Untuk kamu yang suka dunia seni menggambar dan melukis, yang selalu hilang kesadaran ketika masuk dalam dunia seni ini.

Bagi kamu yang masih merasa sulit untuk berimajinasi, dan masih kurangnya jam terbang serta pengalaman untuk seni menggambar SketchingPainting maupun 3D art, kamu bisa mencoba yang satu ini nih, yaitu Doodle art.

Ibaratnya, kalau dibilang 3D art itu buat orang-orang yang sudah ahli dalam bidang seni menggambar.

Nah, kalau Doodle art itu, buat kamu-kamu yang sekirannya baru mendalami dunia menggambar, dan masih butuh latihan untuk menguasai imajinasi kamu.

Sponsored – Gambar Gerak

Salah satu cara, supaya kamu bisa melatih kemampuan imajinasi kamu, adalah dengan meniru objek suatu benda, photo, ataupun gambar animasi dan portofolio kreatif yang telah ada.

Untuk masalah bagus atau tidaknya, itu masalah nanti saja, seiring berjalannya waktu dan jam terbang yang cukup, kemampuan kamu akan terlatih pada setiap gambar yang kamu buat kok.

Secara tidak langsung, otak kamu dilatih kemampuan imajinasinya, dengan meniru gambar-gambar tersebut. dan mengkreasikan nya untuk menciptakan suatu kreatifitas yang baru.

 

Apa itu Doodle Art?

Wild doodle design
Wild doodle design. (Image credit : kare.biz-pinterest.com)

Doodle sendiri, berasal dari bahasa inggris, yang jika di artikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia berarti “mencoret” dan  Doodled yang berarti mencorat-coret.

Siapa yang tidak bisa mencoret? Mencoret merupakan hal paling mudah, yang dilakukan dalam dunia seni menggambar ataupun menulis.

Dengan suatu media sederhana, seperti kertas, pencil, dan pulpen, kita bisa menciptakan suatu coretan-coretan kreatif, yang bisa terbentuk menjadi suatu karya yang menarik.

Kegiatan mencorat-coret seperti ini juga biasa disebut dengan “Doodling”.

Jika sketching ialah menggambar ekspresif, dengan memindahkan objek kedalam bentuk gambar, yang dibuat dengan menggunakan garis-garis sederhana.

Nah, kalau doodling sendiri adalah suatu cara menggambar dengan cara mencoret bebas, entah itu berupa nama, pola, wajah, ataupun animasi.  Doodle art sendiri terlihat abstrak.

Sehingga tidak ada batasan, bagi pembuatnya untuk menuangkan imajinasi kreatif ke dalamnya.

Diantara jenisnya ada yang memiliki makna, ada pula yang hanya berupa corat-coretan.

Terkadang, suatu karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar, namun tetap terlihat unik dan menarik.

Karya doodle merupakan suatu karya yang bisa dibuat secara sadar, ataupun tidak sadar.

doodle 2016
deviantart.com

Biasanya, kamu akan membuat doodle art ketika konsentrasimu teralihkan, ataupun ketika kamu merasa bosan dan sedang tidak ada yang dikerjakan.

Karena bentuknya yang abstrak, menarik, dan tidak sulit dalam proses pembuatannya. Doodle art menjadi salah satu karya yang populer dikalangan anak muda, dan setiap harinya pun semakin bertambah peminatnya.

Hingga saat ini, tidak sedikit juga, yang melakukan doodling hanya pada media kertas saja.

Tetapi mereka juga mecoba sesuatu baru yang kreatif, dengan mencoret-coret pada media polos seperti sepatu, kaos, sampai case handphone, Supaya terlihat lebih artistik dan menarik.

Dengan karakteristiknya yang abstrak, gaya doodle art sendiri, banyak dipakai sebagai salah satu elemen dalam dunia design, baik itu grafis hingga komunikasi visual.

Hampir setiap karya doodle, tidak hanya sekedar sebuah coretan-coretan, tapi karya tersebut memiliki suatu kedalaman makna dan gayanya masing-masing.

Karena doodle art, merupakan cerminan hati, ataupun lukisan perasaan si pembuatnya.

Apabila doodle art dibuat dengan sepenuh hati, maka hasil karya yang dihasilkan akan menjadi lebih indah dan menarik.

 

Perlengkapan yang Dibutuhkan Dalam Membuat Doodle Art

Peralatan seni
Painting tools. (instagram.com)

Pada dasarnya, untuk menggambar doodle kamu hanya membutuhkan secarik kertas dan sebuah alat tulis.

Tapi jika kamu benar-benar ingin menekuni bidang seni menggambar, setidaknya, kamu harus memiliki perlengkapan untuk membuat Doodle Art ini.

