deviantart.com

Diantara kalian ada yang tahu mind map gak? Pastinya sudah ada yang tau lah ya, buat yang sudah tau boleh langsung skip aja. Nah, buat yang belum tau, langsung simak penjelasan berikut ini yuk. Here we go..

Istilah mind mapping atau lebih dikenal dengan pemetaan pikiran telah berhasil mendapatkan popularitas dalam segi konsep, metode mengorganisasikan pikiran, dan pengertian akan suatu ide.

Sementara, pemetaan pikiran ini bukanlah suatu proses baru yang penting, walaupun tidak seperti metode lain yang banyak digunakan dalam struktur organisasi, seperti alur garis ataupun diagram yang baku.

Ketika cara mereka menuntut untuk cendrung linear, mind map lebih didasarkan pada pengelompokan ide-ide disekitar tema utama yang sedang dibahas, serta memungkinkan dapat dibagi atau diatur lebih mudah sesuai dengan kebutuhan.

 

Apa Itu Mind Mapping?

Mind Mapping
dumetschool.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mind map adalah pemetaan pikiran yang pada dasarnya menggunakan diagram-diagram yang dapat membantu memvisualisasikan informasi yang terstruktur.

Pada umumnya, kamu bisa memulai membuat mind map dari bagian paling pokok ide, tema, ataupun suatu gagasan pada bagian tengah peta tersebut.

Bagian selanjutnya ialah membagi bagian pokok ide tadi menjadi detail-detail yang lebih spesifik, dan membuatnya seperti ranting pohon yang terus tumbuh mengelilingi ide pokok tersebut.

Bukannya membuat seperti rangkuman pelajaran yang hanya naik turun. Cara pembuatan mind map sendiri didukung dengan adanya aneka ragam warna, doodle, dan variasi ukuran tulisan dari teks yang berguna untuk mengatur informasi yang diperoleh.

Warna dapat membantu untuk mengelompokkan ide-ide pokok menjadi seragam. Serta, menggunakan ukuran yang berbeda supaya bisa membantu membedakan sub ide dan informasi yang lebih detail, dan yang paling penting ialah bagaimana cara membedakan bagian-bagian peta itu sendiri.

 

Kenapa Harus Menggunakan Mind Map Dibanding Dengan Metode Lain?

Mind Map - Time Managing
exitoinfinito.com

Kebanyakan orang menemukan kesulitan ketika ingin mulai menggunakan mind map? Simpel, karena kebanyakan dari mereka tidak terbiasa untuk menggunakan konsep mind map yang telah ada. Tapi, kemungkinan hasil akhir yang didapatkan akan sebanding dengan apa yang telah mereka pelajari.

Sebuah studi pada tahun 2002 telah menemukan bahwa murid yang menggunakan konsep mind mapping untuk membantunya belajar, dapat meningkatan hingga 10 persen kemampuan untuk menyerap informasi yang disampaikan.

Hal ini juga menjadi spekulasi bahwa, jika seorang murid lebih terbiasa dengan proses tersebut, maka mereka akan lebih termotivasi untuk menggunakannya dan memungkinkan peningkatan kemampuan sampai 15 persen.

Faktanya, informasi yang terorganisasi secara visual akan membantu pikiran kita untuk mempermudah mengatur jalannya informasi yang ada. Tidak hanya mengkopi informasi yang disampaikan, tetapi juga meningkatkan kemampuan berfikir tentang makna dan letak yang tepat dalam map tersebut.

Hal tersebut juga sangat penting untuk menyadarkan kamu bahwa bukan peta pikiran itu yang membantu kamu belajar, tapi bagaimana cara penempatan petanya lah yang membantu kamu untuk menjadi lebih baik.

Belajar menggunakan mind map yang telah dibuat sama saja dengan mencatat dengan konsep biasa, yang terpenting ialah proses penempatan yang tepat dalam pembuatan mind map, dan mengatur ide-ide yang ada supaya bisa lebih mudah untuk dipahami.

 

Mulai Dari Mana Ketika Ingin Membuat Mind Map?

Mind Map- Creative Intelligence
litemind.com

Jawaban sederhananya adalah memulai di bagian tengah pada kertas kosong. Mulailah dengan satu keyword, ide, ataupun subjek yang ingin kamu pahami. Kemudian mulai menumbuhkan cabang-cabang atau sub ide dari ide pokok awal tersebut.

Alur bagannya seperti pohon yang sesungguhnya, ranting yang terdekat dengan ide pokok ialah gagasan yang mendukung topik utama. semakin spesifik ide yang kamu bahas, buatlah rantingnya semakin mengecil.

Menggunakan warna yang berbeda untuk setiap gagasan pokok dapat membantu kamu untuk bisa menempatkan ide baru ataupun gamabar kedalam mind map kamu.

 

Langkah Sederhana Untuk Membuat Mind Map

cara membuat mind map
talkbusinessmagazine.co.uk

#1 – Tentukan gagasan pokok dan menuliskannya dibagian tengah mind map yang akan kamu buat

#2 – Tambahkan alur bagan atau ranting-ranting dari gagasan pokok

#3 – Menambahkan keyword turunan kedalam alur bagan

#4 – Memberikan kode kedalam alur bagan dan sub gagasan menggunakan warna

#5 – Menambahkan gambar ke dalam mind map kamu untuk memperkuat gagasan yang telah dibuat

Ketika kamu telah selesai membuatnya, dapat dipastikan kamu akan mendapatkan pemahaman total tentang ide pokok tersebut, dan semua hal yang berhubungan denagan sub ide dan interaksi yang terkait dengan ide pokok.

Jangan khawatir hanya karena kamu tidak cukup bagus dalam dunia seni, semua ini bukan hanya sebagus hasil yang terlihat. Namun, bagaimana menggunakan pemikiran kamu untuk memetakan ide-ide yang telah didapat.

Tidak harus ada orang yang melihat hasil karya mind map kamu, selama itu bisa membantu kamu untuk mempermudah dalam memahami informasi yang kamu dapat, peta itu sudah menjadi suatu mahakarya yang luar biasa. Good Luck 🙂

LEAVE A REPLY