Cara Mudah Membuat Cuka Apel Sendiri di Rumah

Siapa yang tidak tahu dengan buah apel? Buah yang satu ini tentu sudah sangat akrab sekali bukan dengan keseharian kita?

Selain memiliki berbagai khasiat baik yang bermanfaat, rasa dari buah apel pun juga enak untuk dinikmati, sehingga tidak sedikit masyarakat kita yang menyukai buah yang satu ini.

Nah di Indonesia sendiri, daerah penghasil buiah apel yang terkenal ialah di kota Malang.

Selain itu, rasa dari buah apel Malang, memiliki keunikan yang berbeda dari apel lainnya, yakni karena teksurnya renyah, serta rasa manis yang agak keasaman, sehingga buat siapapun yang mencobanya, pasti akan jatuh cinta dengan keunikan rasanya.

Pada umumnya, buah yang satu ini seringkali hanya digunakan oleh masyarakat sebagai buah segar yang langsung dikonsumsi, atau biasanya juga dibuat menjadi campuran dari es buah.

Manfaat buah apel

Tapi tahukah kamu kalau ternyata buah satu ini juga bisa diolah menjadi unsur lain yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan?

Nah, salah satunya adalah cuka apel.

Cuka apel adalah sebuah hasil dari olahan buah apel menggunakan metode alternatif supaya proses pengolahannya menjadi  lebih praktis, lebih tepatnya hasil fermentasi dari buah apel.

Kalau dilihat secara detail, setiap buah apel mengandung unsur gula lebih dari 9%, dan dapat dikonversikan menjadi cuka apel yang di dalamnya terkandung lebih dari 4 gram asam cuka per 100 ml larutannya.

Karena sebab itulah kenapa manfaat cuka apel bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa asam alami pada masakan.

Disamping itu, cuka apel juga sering loh digunakan sebagai bahan untuk mengawetkan makanan, misalnya untuk mengawaetkan sayur-sayuran, bumbu, dan daging.

Apabila dilihat dari kacamata kesehatan, Apple cider vinegar, atau yang lebih dikenal juga dengan cuka apel,  sudah dikenal sejak lama di masayarakat sebagai alternatif yang alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Misalnya sebagai bahan yang dapat membantu kamu untuk menurunan berat badan, meredakan dampak penyakit arthritis, menurunkan kadar kolesterol jahat, memutihkan gigi secara alami, mencegah terjadinya proses penuaan pada kulit, dan berbagai khasiat alami lainnya.

Terlebih, dampak yang bisa dihasilkan dari cuka apel untuk kesehatan juga sangat banyak sekali manfaatnya, sehingga tidak jarang juga cuka apel, dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kalau kamu ingin mencoba manfata dari cuka apel, kamu bisa dengan mudah kok membelinya di apotik ataupu toko-toko terdekat di lingkunganmu.

Tetapi kalaupun kamu memiliki waktu luang dan ingin membuatnya sendiri, cara membuatnya cukup mudah kok.

Yang harus kamu lakukan hanya perlu membaca pada tutorial berikut, dan mempraktikkan langkah-langkah pembuatannya, yuk langsung disimak saja ulasannya.

 

Cara Membuat Cuka Apel Sendiri

#1 – Mempersiapkan Bahan-bahan Pokoknya

Cara membuat cuka apel sendiri

500px.com

Bisa dipastikan, bahan utamanya adalah buah apel, jadi kamu bisa menyiapkan buah apel yang akan dijadikan cuka apel nantinya.

Kalau bisa, pastikan juga buah apel dalam keadaan segar, sehingga kualitas dari cuka apel yang akan dihasilkan, juga akan bagus seperti buahnya.

Langkah selanjutnya adalah mencuci buahnya sampai bersih, kalau bisa usahakan juga sudah tidak ada kandungan pestisida pada buahnya.

Setelah bersih, lalu potong-potong buahnya secara tipis-tipis, tanpa mengupas kulit luarnya.

Nah, biji yang ada di dalamnya, kamu biasa membeiarkannya, tak masalah kok berapa banyak apelnya, tinggal disesuaikan saja dengan keinginan, dan ketersediaan bahan yang ada.

Kalau kamu ingin tidak terlalu repot dan ingin cepat jadi, kamu bisa menggunakan belnder juga untuk mengolahnya.