Nah, sebelum kamu masuk ke dunia menggambar doodle, minimal kamu harus tau nih, beberapa teknik dasar dari seni mencorat-coret ini.

Apalagi jika kamu ingin menjadi seorang master doodler. berikut beberapa perlengkapan menggambar yang recomended kualitasnya dan cukup murah :

  • Skecth Book
  • Pensil standar (2b- Fab-Cast) dan Pensil mekanik (0.5)
  • Spidol warna-warni
  • pensil warna (Faber-castle)
  • Drawing Pen 0.1-0.8 (Arline-Drawing system atau Snowman-Drawing pen)
  • Cotton Bud

Kok banyak banget drawing pen-nya? trus itu cotton bud-nya untuk apa?

karena tingkat ketebalan setiap drawing pen berbeda, maka fungsinya pun berbeda juga. ada yang untuk garis dasar, bayangan, ataupun arsiran.

Akan lebih bagus jika kamu memiliki semuanya. jika tidak, minimal kamu punya drawing pen (0.1-0.3). Kalau untuk cotton bud-nya, berguna untuk meratakan warna pada media yang diwarnai.

Setelah semua tersedia, pertama kita akan membuat doodle dengan tema apa saja. berdasarkan imajinasi, dan kreatifitas masing-masing.

kini saatnya kamu memulai membuat doodle, dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

 

Explore your Imagination, and Find your Own Inspiration

kreatif
Act Creative-Think Creative-Be Creative. (pixabay.com)

Menemukan inspirasi merupakan salah satu bagian tersulit pada suatu pembuatan sebuah karya seni, terlebih jika kamu seorang pemula. Tapi, hal ini tidak berlaku pada pembuatan doodle art.

Karena karakternya yang berbentuk abstrak, kamu bisa dengan mudah menemukan inspirasi-inspirasi kreatif melalui lingkungan sekitarmu, hingga hal-hal kecil yang ada dalam pikiranmu.

“You can find inspiration in everything – And if you can’t, look again”.

(Paul Smith)

 

Berkreasi Tanpa Batas

Abstract-Art-Pictures
Abstract-Art-Pictures.

Dalam tahap pembuatan doodle art, kamu bisa mengkombinasikan beberapa objek, dan menuangkannya ke dalam satu karya doodle kamu.

Contohnya, karikatur, bentuk dasar, animasi, musik, bahkan seseorang. Seringkali, inspirasi itu sendiri, datang tanpa disadari, dan muncul secara tiba-tiba.

Berdasarkan pengalaman yah, hasil karya doodle yang terbentuk, akan sesuai berdasarkan pada selera favorit mu akan suatu hal, hobi sampai selera seni kamu.

Lihat cara membuatnya pada video berikut ini –

 

Menggambar Doodle Dengan Tema Khusus

Doodle-Keren
Doodle art- Mix max

Setelah selesai berkreasi, menuangkan segala imajinasi dan kreatifitas kamu ke dalm sebuah karya abstrak doodle.

Untuk memberikan kesan menarik pada karya seni doodle kamu, Ada beberapa doodle art yang menggunakan tema juga nih. Here we go..

 

#1 – Doodle Art – Tema Wajah

“This is your world, and you’re the artist”

Doodle pelangi
Doodle pink. (Image credit : kikyat-instagram.com)

Menggambar doodle dengan tema wajah, merupakan tema doodle yang paling popular, terutama dikalangan anak muda.

Karena bentuk nya yang lucu dan terlihat chubby, membuat seni doodle lebih terlihat semakin menarik.

Doodle orang
if your dream is easy, that means your dream don’t big enough. (instagram.com)

Kamu bisa menggambar wajahmu sendiri, karikatur, animasi, emoticon, ataupun karakter cartoon favorite kamu.

 

#2 – Doodle Art – Tema Nama

Doodle art nama
Doodle in my hand. (image credit : dropplace-pinterest.com)

Setelah doodle dengan tema wajah dengan nominasi pertama dalam tingkat populernya. * ciaah Berikutnya, doodle dengan tema inilah, yang mendominasi para Doodler untuk dikreasikan.

Doodle kreatif
illustration inspiration. (Image credit : From up north-pinterest.com)

Untuk kamu yang masih baru mendalami dunia seni mencoret ini, doodle art dengan tema nama, bisa menjadi refrensi kamu nih.

Selain lebih mudah dalam proses pembuatannya dibandingkan dengan doodle wajah, kamu bisa menuliskan nama kamu sendiri ke dalam karyamu, dan mengkombinasikannya menggunakan  font, size, spelling, hingga desainnya sesuka hatimu.

