cara convert pdf to word online

Pada zaman yang hampir seluruhnya sudah serba modern ini, kita para masyarakatnya dituntut untuk terus mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Mulai dari kemudahan dalam berkomunikasi, sampai pekerjaan-pekerjaan kecil yang semua sistemnya yang sudah terstruktur secara sistematis.

Karena itulah saat ini banyak sekali sarana yang bisa digunakan untuk mempermudah semua aktifitas kita, contoh yang paling mudah salah satunya adalah e-book, yang tersimpan dalam file PDF.

Format file PDF memang sangat digemari.

Selain karena memiliki ukuran yang ringan, file yang satu ini juga memiliki berbagai fitur di dalamnya.

Misalnya, bisa dilindungi menggunakan password untuk file-file yang sifatnya privacy, ataupun bisa juga dikunci supaya tidak bisa di-copy paste dengan mudah.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh file format PDF adalah dokumen formatnya yang tidak mudah berubah, baik itu dari susunannya, maupun bentuknya.

Terlebih, file ini juga tidak akan mengalami yang namanya missing font, seperti yang terjadi apabila dibuka menggunakan Microsoft Word.

Kalau dalam dunia percetakan atau grafika, file berformat PDF ini juga sangat digemari, karena dapat menyimpan data warna pada file dengan sangat baik, sehingga ngga ada tuh yang namanya salah cetak.

Apalagi susunan filenya yang kecil dan juga tidak akan berubah, serta dapat dikirim dengan cepat melalui e-mail.

Tapi, gimana dong kalau ada kata-kata yang salah & sebagainya, dan mengharuskan kita untuk mengedit file PDF ini? Caranya mudah, diubah saja formatnya menjadi file Word.

Nah, berikut ini Newbiee sudah ngerangkum beberapa cara convert PDF ke Word dengan mudah, cepat, dan pastinya gratis.

Sebenernya ada banyak caranya, mulai dari lewat website secara online, menggunakan software komputer, sampai cara yang paling mudah yaitu menggunakan Microsoft Word itu sendiri. Let’s scroll!

 

Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Mudah dan Cepat

#1 – Cara Merubah File PDF ke Format Word Lewat Website

convert pdf ke word online

Salah satu cara yang paling mudah untuk merubah pdf ke word adalah menggunakan fitur yang telah disediakan oleh website PDF Online.

Website-website ini menyediakan fitur untuk meng-convert file PDF ke Word secara cepat, mudah dan aman tentunya.

 

Info dan Tips Sebelum Mengubah File PDF ke Microsoft Word

cara merubah word ke pdf

Oh iya, sebelum kamu mengubah file PDF ke Word menggunakan bantuan website secara online, kita mau kasih beberapa tips dulu supaya ngga ada kendala kedepannya nih.

Pertama-tama, ada beberapa hal cukup penting yang perlu diketahui sebelum kamu memutuskan untuk mengconvert file format PDF ke Word secara online maupun offline, ataupun dengan software.

#1 – Terkadang, hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapannya, atau alias agak sedikit berbeda dengan file aslinya.

Karena pada dasarnya, file PDF dan Word memang berbeda, terlebih jika pada file yang akan di-convert terdapat banyak jenis font yang berbeda, tabel, ataupun header dan footer pada file sebelumnya.

#2 – Menentukan uotput yang dibutuhkan atau diinginkan, apakah itu DOC (format file Micrososft Word 97 – 2003), ataupun file format .docx yang merupakan format Microsoft Word 2007 sampai yang terbarunya.

#3 – Pastikan terlebih dahulu, apakah dokumen yang akan di-convert bersifat penting/rahasia atau tidak?

Kalau sifatnya cukup rahasia, sebaiknya lakukan convert-nya secara offline saja menggunakan bantuan software convert PDF.

#4 – Terakhir, pastikan apakah koneksi internet kamu stabil atau tidak? Jikalau kurang stabil, ada baiknya hindari untuk mengkonversi file PDF secara online dengan ukuran yang terlalu besar.

Selain karena akan membuthkan waktu yang sangat lama saat proses upload berlangsung, tidak jarang juga ditemukan malah gagal ketika prosesnya berjalan.

Udah ngerti kan? Langsung aja yuk simak ini dia langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka website Smallpdf menggunakan browser di PC atau laptop kamu. Untuk alamatnya https://smallpdf.com/
  • Setelah terbuka halamannya, klik tombol “choose file“.

cara memindahkan pdf ke word

  • Kemudian, pilih PDF yang ingin kamu convert ke word.

pdf to word online free

Atau, bisa juga kok langsung Drag n Drop.

mengubah pdf ke word online

  • Tunggu sebentar sampai proses upload file dan converting selesai. Kalau file PDF mu berisi banyak gambar ataupun tabel, pastinya proses ini akan memakan waktu agak sedikit lebih lama, jadi sabar aja ya. 😀

cara ubah pdf ke word

  • Setelah proses converting selesai, pastinya disana ada tuh file PDF kamu yang telah di-convert ke Word. Ada 3 pilihan, bisa langsung di download, di save ke Dropbox, atau bisa juga di save ke Google Drive. Nah, yang ini terserah kamu aja.

merubah pdf ke word online

Selesai deh.

Tapi ngga cuma itu aja loh, Smallpdf.com jua bisa tuh convert word ke pdf, mengubah pdf ke excel, pdf ke jpg, pdf ke ppt, dan yang lain sebagainya, pokoknya multifungsi banget deh.

word ke pdf

Kalau misalnya kamu emang lagi sering banget pakai, atau emang lagi ada banyak kerjaan untuk convert PDF ke Word, pastinya akan lebih praktis dan efektif kalau kamu melakukannya secara offline.