 

#2 – Melakukan Perendaman Pada Buahnya

merendam apel

remediesforme.com

Setelah apel sudah selesai dipotong, selanjutnya kumpulkan apel tersebut pada satu wadah.

Usahakan untuk mencari wadah yang cukup, jangan wadah yang terlalu kecil. Lalu rendam apelnya dengan air sampai ketinggian dari permukaan air sedikit berada di atasnya.

Kamu bisa memastikan semua apel yang sudah dipotong tadi terendam di bawah air. Kemudian tambahkan juga ¼ gelas gula pasir kedalamnya.

Setelah itu, aduk hingga rata semua potongan apelnya. Lalu biarkan terendam lagi apelnya sama seperti sebelumnya.

 

#3 – Diamkan Apel Selama Beberapa Saat

cara memfermentasikan apel menjadi cuka apel

500px.com

Setelah langkah tersebut kamu lakukan, kamu bisa membiarkan wadah tersebut selama beberapa saat, lebih tepatnya selam satu pekan ataupun lebih.

Kalau sudah, biasanya warna air cuka apel akan muncul setelah satu pekan, yakni berwarna agak kecoklatan.

Nah, apabila di dalam rendaman cuka apel milikmu terdapat jamur, maka tidak perlu panik, itu normal kok.

Kamu cukup membuang jamurnya sampai habis menggunakan sendok, spatula, ataupun peralatan lain yang bisa digunakan.

Usahakan untuk membuangnya sampai benar-benar bersih, dan tidak ada satupun jamur yang tertinggal di sana.

 

#4 – Proses Tahap Dua Pada Fermentasi Cuka Apel

fermentasi cuka apel

wikihow.com

Setelah jamur pada cuka apel sudah selesai dibersihkan, maka langkah selanjutnya kamu bisa menyiapkan sebuah toples yang memiliki penutup.

Lalu, masukkan seluruh cairan cuka apel tadi ke dalam toples yang sudah dipersiapkan.

Kalau kamu masih ragu karena ada jamur yang masuk, kamu bisa menggunakan saringan, ataupun kain untuk membuang jamurnya.

Kemudian, pastikan seluruh cairan cuka apel tadi masuk ke dalam toples yang sudah disiapkan, lalu tutup toples dan diamkan selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk apa? Tujuannya adalah supaya cuka apel semakin matang dalam proses fermentasi tahap ke-2.

 

#5 – Proses Penyimpanan Cuka Apel

cuka apel

piebox.com

Nah, untuk proses penyimpanannya, kamu bisa menyimpan toples tadi pada ruang yang memiliki suhu yang teduh, kalau bingung, kurang lebih suhu seperti suhu kamar.

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah, menempatkannya jauh dari sinar matahari secara langsung, begitupula dengan air hujan.

Satu lagi, pastikan juga untuk meletakkannya di tempat yang aman dari jangkauan hewan, khususnya semut.

Kalau sekiranya memungkinkan, sebaiknya letakkanlah di rak penyimpanan bahan makanan saja, dan tak perlu disimpan di dalam ruangan pendingin.

Kenapa? Karena cuka apel tidak akan basi ataupun membusuk, jadi kamu tak usah mengkhawatirkan hal-hal seperti itu.

 

#6 – Cara Memanfaatkan Cuka Apel Untuk Kesehatan

manfaat cuka apel untk kesehatan

500px.com

Cuka apel yang sudah difermentasi, memangn memiliki manfaat yang sangat beragam apabila dikonsumsi untuk kesehatan.

Salah satu manfaat yang paling sering digunakan dari cuka apel adalah sebagai obat dari rematik dan sendi-sendi.

Selain itu, kandungan kalium yang terdapat di dalamnya sangat tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan harian kalium tubuh kita.

Terlebih, cuka apel memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kaum lansia yang memiliki permasalahan tulang dan sendi.

Tak hanya itu, manfaat cuka apel juga dapat mengontrol tingkat gula darah yang menjadi penyebab diabetes militus pada seseorang loh.

Kalau dalam dunia kecantikan, cuka apel juga bisa membuat kulit seseorang menjadi lebih segar dan kencang.

Kalau kamu masih agak bingung bagaimana proses membuat cuka apel, kamu bisa menyimak sejanak video bagaimana cara membuat cuka apel dibawah ini.

Banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan dari cuka apel? Tertarik untuk mencoba khasiatnya? Selamat mencoba.

Leave a Reply