meletakan  foto, judul, komentar, dan yang lainnya dengan bervariasi supaya terlihat lebih menarik.

 

#5 – Mendesain Foto dan Memasukannya Ke Dalam Scrapbook

Desain foto scrapbook
quirkyheart.com

Ketika kamu telah selesai menghias halaman scrapbook, kini saatnya menenmpelkan foto dan kenangan lainnya ke dalam scrapbook.

Kamu bisa membuat bentuk fotonya bervariasi sesuai dengan keinginanmu.

Desain-Foto-scrapbook
shimelle.com

Selain langsung menempelkan ke halaman scrapbook, kamu juga dapat menhiasnya dengan kertas origami sebagai background dasar dari halaman tersebut.

Supaya terlihat lebih rapih, kamu bisa membuat mini album sebagai pasangan scrapbook-mu, simak video berikut untuk cara membuatnya..

 

#6 – Memberikan Judul Pada Halaman Scrapbook

Judul scrapbook
maggieholmes.typepad.com

Untuk memberikan judul, kamu bisa menuliskannya secara langsung menggunakan peralatan yang telah disediakan tadi, entah itu dengan crayon, spidol ataupun pensil warna.

Supaya terlihat lebih bervariasi, kamu bisa membuat judulnya menjadi 3D menggunakan potongan kertas dan sterofoam.

Jika kamu ingin membuatnya dengan jenis tulisan yang berbeda, apabila kamu menyukai seni typography, kamu bisa membuatnya sendiri sesuai dengan imaginasi pikiranmu, atau kamu bisa membuatnya menggunakan komputer kemudian mencetak font tersebut.

Sedikit tutorial untuk cara mendesain cover scrapbook..

 

#7 – Menambahkan Komentar

Komentar scrapbook
meandmybigideas.com

Nah, ini merupakan salah satu aspek terpenting nih. Kamu harus menambahkan komentar pada halaman scrapbook tersebut, dalam bentuk cerita, deskripsi foto, sampai opini kamu. Dengan menambahkan aspek ini, scrapbook-mu akan terlihat semakin hidup dan menarik untuk dilihat.

Pada kolom komentar ini, kamu bisa menuliskan beraneka macam jenis komen, mulai dari nama, sudut pandang kamu, quote, lirik lagu dan lainnya.

 

#8 – Memberi Hiasan Pada Scrapbook-mu

Hiasan scrapbook
maggieholmes.typepad.com

Jika kamu sudah selesai dengan foto dan item lainnya, saatnya kamu menghiasnya dengan aksesoris yang telah disiapkan. seperti pin, selotp warna-warni, kancing, dan pernak-pernik lainnya.

Aksesoris tersebut ditambahkan hanya untuk menambah menarik tampilan scrapbook kamu, tapi jangan sampai makna kenangan dari halaman scrapbook kamu jadi berkurang yah.

Setelah kamu selesai dengan langkah-langkah yang telah disebutkan diatas tadi, saatnya bagi kamu memasukannya kedalam album scrapbok yang telah dibuat.

Mungkin itulah beberapa langkah untuk membuat scrapbook, mungkin awalnya terlihat sederhana namun output yang dihasilkan tetap terlihat menarik.

Selain mengasah kemampuan kreativitas kamu, scrapbook juga dapat menyimpan banyak kenangan indah dalam hidup kamu.

Apakah kamu hobi menggambar? Mungkin seni menggambar doodle ini akan membuat kamu lebih menyukai seni..Good Luck 😀

1 COMMENT

LEAVE A REPLY