Kamu bisa gunain software untuk convert PDF ke Word. Sebenernya ada banyak softwarenya, tapi di-case kali ini Newbiee akan menggunakan Icecream PDF Converter.

 

#2 – Cara Convert PDF ke Word Menggunakan Software

  • Langkah Pertama adalah download softwarenya disini. Setelah selesai, kemudian install app-nya ke komputer kamu.
  • Kemudian, buka aplikasinya. Setelah terbuka, klik deh tombol “From PDF” untuk mengubah PDF ke Word.

cara merubah pdf ke word

  • Setelah itu, klik tanda (+) untu manambahkan file format PDF yang ingin kamu convert ke Word.

cara convert pdf ke word software

  • Cari dan pilih file PDF mana yang akan kamu ubah ke Word.

pdf ke word

Atau, supaya lebih mudah, langsung aja di Drag n Drop.

mengubah pdf ke word

  • Selanjutnya, ubah format filenya sesuai dengan yang kamu butuhkan. Software untuk merubah file PDF ini juga bisa mengubah file menjadi berbagai format loh. Nah, kalau kamu mau ubah ke Microsoft Word, berarti kamu pilih format file yang DOC (*.doc). Lalu klik “CONVERT”.

merubah pdf ke word

  • Tunggu sampai proses convert-nya selesai.

cara mengubah word ke pdf

  • Selesai deh. Nah, langsung aja di klik “OK”, atau klik “Open Folder” kalau kamu ingin langsung membuka folder tempat file yang telah berhasil di-convert sebelumnya.

cara merubah word ke pdf

Udah deh, gimana, gampang banget kan?

Oh iya, kalau misalnya kamu terlalu sibuk untuk buka laptop atau emang lagi belum sempat, kamu juga bisa kok meng-convert PDF ke Word langsung dari HP Android kamu, yuk simak caranya. 😀

 

#3 – Cara Mengubah File PDF ke Word Dengan Aplikasi Android

Nah, ini dia cara yang paling ditunggu-tunggu, cara paling mudah untuk mengubah PDF ke Word yang pastinya free. Yuk langsung aja cekidot..

  • Langkah pertama, download dulu aplikasi PDF Converter Pro disini, kemudian di install.
  • Setelah itu, buka aplikasinya si handphone Android kamu.
  • Kemudian, tap tombol (+) pada aplikasinya, dan pilih file PDF yang akan kamu ubah ke word, dan klik “DONE”.

ubah pdf ke word

  • Kalau sekiranya kamu ingin menambahkah file lain yang mau di-convert, kamu bisa tap di tombol “Select More Files”. Kalau tidak, langsung aja tap di bagian kanan file tersebut dan pilih format file apa yang kamu butuhkan, misalnya disini Microsoft Word (*.doc).

konversi pdf ke word

  • Tunggu sejenak sampai proses upload dan converting file selesai.

Kalau file PDF mu terdapat banyak gambar ataupun tabel, pastinya proses yang satu ini akan memakan waktu sedikit lebih lama, jadi sabar aja ya. 😀

  • Nah, kalau sudah selesai, langsung aja di tap “View All Files”.

cara merubah file pdf ke word

  • Selanjutnya, tinggal kamu pilih deh. Mau langsung dibuka dengan cara tap “OPEN”, atau kirim “SEND”, file format Word pun telah siap digunakan.

aplikasi convert pdf to word

Kira-kira begitu cara mengconvert PDF ke Word secara online, menggunakan software, ataupun lewat hp Android kamu, mudah bukan?

 

#4 – Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Microsoft Office

cara convert pdf to word online

Cara mengubah PDF ke Word menggunakan microsoft office hanya bisa dilakukan kalau kamu memiliki software terbarunya MS Office, minimal versi 2013 keatas.

Mengapa? Karena sejak versi tersebutlah pihak Microsoft telah menambahkan fitur baru yang memungkinkan kita untuk membuka ataupun mengedit file PDF langsung di MS Word.

Dalam tutorial kali ini, Newbiee menggunakan microsoft word 2016, yuk simak cara-caranya.

  • Jalankan aplikasi Microsoft Word, kemudian cari dan pilih file yang akan diubah. Atau bisa juga klik kanan pada mouse, dan pilih open with > Word.

aplikasi pdf ke word

  • Kemudian akan muncul notifikasi untuk mengubah PDF ke file editable Word, langsung di klik “OK” saja

cara ubah pdf ke word

  • Seletah itu, edit dokumen yang diperlukan.

aplikasi convert pdf ke word

  • Nah, kalau sudah, langsung saja di-save dengan mengklik tombol file > Save.

cara mengedit pdf

  • Selanjutnya, pilih format file yang akan di-save di Save as Type, kemudian pilih PDF (*.pdf)

cara edit file pdf

  • Ubah nama sesuai keinginan, intinya yang berbeda dengan nama PDF yang sebelumnya. Kemudian klik “OK”.

cara mengedit file pdf

Jreng-jreng, file pun telah selesai di edit dan siap untuk digunakan.

cara edit file pdf

Kamu bisa pilih deh salah satu cara yang paling praktis, mudah, dan cepat  yang tentunya paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu punya cara yang lebih cepat dan lebih gokil, kasih tau kita lewat kolom comment dibawah ini ya. Alright, See ya 🙂

LEAVE A REPLY