 

#3 – Doodle Art – Tema Hewan

Doodle mind
Doodle will blow your mind. (Image credit : viralnova.com)

Inspirasi yang paling mudah kamu temukan dalam lingkungan sekitar kamu adalah Tema hewan ini. Begitu banyak objek hewan yang bisa kamu temukan, dan mengkreasikannya kedalam doodle art kamu.

Doodle Invasion
Doodle Invasion. (Image credit : behance-pinterest.com)

Tapi dalam proses pembuatannya, tidak semudah ketika kamu mendapatkan ide-ide kreatif nya, dibandingkan dengan tema lainnya.

Karena kamu dituntut untuk meniru sebagian bentuk hewan yang kamu jadikan ide kreatif, Dan menyatukannya dengan seni doodle lain.

Tapi kamu jangan menyerah untuk mencoba dengan tema doodle ini. Karena hasil yang kamu dapatkan, akan sebanding dengan tingkat kesulitan yang kamu dapatkan.

 

#4 – Doodle Art – Tema Suara

Doodle blue
Doodle blue. (Melsa-Art)

“Smart without Art is nothing”

Beradasarkan quote diatas, tanpa adanya seni kepintaran bukanlah apa-apa.

Seni juga tidak hanya bisa dinikmati melalui pengelihatan saja. Bahkan, suara yang kita dengar pun bisa menjadi inspirasi lain, dalam menuangkan suatu karya seni.

Itulah mengapa, seni dalam wujud yang melalui media gambar atau tulisan, lebih bisa dinikmati, dari pada dalam wujud suara. Begitu pula dengan Doodle art.

Doodle Imagination
Doodle Imagination. (instagram.com)

Didalam tema suara ini, kamu bisa menemukan inspirasi dalam suara. Misalnya dalam sebuah lagu, di keramaian, maupun dibawah rintikan hujan. *asiik

Tipsnya, kamu bisa menggambarkan suatu karakter  dalam bentuk doodle art, berdasarkan tema suara yang kamu dengar.

 

#5 – Doodle Art – 3D

doodle 3d
Doodle 3D – (ceros.com)

Sebagaimana seni menggambar doodle yang lainnya. Tema yang satu ini pastinya akan lebih bagus jikalau kamu bisa membuatnya.

Untuk cara membuatnya kamu dapat mencari inspirasi dari berbagai lingkungan sekitarmu, karena banyak pula image disekitar kita yang memiliki bentuk 3D pula.

Doodle-3D
Doodle 3D – Adidas (Image source: weandthecolor.com)

Akan tetapi untuk membuatnya, kamu membutuhkan latihan dan jam terbang yang cukup untuk dapat menciptakan hasil karya yang luar biasa.

 

Menurut Fakta Psikologi:

Para peneliti berpendapat bahwa, “Orang dengan IQ tinggi, suka melakukan Doodling, atau membuat gambar acak-acakan yang sangat rumit ”

Doodle art bisa dikreasikan dari segala hal. Melalui apa yang anda lihat, dengar, dan rasakan bisa menjadi suatu inspirasi menarik untuk dituangkan kedalam seni mencorat-coret ini.

Dengan latihan dan konsistensi, tidak mustahil bagimu untuk menjadi seorang master doodler. Kamu akan bisa menciptakan tema doodle kamu sendiri, melalui imajinasi kamu dan menyatukan nya kedalam suatu karya doodle.

 

Karya Doodling Kim Jung Gi

 

Galeri Gambar Doodle Art Terbaik

16-600x454

 

Black n White

2f108d4f356fa661df9c7ee89d6a0476

3a1a1814c2d51f3291db696ee65e76b7

4865faa98c2307aabd86afcdc2a3a683

17607b75162fd03dbef75eef25a6b153

Doodle inspiratif

Doodle

ae32ac2bc9b47c13b110665be13e6934

Doodle hewan

doodle happy birthday

d2287e365d176d9d903af4f8fd45becb

doodle kingdom

Doodle orang

Doodle with Color

Doodle pelangi

 

78b51acc1d52a32a86d6d9d216c8f266 6896dc503f88ee1a1347cdddc169ed13 0177522db69ef762d0b0167cab132705

doodle rumit

69700386bc611630130e762d845731cd d297b564d1b72b6b04511aa6c16d37ca d4618d784d8fce2b2c204555d045e047 tumblr_nrwdwokrUj1rnb1kto1_1280

doodle warna

d_is_for_doodle_by_ultimat3shi3ld-d3rgl6j

doodle art cool

Dengan beberapa contoh doodle diatas, semoga bisa mempermudah kamu untuk mempelajarinya yah. Good Luck 🙂

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY